RPP MATEMATIKA KELAS 2 SD PERKALIAN DAN PEMBAGIAN




RPP KTSP
MATA PELAJARAN MATEMATIKA



LAPORAN
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas PPL
Guru Pamong: Hj. Ainun Jariyah, S.Pd. SD




Disusun Oleh:
Nama      : Wahyu Rosidin
NIM        : 130641073


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SDN 1 TUKMUDAL
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semsester          : II (Dua) / II (Dua)
Alokasi Waktu            : 2x35menit

A.    Standar Kompetensi
3.      Melakukan perkalian dan pembagian sampai dua angka.
B.     Kompetensi Dasar
3.2  Melakukan pembagian bilangan dua angka.
C.    Indikator
1.      Siswa dapat mengenal arti pembagian.
2.      Siswa dapat dapat menghitung pembagian yang dikaitkan kehidupan sehari-hari.
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui kegiatan ceramah siswa dapat mengenal arti pembagian dengan baik.
2.      Melalui kegiatan penugasan siswa dapat menghitung pembagian yang dikaitkan kehidupan sehari-hari dengan tepat.
Karakter yang diharapkan: disiplin, Tanggungjawab, dan interaktif percaya diri.
E.     Materi Ajar
1.      Operasi hitung pembagian (Terlampir)
F.     Pendekatan dan Metode
Pendekatan     : Scientific
Metode            : Ceramah, dan Penugasan.


G.    Sumber/Media Pembelajaran
1.      Sumber Pembelajaran
a.       Buku paket ESPS (Gunanto dan Adhalia. (2015). Matematika untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Erlangga. Halaman 89-92).
b.      Buku BSE. (Dian Permana dan Bambang Irianti. (2009). Matematika 2: Untuk SD dan MI Kelas II. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Halaman 129-131 )
2.      Media Pembelajaran
a.       Gambar-gambar dari internet.
b.      Invokus
c.       Power Point

H.    Langkah-langkah
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Awal
Guru memberikan salam dan mengajak siswa untuk berdoa.
10 menit
Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar dan mengabsen kehadiran siswa.
Guru bertanya tentang pelajaran kemarin yang dipelajari dan memberikan apersepsi terhadap materi yang hari ini akan dipelajari tentang operasi hitung pembagian.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang operasi hitung pembagian.
Inti
Eksplorasi
Guru menjelaskan materi tentang operasi hitung pembagian.
40 menit
Elaborai
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai operasi hitung pembagian.
Guru mengadakan latihan tentang operasi hitung pembagian
Guru menunjuk siswa satu persatu untuk menjawab soal latihan didepan kelas.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi: Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
Penutup
Bersama siswa, guru membuat kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari hari ini.
10 menit
Sebelum menutup pelajaran guru mengadakan evaluasi.
Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
Guru menutup pelajaran dengan mengajak siswa untuk berdoa.
I.       Penilaian
Jenis Tes          :  Tes lisan dan tes tertulis.
Bentuk Tes      :  Piliahan Ganda dan Jawaban Singkat.
Instrumen        :  Soal, Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian

1.      Penilaian Proses
Format Observasi Penilaian Proses
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai Akhir
Keterangan
Disiplin
Tanggung Jawab
Interaktif
Percaya Diri
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1




















2




















3




















4




















5




















Keterangan :
a.        Disiplin
·           Berinteraksi dengan semua anggota kelompok.
·           Mengikuti prosedur langkah-langkah permainan sesuai dengan petunjuk pada buku
·           Tidak membebankan tugas kepada salah satu anggota kelompok.
·           Tidak menyalahkan salah satu anggota apabila terjadi kesalahan.

b.        Tanggung Jawab
·           Melaksanakan tugas kelompok dengan baik.
·           Membantu anggota kelompok untuk dapat menyelesaikan tugas.
·           Terlibat dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
·           Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta.
c.         Percaya Diri
·           Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
·           Tidak canggung dalam bertindak.
·           Berani presentasi di depan kelas.
·           Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
d.        Presentasi Hasil Pengamatan
·           Mempresentasikan hasil pengamatan sesuai dengan data yang didapatkan.
·           Mempresentasikan hasil pengamatan dengan menggunakan bahasa yang baik dan suara yang jelas.
·           Menguasai materi dan dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi presentasi.
·           Presentasi menarik dan penuh percaya diri.
Penilaian
·           Nilai 4 diberikan kepada siswa yang melakukan semua indikator.
·           Nilai 3 diberikan kepada siswa yang melakukan 3 indikator.
·           Nilai 2 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 2 indikator.
·           Nilai 1 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 1 indikator.
Kriteria Penilaian
·         1– 4  = Sangat Kurang (SK)
·          5 -  8  = Kurang (K)
·          9 – 12 = Baik (B)
·         13- 16  = Amat Baik (AB)
Pedoman Penilaian          :                              Skor Maksimal       =          16
Nilai Akhir =  x 100

 



2.      Penilaian Akhir

Nilai Akhir =  x 100

 




Mahasiswa PPL



Wahyu Rosidin
NIM 130641073
Guru Kelas 2C
SDN 1 Tukmudal



Titin Sumartini,S.Pd.SD
NIP.196202223 198204 2 004

Cirebon, 01 Februari 2017





Mengetahui;
Kepala Sekolah
SDN 1 Tukmudal



Abdul Fatah, S.Pd
NIP. 19670305 199203 1 009
 












Lampiran bahan ajar
 
















LEMBAR EVALUASI
Nama: ……………………………..
Kelas: ……………………………..
A.    PILIHLAH JAWABAN BERIKUT DENGAN TEPAT !
1.      Ibu memiliki pensil sebanyak 25 buah, dan ibu ingin membagi pensil tersebut kepada 5 anaknya, tiap anak mendapatkan berapa buah pensil  
a.       5 Pensil                        c. 7 Pensil
b.      6 Pensil                        d. 8 Pensil
2.      Ayah memiliki 30 buah sepeda, dan ayah memiliki 2 anak, berapa banyak sepeda jika ayah membagi 30 buah sepeda tersebut kepada 2 anaknya . . .
a.       20 Sepeda                   c. 10 Sepeda
b.      15 Sepeda                   d. 5 Sepeda
3.      Nenek memiliki 21 buah permen, dan nenek memilik 7 orang cucu, berapa banyak permen jika nenek membagi 21 permen miliknya kepada 7 orang cucunya . . .
a.       4 Permen                     c. 2 Permen
b.      5 Permen                     d. 3 Permen
4.      Ibu guru memiliki siswa sebanyak 40, dan ibu ingin membagi 40 siswa tersebut kedalam 5 kelas, jumlah masing-masing kelas ada berapa siswa . . .
a.       7 Kelas                        c. 9 Kelas
b.      8 Kelas                        d. 10 Kelas
5.      Kakek memiliki 36 buah pulpen, kakek ingin membagi pulpen nya kepada 6buah cucunya, berapa buah pensil yang akan diterima dari masing-masing cucu kakek . . .
a.       6 Buah                         c. 8 Buah
b.      7 Buah                         d. 9 Buah

S E L A M A T   M EN G E R J A K A N
Lampiran
Kunci Jawab
1.      A (5 Pensil)
2.      B (15 Sepeda)
3.      D (3 Permen)
4.      B (8 Kelas)
5.      A (6Buah)

No comments:

Post a Comment