RPP KTSP
MATAPELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS III SEMESTER 2
LAPORAN
Diajukan untuk
memenuhi salah satu tugas PPL
Guru Pamong: Hj.
Ainun Jariyah, S.Pd. SD
Disusun
Oleh:
Nama : Wahyu Rosidin
NIM :
130641073
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH CIREBON
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN 1 TUKMUDAL
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semsester : III (Dua) / II (Dua)
Alokasi
Waktu : 2x35menit
A. Standar
Kompetensi
6.
Memahami
kenampakan permukaan bumi cuaca dan pengaruhnya bagi manusia serta hubungannya
dengan dengan cara manusia memelihara dan melestarikan alam.
B. Kompetensi
Dasar
6.1 Mendeskripsikan
kenampakan permukaan bumi dilingkungan sekitar.
C. Indikator
1.
Mengidentifikasi berbagai bentuk
permukaan bumi (daratan dan lautan/sebaran air).
2.
Menjelaskan bahwa bumi itu bulat melalui
pengamatan secara langsung dan tidak langsung.
3.
Menjelaskan bahwa bumi itu bulat melalui
praktek simulasi menggunakan video.
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui
kegiatan ceramah siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk permukaan bumi
(daratan dan lautan/sebaran air) dengan baik.
2.
Melalui
kegiatan tanya jawab siswa dapat menjelaskan bahwa bumi itu bulat dengan cermat.
3.
Melalui
kegiatan pengamatan siswa dapat siswa dapat mengetahui bahwa bentuk bumi itu
bulat dengan tepat.
Karakter
yang diharapkan:
disiplin, Tanggungjawab, dan interaktif percaya diri.
E. Materi
Ajar
1. Kenampaakan
Permukaan Bumi (Terlampir)
F. Pendekatan
dan Metode
Pendekatan :
Scientific
Metode :
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Pengamatan.
G. Sumber/Media
Pembelajaran
1. Sumber
Pembelajaran
a.
Buku
paket ESPS (Irene. (2015). Ilmu
Pengetahuan Alam untuk SD/MI Kelas III. Jakarta: Erlangga. Halaman 76-78).
2. Media
Pembelajaran
a.
Infokus.
b.
Power
Point.
H. Langkah-langkah
Kegiatan
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Awal
|
Guru memberikan salam dan mengajak siswa untuk berdoa.
|
10
menit
|
Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar dan
mengabsen kehadiran siswa.
|
||
Guru bertanya tentang pelajaran kemarin yang dipelajari
dan memberikan apersepsi terhadap materi yang hari ini akan dipelajari
tentang kenampakan permukaan bumi.
|
||
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang kenampakan
permukaan bumi.
|
||
Inti
|
Eksplorasi
Guru menjelaskan materi tentang kenampakan permukaan
bumi.
|
40
menit
|
Elaborai
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai kenampakan
permukaan bumi.
|
||
Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok secara
heterogen.
|
||
Guru meminta siswa untuk mengamati video yang akan
ditayangkan oleh guru mengenai kenampakan permukaan bumi.
|
||
Guru meminta siswa untuk berdiskusi terkait video yang
telah diputarkan tadi.
|
||
Guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil
diskusinya didepan kelas.
|
||
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi: Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diketahui siswa.
|
||
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan.
|
||
Penutup
|
Bersama siswa, guru membuat kesimpulan
mengenai materi yang telah dipelajari hari ini.
|
10 menit
|
Sebelum menutup pelajaran guru mengadakan
evaluasi.
|
||
Guru memberikan pekerjaan rumah kepada
siswa.
|
||
Guru menutup pelajaran dengan mengajak
siswa untuk berdoa.
|
I. Penilaian
Jenis Tes : Tes lisan dan tes tertulis.
Bentuk Tes :
Piliahan Ganda
Instrumen : Soal,
Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian
1.
Penilaian
Proses
Format
Observasi Penilaian Proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai Akhir
|
Keterangan
|
|||||||||||||||
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Interaktif
|
Percaya Diri
|
|||||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
a.
Disiplin
·
Berinteraksi
dengan semua anggota kelompok.
·
Mengikuti prosedur langkah-langkah permainan sesuai
dengan petunjuk pada buku
·
Tidak membebankan tugas kepada salah satu anggota
kelompok.
·
Tidak
menyalahkan salah satu anggota apabila terjadi kesalahan.
b.
Tanggung Jawab
·
Melaksanakan
tugas kelompok dengan baik.
·
Membantu
anggota kelompok untuk dapat menyelesaikan tugas.
·
Terlibat
dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
·
Melaksanakan
apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta.
c.
Percaya Diri
·
Berpendapat
atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
·
Tidak
canggung dalam bertindak.
·
Berani
presentasi di depan kelas.
·
Berani
berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
d.
Presentasi Hasil Pengamatan
·
Mempresentasikan
hasil pengamatan sesuai dengan data yang didapatkan.
·
Mempresentasikan
hasil pengamatan dengan menggunakan bahasa yang baik dan suara yang jelas.
·
Menguasai materi
dan dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi presentasi.
·
Presentasi
menarik dan penuh percaya diri.
Penilaian
·
Nilai 4
diberikan kepada siswa yang melakukan semua indikator.
·
Nilai 3
diberikan kepada siswa yang melakukan 3 indikator.
·
Nilai 2
diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 2 indikator.
·
Nilai 1
diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 1 indikator.
Kriteria
Penilaian
·
1– 4 = Sangat Kurang (SK)
·
5 -
8 = Kurang (K)
·
9 – 12 = Baik (B)
·
13- 16 = Amat Baik (AB)
Pedoman Penilaian : Skor Maksimal = 16
Nilai Akhir =
x 100
|
2.
Penilaian Akhir
Nilai Akhir =
x 100
|
Mahasiswa PPL
Wahyu Rosidin
NIM 130641073
|
Guru Kelas 3C
SDN 1 Tukmudal
Ilafiah
Wulandari, S.Pd
NIP.
|
Mengetahui;
Kepala Sekolah
SDN 1 Tukmudal
Abdul Fatah, S.Pd
NIP. 19670305 199203 1 009
|
Lampiran bahan ajar
LEMBAR EVALUASI
Nama : ………………………..
Kelas : ………………………..
A.
PILIHLAH JAWABAN ERIKUT DENGAN TEPAT!
1.
Permukaan
bumi terdiri dari . . .
a.
Lautan
dan danau c. lautan dan sungai
b.
Daratan
dan langit d. daratan dan peraiaran
2.
Pernyataan
yag tepat mengenai perbandingan antara lautan dan daratan di permukaan bumi
adalah . . .
a.
Sepertiga
bagian berupa lautan dan dua pertiga bagian berupa daratan.
b.
Dua pertiga
berupa lautan dan sepertiga bagian berupa daratan
c.
Sepertiga
bagian berupa lautan dan setengah bagian berupa daratan.
d.
Seperempat
bagian berupa lautan dan tiga perempat bagian berupa daratan.
3.
Laut
yang sempit diantara dua pulau disebut . . .
a.
Tanjung c. Teluk
b.
Benua d. Selat
4.
Tempat
yang paling tinggi jika diukur dari permukaan laut adalah . . .
a.
Gunung c. Daratan
b.
Pantai d. Bukit
5.
Sebagian
besar permukaan bumi terdiri atas . . .
a.
Pegunungan c. Daratan
b.
Lembah d. Perairan
S E L A M A T M E N G E R J A K A N
Lampiran
Kunci Jawaban
1.
D
(Daratan dan Perairan).
2.
A
(Sepertiga bagian berupa lautan dan dua pertiga bagian berupa daratan)
3.
D
(Selat)
4.
A
(Gunung)
5.
D
(Perairan)
No comments:
Post a Comment