RPP IPA KELAS 3 SEMESTER 2 KENAMPAKAN PERMUKAAN BUMI




RPP KTSP
MATAPELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS III SEMESTER 2



LAPORAN
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas PPL
Guru Pamong: Hj. Ainun Jariyah, S.Pd. SD




Disusun Oleh:
Nama      : Wahyu Rosidin
NIM        : 130641073


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SDN 1 TUKMUDAL
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semsester          : III (Dua) / II (Dua)
Alokasi Waktu            : 2x35menit

A.    Standar Kompetensi
6.      Memahami kenampakan permukaan bumi cuaca dan pengaruhnya bagi manusia serta hubungannya dengan dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam.
B.     Kompetensi Dasar
6.1  Mendeskripsikan kenampakan permukaan bumi dilingkungan sekitar.
C.    Indikator
1.      Mengidentifikasi berbagai bentuk permukaan bumi (daratan dan lautan/sebaran air).
2.      Menjelaskan bahwa bumi itu bulat melalui pengamatan secara langsung dan tidak langsung.
3.      Menjelaskan bahwa bumi itu bulat melalui praktek simulasi menggunakan video.
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui kegiatan ceramah siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk permukaan bumi (daratan dan lautan/sebaran air) dengan baik.
2.      Melalui kegiatan tanya jawab siswa dapat menjelaskan bahwa bumi itu bulat dengan cermat.
3.      Melalui kegiatan pengamatan siswa dapat siswa dapat mengetahui bahwa bentuk bumi itu bulat dengan tepat.
Karakter yang diharapkan: disiplin, Tanggungjawab, dan interaktif percaya diri.
E.     Materi Ajar
1.      Kenampaakan Permukaan Bumi (Terlampir)
F.     Pendekatan dan Metode
Pendekatan     : Scientific
Metode            : Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Pengamatan.
G.    Sumber/Media Pembelajaran
1.      Sumber Pembelajaran
a.       Buku paket ESPS (Irene. (2015). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI Kelas III. Jakarta: Erlangga. Halaman 76-78).
2.      Media Pembelajaran
a.       Infokus.
b.      Power Point.

H.    Langkah-langkah

Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Awal
Guru memberikan salam dan mengajak siswa untuk berdoa.
10 menit
Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar dan mengabsen kehadiran siswa.
Guru bertanya tentang pelajaran kemarin yang dipelajari dan memberikan apersepsi terhadap materi yang hari ini akan dipelajari tentang kenampakan permukaan bumi.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang kenampakan permukaan bumi.
Inti
Eksplorasi
Guru menjelaskan materi tentang kenampakan permukaan bumi.
40 menit
Elaborai
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai kenampakan permukaan bumi.
Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok secara heterogen.
Guru meminta siswa untuk mengamati video yang akan ditayangkan oleh guru mengenai kenampakan permukaan bumi.
Guru meminta siswa untuk berdiskusi terkait video yang telah diputarkan tadi.
Guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil diskusinya didepan kelas.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi: Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
Penutup
Bersama siswa, guru membuat kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari hari ini.
10 menit
Sebelum menutup pelajaran guru mengadakan evaluasi.
Guru memberikan pekerjaan rumah kepada siswa.
Guru menutup pelajaran dengan mengajak siswa untuk berdoa.
I.       Penilaian
Jenis Tes          :  Tes lisan dan tes tertulis.
Bentuk Tes      :  Piliahan Ganda
Instrumen        :  Soal, Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian

1.      Penilaian Proses
Format Observasi Penilaian Proses
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai Akhir
Keterangan
Disiplin
Tanggung Jawab
Interaktif
Percaya Diri
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1




















2




















3




















4




















5























Keterangan :
a.        Disiplin
·           Berinteraksi dengan semua anggota kelompok.
·           Mengikuti prosedur langkah-langkah permainan sesuai dengan petunjuk pada buku
·           Tidak membebankan tugas kepada salah satu anggota kelompok.
·           Tidak menyalahkan salah satu anggota apabila terjadi kesalahan.
b.        Tanggung Jawab
·           Melaksanakan tugas kelompok dengan baik.
·           Membantu anggota kelompok untuk dapat menyelesaikan tugas.
·           Terlibat dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
·           Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta.
c.         Percaya Diri
·           Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
·           Tidak canggung dalam bertindak.
·           Berani presentasi di depan kelas.
·           Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
d.        Presentasi Hasil Pengamatan
·           Mempresentasikan hasil pengamatan sesuai dengan data yang didapatkan.
·           Mempresentasikan hasil pengamatan dengan menggunakan bahasa yang baik dan suara yang jelas.
·           Menguasai materi dan dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi presentasi.
·           Presentasi menarik dan penuh percaya diri.
Penilaian
·           Nilai 4 diberikan kepada siswa yang melakukan semua indikator.
·           Nilai 3 diberikan kepada siswa yang melakukan 3 indikator.
·           Nilai 2 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 2 indikator.
·           Nilai 1 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 1 indikator.
Kriteria Penilaian
·         1– 4  = Sangat Kurang (SK)
·          5 -  8  = Kurang (K)
·          9 – 12 = Baik (B)
·         13- 16  = Amat Baik (AB)
Pedoman Penilaian          :                              Skor Maksimal       =          16
Nilai Akhir =  x 100

 



2.      Penilaian Akhir

Nilai Akhir =  x 100

 




Mahasiswa PPL



Wahyu Rosidin
NIM 130641073
Guru Kelas 3C
SDN 1 Tukmudal



Ilafiah Wulandari, S.Pd
           NIP.

Cirebon, 01 Februari 2017





Mengetahui;
Kepala Sekolah
SDN 1 Tukmudal



Abdul Fatah, S.Pd
NIP. 19670305 199203 1 009
 







Lampiran bahan ajar






































LEMBAR EVALUASI
Nama   : ………………………..
Kelas   : ………………………..
A.    PILIHLAH JAWABAN ERIKUT DENGAN TEPAT!
1.      Permukaan bumi terdiri dari . . .
a.       Lautan dan danau       c. lautan dan sungai
b.      Daratan dan langit      d. daratan dan peraiaran
2.      Pernyataan yag tepat mengenai perbandingan antara lautan dan daratan di permukaan bumi adalah . . .
a.       Sepertiga bagian berupa lautan dan dua pertiga bagian berupa daratan.
b.      Dua pertiga berupa lautan dan sepertiga bagian berupa daratan
c.       Sepertiga bagian berupa lautan dan setengah bagian berupa daratan.
d.      Seperempat bagian berupa lautan dan tiga perempat bagian berupa daratan.
3.      Laut yang sempit diantara dua pulau disebut . . .
a.       Tanjung                       c. Teluk
b.      Benua                          d. Selat
4.      Tempat yang paling tinggi jika diukur dari permukaan laut adalah . . .
a.       Gunung                       c. Daratan
b.      Pantai                          d. Bukit
5.      Sebagian besar permukaan bumi terdiri atas . . .
a.       Pegunungan                c. Daratan
b.      Lembah                       d. Perairan



S E L A M A T   M E N G E R J A K A N
Lampiran Kunci Jawaban
1.      D (Daratan dan Perairan).
2.      A (Sepertiga bagian berupa lautan dan dua pertiga bagian berupa daratan)
3.      D (Selat)
4.      A (Gunung)
5.      D (Perairan)

No comments:

Post a Comment