RPP KTSP
MATAPELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGNEGARAAN
KELAS V SEMESTER 2
LAPORAN
Diajukan untuk
memenuhi salah satu tugas PPL
Guru Pamong: Hj.
Ainun Jariyah, S.Pd. SD

Disusun
Oleh:
Nama : Wahyu Rosidin
NIM :
130641073
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH CIREBON
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN 1 TUKMUDAL
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semsester : V (Lima) / II (Dua)
Alokasi Waktu : 2x35menit
A.
Standar Kompetensi
3. Memahami
kebebasan berorganisasi.
B.
Kompetensi Dasar
3.2
|
Menyebutkan contoh organisasi
dilingkungan sekolah dan masyarakat.
|
3.3
|
Menampilkan peran serta dalam memilih
organisasi.
|
C.
Indikator
6.1.1 Siswa dapat menjelaskan tujuan, anggota,
struktur dan tata tertib
berbagai organisasi di sekolah dan masyarakat.
6.1.2 Siswa dapat memahami prinsi-prinsip mengenal
organisasi, serta
sikap
dalam memilih dan memanfaatkan organisasi.
6.1.3 Siswa dapat mendeskripsikan organisasi yang
ada di sekolah dan
masyarakat
6.1.4 Siswa dapat menampilkan peran serta dalam
memilih pengurus
organisasi di sekolah.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui kegiatan
ceramah siswa dapat menjelaskan tujuan, anggota dan tata tertib berbagai
organisasi di sekolah dan masyarakat dengan baik.
2.
Melalui kegiatan
diskusi siswa dapat memahami prinsip-prinsip mengenal organisasi, serta sikap
dalam memilih dan memanfaatkan organisasi dengan cermat.
3.
Melalui kegiatan
pengamatan siswa dapat menjelaskan organisasi yang ada di sekolah dan masyrakat
dengan tepat.
4.
Melalui kegiatan
tanya jawab siswa dapat menampilkan peran serta dalam memilih pengurus
organisasi di sekolah dengan baik
Karakter yang diharapkan: disiplin, Tanggungjawab, dan interaktif percaya
diri.
E.
Materi Ajar
1.
Kebebasan Beroganisasi (Terlampir)
F.
Pendekatan dan Metode
Pendekatan :
Scientific
Metode :
Ceramah, tanya jawab , pengamatan serta diskusi
G.
Langkah-langkah
Kegiatan
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Awal
|
Guru
mengkondisikan siswa dilanjut mengabsen siswa.
|
10 menit
|
Guru
memberikan apersepsi kepada anak-anak dengan memberikan beberapa pertanyaan
seperti apa yang kalan ketahui tentang organisasi? Organisasi apa saja yang
ada dimasyarakat dan sekolah serta apa manfaatnya bagi kita mengikuti
organisasi.
|
||
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
||
Inti
|
Eksplorasi
Guru
menjelaskan apa itu organisasi.
|
45menit
|
|
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari hari ini yaitu tentang kebebasan
organisasi dan organisasi yang ada disekolah dan masyarakat.
|
|
|
Elaborasi
Guru
membagi siswa kedalam beberapa kelompok.
|
|
|
Setelah
kelompok terbagi secara heterogon kemudian guru memberikan video tentang
organisasi.
|
|
|
Siswa
diminta untuk mengamati video yang akan diputarkan oleh guru.
|
|
|
Guru
meminta siswa untuk mempresentasikan/menceritakan hasil pengamatannya didepan
kelas.
|
|
|
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
Tiap kelompok melaporkan hasil diskusinya dengan bimbingan guru.
|
|
|
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
|
|
|
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan.
|
|
Penutup
|
Bersama
siswa, guru membuat kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari hari
ini.
|
15menit
|
Sebelum
menutup pelajaran guru memberikan nasihat dan membagikan lembar evaluasi
kepada siswa.
|
||
Guru
menutup pelajaran dengan mengajak siswa untuk berdoa.
|
H.
Sumber dan Media Pembelajaran
1.
Sumber:
a.
Buku paket (ESPS.
Dwi Tyas dan Irma. (2015). Pendidikan
Kewarganegaraan untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Erlangga. Halaman 82-85).
b.
Internet tentang
organisasi.
2.
Media
a.
Infokus
b.
Power Point
I.
Penilaian
Jenis Tes : Lisan dan Tertulis
Bentuk Tes : Pilihan ganda
Instrumen : Soal,
Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian
1.
Penilaian
Proses
Format
Observasi Penilaian Proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai Akhir
|
Keterangan
|
|||||||||||||||
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Interaktif
|
Percaya Diri
|
|||||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
a.
Disiplin
·
Berinteraksi
dengan semua anggota kelompok.
·
Mengikuti prosedur langkah-langkah permainan sesuai
dengan petunjuk pada buku
·
Tidak membebankan tugas kepada salah satu anggota
kelompok.
·
Tidak
menyalahkan salah satu anggota apabila terjadi kesalahan.
b.
Tanggung Jawab
·
Melaksanakan
tugas kelompok dengan baik.
·
Membantu
anggota kelompok untuk dapat menyelesaikan tugas.
·
Terlibat
dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
·
Melaksanakan
apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta.
c.
Percaya Diri
·
Berpendapat
atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
·
Tidak
canggung dalam bertindak.
·
Berani
presentasi di depan kelas.
·
Berani
berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
d.
Presentasi Hasil Pengamatan
·
Mempresentasikan
hasil pengamatan sesuai dengan data yang didapatkan.
·
Mempresentasikan
hasil pengamatan dengan menggunakan bahasa yang baik dan suara yang jelas.
·
Menguasai materi
dan dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi presentasi.
·
Presentasi
menarik dan penuh percaya diri.
Penilaian
·
Nilai 4
diberikan kepada siswa yang melakukan semua indikator.
·
Nilai 3
diberikan kepada siswa yang melakukan 3 indikator.
·
Nilai 2
diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 2 indikator.
·
Nilai 1
diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 1 indikator.
Kriteria
Penilaian
·
1– 4 = Sangat Kurang (SK)
·
5 -
8 = Kurang (K)
·
9 – 12 = Baik (B)
·
13- 16 = Amat Baik (AB)
Pedoman Penilaian : Skor Maksimal = 16
|
|
|
|
Lampiran Bahan Ajar













LEMBAR EVALUASI
NAMA : …………………………..
KELAS : …………………………..
JAWABLAH PERTANYAAN
BERIKUT DENGAN TEPAT!
1. Menyampaikan laporan tentang keuangan merupakan
salah satu tugas dari…
a.
Bendahara c.
Sekretaris
b.
Sekretaris d. Ketua
2. Salah satu manfaat dari kita mengikuti organisasi
adalah . . .
a.
Menambah
pengalaman c. dipaksa guru/orang tua
b.
Ikut-ikutan
teman d. mencari musuh
3. Salah satu pasal dalam UU 1945 yang mengatur tentang
Kebebasan beroraganisasi tertera pada pasal. . .
a.
28 c. 30
b.
29 d. 31
4. Membuat surat-surat yang diperlukan dalam sebuah
organisasi merupakan tugas . . .
a.
Ketua c. Bendahara
b.
Sekretaris d. Wakil Ketua
5. Tasya gemar menyanyi, ia sudah mengikuti les vocal
sejak kecil, ia ingin mengembangkan bakat dan kemampuannya tersebut di sekolah,
ia sebaiknya menjadi anggota . . .
a.
Paduan suara c. Pramuka
b.
Tim olahraga d. UKS
S E L A M A T
M E N G E R J A K A N
Lampiran
Kunci Jawaban
1.
A (Bendahara)
2.
A (Menambah Pengalaman)
3.
A (28)
4.
B (Sekretaris)
5.
A (Paduan Suara)
No comments:
Post a Comment