RPP KTSP
MATA PELAJARAN MATEMATIKA
LAPORAN
Diajukan untuk
memenuhi salah satu tugas PPL
Guru Pamong: Hj.
Ainun Jariyah, S.Pd. SD
Disusun
Oleh:
Nama : Wahyu Rosidin
NIM :
130641073
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH CIREBON
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN 1 TUKMUDAL
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/Semsester : II (Dua) / II (Dua)
Alokasi
Waktu : 2x35menit
A. Standar
Kompetensi
3.
Melakukan
perkalian dan pembagian sampai dua angka.
B. Kompetensi
Dasar
3.2 Melakukan
pembagian bilangan dua angka.
C. Indikator
1.
Siswa dapat mengenal arti pembagian.
2.
Siswa dapat dapat menghitung pembagian
yang dikaitkan kehidupan sehari-hari.
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui
kegiatan ceramah siswa dapat mengenal arti pembagian dengan baik.
2.
Melalui
kegiatan penugasan siswa dapat menghitung pembagian yang dikaitkan kehidupan
sehari-hari dengan tepat.
Karakter
yang diharapkan:
disiplin, Tanggungjawab, dan interaktif percaya diri.
E. Materi
Ajar
1. Operasi
hitung pembagian (Terlampir)
F. Pendekatan
dan Metode
Pendekatan :
Scientific
Metode :
Ceramah, dan Penugasan.
G. Sumber/Media
Pembelajaran
1. Sumber
Pembelajaran
a.
Buku
paket ESPS (Gunanto dan Adhalia. (2015). Matematika
untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Erlangga. Halaman 89-92).
b.
Buku
BSE. (Dian Permana dan Bambang Irianti. (2009). Matematika 2: Untuk SD dan MI
Kelas II. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Halaman
129-131 )
2. Media
Pembelajaran
a.
Gambar-gambar
dari internet.
b.
Invokus
c.
Power Point
H. Langkah-langkah
Kegiatan
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Awal
|
Guru memberikan salam dan mengajak siswa untuk berdoa.
|
10
menit
|
Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar dan
mengabsen kehadiran siswa.
|
||
Guru bertanya tentang pelajaran kemarin yang dipelajari
dan memberikan apersepsi terhadap materi yang hari ini akan dipelajari
tentang operasi hitung pembagian.
|
||
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang operasi
hitung pembagian.
|
||
Inti
|
Eksplorasi
Guru menjelaskan materi tentang operasi hitung
pembagian.
|
40
menit
|
Elaborai
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai operasi
hitung pembagian.
|
||
Guru mengadakan latihan tentang operasi hitung
pembagian
|
||
Guru menunjuk siswa satu persatu untuk menjawab soal
latihan didepan kelas.
|
||
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi: Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diketahui siswa.
|
||
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan.
|
||
Penutup
|
Bersama siswa, guru membuat kesimpulan
mengenai materi yang telah dipelajari hari ini.
|
10 menit
|
Sebelum menutup pelajaran guru mengadakan
evaluasi.
|
||
Guru memberikan pekerjaan rumah kepada
siswa.
|
||
Guru menutup pelajaran dengan mengajak
siswa untuk berdoa.
|
I. Penilaian
Jenis Tes : Tes lisan dan tes tertulis.
Bentuk Tes :
Piliahan Ganda dan Jawaban Singkat.
Instrumen : Soal,
Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian
1.
Penilaian
Proses
Format
Observasi Penilaian Proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai Akhir
|
Keterangan
|
|||||||||||||||
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Interaktif
|
Percaya Diri
|
|||||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
a.
Disiplin
·
Berinteraksi
dengan semua anggota kelompok.
·
Mengikuti prosedur langkah-langkah permainan sesuai
dengan petunjuk pada buku
·
Tidak membebankan tugas kepada salah satu anggota
kelompok.
·
Tidak
menyalahkan salah satu anggota apabila terjadi kesalahan.
b.
Tanggung Jawab
·
Melaksanakan
tugas kelompok dengan baik.
·
Membantu
anggota kelompok untuk dapat menyelesaikan tugas.
·
Terlibat
dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
·
Melaksanakan
apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta.
c.
Percaya Diri
·
Berpendapat
atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
·
Tidak
canggung dalam bertindak.
·
Berani
presentasi di depan kelas.
·
Berani
berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
d.
Presentasi Hasil Pengamatan
·
Mempresentasikan
hasil pengamatan sesuai dengan data yang didapatkan.
·
Mempresentasikan
hasil pengamatan dengan menggunakan bahasa yang baik dan suara yang jelas.
·
Menguasai materi
dan dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi presentasi.
·
Presentasi
menarik dan penuh percaya diri.
Penilaian
·
Nilai 4
diberikan kepada siswa yang melakukan semua indikator.
·
Nilai 3
diberikan kepada siswa yang melakukan 3 indikator.
·
Nilai 2
diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 2 indikator.
·
Nilai 1
diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 1 indikator.
Kriteria
Penilaian
·
1– 4 = Sangat Kurang (SK)
·
5 -
8 = Kurang (K)
·
9 – 12 = Baik (B)
·
13- 16 = Amat Baik (AB)
Pedoman Penilaian : Skor Maksimal = 16
Nilai Akhir =
x 100
|
2.
Penilaian Akhir
Nilai Akhir =
x 100
|
Mahasiswa PPL
Wahyu Rosidin
NIM 130641073
|
Guru Kelas 2C
SDN 1 Tukmudal
Titin
Sumartini,S.Pd.SD
NIP.196202223
198204 2 004
|
Mengetahui;
Kepala Sekolah
SDN 1 Tukmudal
Abdul Fatah, S.Pd
NIP. 19670305 199203 1 009
|
Lampiran bahan ajar
LEMBAR EVALUASI
Nama:
……………………………..
Kelas:
……………………………..
A. PILIHLAH
JAWABAN BERIKUT DENGAN TEPAT !
1.
Ibu memiliki
pensil sebanyak 25 buah, dan ibu ingin membagi pensil tersebut kepada 5
anaknya, tiap anak mendapatkan berapa buah pensil …
a.
5
Pensil c. 7 Pensil
b.
6
Pensil d. 8 Pensil
2.
Ayah
memiliki 30 buah sepeda, dan ayah memiliki 2 anak, berapa banyak sepeda jika
ayah membagi 30 buah sepeda tersebut kepada 2 anaknya . . .
a.
20
Sepeda c. 10 Sepeda
b.
15 Sepeda d.
5 Sepeda
3.
Nenek
memiliki 21 buah permen, dan nenek memilik 7 orang cucu, berapa banyak permen
jika nenek membagi 21 permen miliknya kepada 7 orang cucunya . . .
a.
4
Permen c. 2 Permen
b.
5
Permen d. 3 Permen
4.
Ibu
guru memiliki siswa sebanyak 40, dan ibu ingin membagi 40 siswa tersebut
kedalam 5 kelas, jumlah masing-masing kelas ada berapa siswa . . .
a.
7 Kelas c. 9 Kelas
b.
8 Kelas d. 10 Kelas
5.
Kakek memiliki
36 buah pulpen, kakek ingin membagi pulpen nya kepada 6buah cucunya, berapa
buah pensil yang akan diterima dari masing-masing cucu kakek . . .
a.
6 Buah c. 8 Buah
b.
7 Buah d. 9 Buah
S E L A M A T M EN G E R J A K A N
Lampiran
Kunci
Jawab
1. A (5 Pensil)
2. B (15 Sepeda)
3. D (3 Permen)
4. B (8 Kelas)
5. A (6Buah)
No comments:
Post a Comment