RPP PKN KELAS 5SD SEMESTER 2 KEBEBASAN BERORGANISASI




RPP KTSP
MATAPELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGNEGARAAN
KELAS V SEMESTER 2



LAPORAN
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas PPL
Guru Pamong: Hj. Ainun Jariyah, S.Pd. SD


index.jpg


Disusun Oleh:
Nama      : Wahyu Rosidin
NIM        : 130641073


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SDN 1 TUKMUDAL
Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semsester          : V (Lima) / II (Dua)
Alokasi Waktu            : 2x35menit


A.    Standar Kompetensi
3.   Memahami kebebasan berorganisasi.

B.     Kompetensi Dasar
3.2
Menyebutkan contoh organisasi dilingkungan sekolah dan masyarakat.
3.3
Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi.

C.    Indikator
6.1.1 Siswa dapat menjelaskan tujuan, anggota, struktur dan tata tertib
         berbagai organisasi di sekolah dan masyarakat.
6.1.2 Siswa dapat memahami prinsi-prinsip mengenal organisasi, serta
         sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi.
6.1.3 Siswa dapat mendeskripsikan organisasi yang ada di sekolah dan
         masyarakat
6.1.4 Siswa dapat menampilkan peran serta dalam memilih pengurus
         organisasi di sekolah.
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui kegiatan ceramah siswa dapat menjelaskan tujuan, anggota dan tata tertib berbagai organisasi di sekolah dan masyarakat dengan baik.
2.      Melalui kegiatan diskusi siswa dapat memahami prinsip-prinsip mengenal organisasi, serta sikap dalam memilih dan memanfaatkan organisasi dengan cermat.
3.      Melalui kegiatan pengamatan siswa dapat menjelaskan organisasi yang ada di sekolah dan masyrakat dengan tepat.
4.      Melalui kegiatan tanya jawab siswa dapat menampilkan peran serta dalam memilih pengurus organisasi di sekolah dengan baik
Karakter yang diharapkan: disiplin, Tanggungjawab, dan interaktif percaya diri.
E.     Materi Ajar
1.     Kebebasan Beroganisasi (Terlampir)
F.     Pendekatan dan Metode
Pendekatan     : Scientific
Metode            : Ceramah, tanya jawab , pengamatan serta diskusi
G.    Langkah-langkah
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Awal
Guru mengkondisikan siswa dilanjut mengabsen siswa.
10 menit
Guru memberikan apersepsi kepada anak-anak dengan memberikan beberapa pertanyaan seperti apa yang kalan ketahui tentang organisasi? Organisasi apa saja yang ada dimasyarakat dan sekolah serta apa manfaatnya bagi kita mengikuti organisasi.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Inti
Eksplorasi
Guru menjelaskan apa itu organisasi.
45menit

Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari hari ini yaitu tentang kebebasan organisasi dan organisasi yang ada disekolah dan masyarakat.


Elaborasi
Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok.


Setelah kelompok terbagi secara heterogon kemudian guru memberikan video tentang organisasi.


Siswa diminta untuk mengamati video yang akan diputarkan oleh guru.


Guru meminta siswa untuk mempresentasikan/menceritakan hasil pengamatannya didepan kelas.


Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
Tiap kelompok melaporkan hasil diskusinya dengan bimbingan guru.


Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.


Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

Penutup
Bersama siswa, guru membuat kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari hari ini.
15menit
Sebelum menutup pelajaran guru memberikan nasihat dan membagikan lembar evaluasi kepada siswa.
Guru menutup pelajaran dengan mengajak siswa untuk berdoa.

H.    Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Sumber:
a.       Buku paket (ESPS. Dwi Tyas dan Irma. (2015). Pendidikan Kewarganegaraan untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Erlangga. Halaman 82-85).
b.      Internet tentang organisasi.
2.      Media
a.       Infokus
b.      Power Point
I.       Penilaian
Jenis Tes          :  Lisan dan Tertulis
Bentuk Tes      :  Pilihan ganda  
Instrumen        :  Soal, Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian

1.      Penilaian Proses
Format Observasi Penilaian Proses
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai Akhir
Keterangan
Disiplin
Tanggung Jawab
Interaktif
Percaya Diri
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1




















2




















3




















4




















5




















Keterangan :
a.        Disiplin
·           Berinteraksi dengan semua anggota kelompok.
·           Mengikuti prosedur langkah-langkah permainan sesuai dengan petunjuk pada buku
·           Tidak membebankan tugas kepada salah satu anggota kelompok.
·           Tidak menyalahkan salah satu anggota apabila terjadi kesalahan.
b.        Tanggung Jawab
·           Melaksanakan tugas kelompok dengan baik.
·           Membantu anggota kelompok untuk dapat menyelesaikan tugas.
·           Terlibat dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
·           Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta.
c.         Percaya Diri
·           Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
·           Tidak canggung dalam bertindak.
·           Berani presentasi di depan kelas.
·           Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.




d.        Presentasi Hasil Pengamatan
·           Mempresentasikan hasil pengamatan sesuai dengan data yang didapatkan.
·           Mempresentasikan hasil pengamatan dengan menggunakan bahasa yang baik dan suara yang jelas.
·           Menguasai materi dan dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi presentasi.
·           Presentasi menarik dan penuh percaya diri.
Penilaian
·           Nilai 4 diberikan kepada siswa yang melakukan semua indikator.
·           Nilai 3 diberikan kepada siswa yang melakukan 3 indikator.
·           Nilai 2 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 2 indikator.
·           Nilai 1 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 1 indikator.
Kriteria Penilaian
·         1– 4  = Sangat Kurang (SK)
·          5 -  8  = Kurang (K)
·          9 – 12 = Baik (B)
·         13- 16  = Amat Baik (AB)
Pedoman Penilaian          :                              Skor Maksimal       =          16


Nilai Akhir = x 100

 
 












Mahasiswa PPL



Wahyu Rosidin
NIM 130641073
 
Guru Kelas 5B
SDN 1 Tukmudal



Tati Srimiyati,S.Pd
            NIP.

 
Cirebon, 21 Januari 2017







Mengetahui;
Kepala Sekolah
SDN 1 Tukmudal



Abdul Fatah, S.Pd
NIP. 19670305 199203 1 009
 
 


















Lampiran Bahan Ajar


































































LEMBAR EVALUASI
NAMA            : …………………………..
KELAS           : …………………………..
JAWABLAH PERTANYAAN BERIKUT DENGAN TEPAT!
1.      Menyampaikan laporan tentang keuangan merupakan salah satu tugas dari…
a.       Bendahara                         c. Sekretaris
b.      Sekretaris                          d. Ketua
2.      Salah satu manfaat dari kita mengikuti organisasi adalah . . .
a.       Menambah pengalaman    c. dipaksa guru/orang tua
b.      Ikut-ikutan teman             d. mencari musuh       
3.      Salah satu pasal dalam UU 1945 yang mengatur tentang Kebebasan beroraganisasi tertera pada pasal. . .
a.       28                                      c. 30
b.      29                                      d. 31
4.      Membuat surat-surat yang diperlukan dalam sebuah organisasi merupakan tugas . . .
a.       Ketua                                c. Bendahara
b.      Sekretaris                          d. Wakil Ketua
5.      Tasya gemar menyanyi, ia sudah mengikuti les vocal sejak kecil, ia ingin mengembangkan bakat dan kemampuannya tersebut di sekolah, ia sebaiknya menjadi anggota . . .
a.       Paduan suara                     c.  Pramuka
b.      Tim olahraga                     d. UKS


S E L A M A T   M E N G E R J A K A N





Lampiran
Kunci Jawaban
1.      A (Bendahara)
2.      A (Menambah Pengalaman)
3.      A (28)
4.      B (Sekretaris)
5.      A (Paduan Suara)

























































No comments:

Post a Comment