RPP KTSP
MATAPELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
KELAS III SEMESTER 2
LAPORAN
Diajukan untuk
memenuhi salah satu tugas PPL
Guru Pamong: Hj.
Ainun Jariyah, S.Pd. SD

Disusun
Oleh:
Nama : Wahyu Rosidin
NIM :
130641073
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH CIREBON
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN 1 TUKMUDAL
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semsester : III (Dua) / II (Dua)
Alokasi
Waktu : 2x35menit
A. Standar
Kompetensi
4.
Memahami
berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi dan sumber energi.
B. Kompetensi
Dasar
4.2 Mengidentifikasi
sumber energi dan kegunaannya.
4.3 Menerapkan cara menghemat energi dalam
kehidupan sehari-hari.
C. Indikator
1.
Siswa mampu mengidentifikasi
sumber-sumber energi yang terdapat disekitar kita.
2.
Siswa mampu membuat daftar sumber-sumber
energi yang terdapat disekitar kita.
3.
Siswa mampu menjelaskan tujuan
penggunaan sumber energi dengan penuh percaya diri.
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui
kegiatan ceramah siswa dapat mengidentifikasi sumber-sumber energi dengan baik.
2.
Melalui
kegiatan tanya jawab siswa dapat mengetahui sumber-sumber energi dengan baik.
3.
Melalui
kegiatan pengamatan siswa dapat mengetahui cara penghematan energi dengan
tepat.
Karakter
yang diharapkan:
disiplin, Tanggungjawab, dan interaktif percaya diri.
E. Materi
Ajar
1. Sumber
Energi (Terlampir)
F. Pendekatan
dan Metode
Pendekatan :
Scientific
Metode :
Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab dan Pengamatan.
G. Sumber/Media
Pembelajaran
1. Sumber
Pembelajaran
a.
Buku
paket ESPS (Irene. (2015). Ilmu
Pengetahuan Alam untuk SD/MI Kelas III. Jakarta: Erlangga. Halaman 76-78).
2. Media
Pembelajaran
a.
Infokus.
b.
Power
Point.
H. Langkah-langkah
Kegiatan
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Awal
|
Guru memberikan salam dan mengajak siswa untuk berdoa.
|
10
menit
|
Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar dan
mengabsen kehadiran siswa.
|
||
Guru bertanya tentang pelajaran kemarin yang dipelajari
dan memberikan apersepsi terhadap materi yang hari ini akan dipelajari
tentang sumber energi.
|
||
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang sumber
energi.
|
||
Inti
|
Eksplorasi
Guru menjelaskan materi tentang sumber energi dan
penggunaannya.
|
40
menit
|
Elaborai
Siswa mendengarkan penjelasan guru mengenai sumber
energi dan penggunaannya.
|
||
Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok secara
heterogen.
|
||
Guru meminta siswa untuk mengamati video yang akan
ditayangkan oleh guru mengenai sumber energi.
|
||
Guru meminta siswa untuk berdiskusi terkait video yang
telah diputarkan tadi.
|
||
Guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil
diskusinya didepan kelas.
|
||
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi: Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diketahui siswa.
|
||
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan.
|
||
Penutup
|
Bersama siswa, guru membuat kesimpulan
mengenai materi yang telah dipelajari hari ini.
|
10 menit
|
Sebelum menutup pelajaran guru mengadakan
evaluasi.
|
||
Guru memberikan pekerjaan rumah kepada
siswa.
|
||
Guru menutup pelajaran dengan mengajak
siswa untuk berdoa.
|
I. Penilaian
Jenis Tes : Tes lisan dan tes tertulis.
Bentuk Tes :
Piliahan Ganda dan Jawaban Singkat.
Instrumen : Soal,
Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian
1.
Penilaian
Proses
Format
Observasi Penilaian Proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai Akhir
|
Keterangan
|
|||||||||||||||
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Interaktif
|
Percaya Diri
|
|||||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
a.
Disiplin
·
Berinteraksi
dengan semua anggota kelompok.
·
Mengikuti prosedur langkah-langkah permainan sesuai
dengan petunjuk pada buku
·
Tidak membebankan tugas kepada salah satu anggota
kelompok.
·
Tidak
menyalahkan salah satu anggota apabila terjadi kesalahan.
b.
Tanggung Jawab
·
Melaksanakan
tugas kelompok dengan baik.
·
Membantu
anggota kelompok untuk dapat menyelesaikan tugas.
·
Terlibat
dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
·
Melaksanakan
apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta.
c.
Percaya Diri
·
Berpendapat
atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
·
Tidak
canggung dalam bertindak.
·
Berani
presentasi di depan kelas.
·
Berani
berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
d.
Presentasi Hasil Pengamatan
·
Mempresentasikan
hasil pengamatan sesuai dengan data yang didapatkan.
·
Mempresentasikan
hasil pengamatan dengan menggunakan bahasa yang baik dan suara yang jelas.
·
Menguasai materi
dan dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi presentasi.
·
Presentasi
menarik dan penuh percaya diri.
Penilaian
·
Nilai 4
diberikan kepada siswa yang melakukan semua indikator.
·
Nilai 3
diberikan kepada siswa yang melakukan 3 indikator.
·
Nilai 2
diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 2 indikator.
·
Nilai 1
diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 1 indikator.
Kriteria
Penilaian
·
1– 4 = Sangat Kurang (SK)
·
5 -
8 = Kurang (K)
·
9 – 12 = Baik (B)
·
13- 16 = Amat Baik (AB)
Pedoman Penilaian : Skor Maksimal = 16
|
2.
Penilaian Akhir
|
|
|
|
Lampiran bahan ajar

Sumber energi adalah segala sesuatu di sekitar kita yang dapat
menghasilkan energi. Contoh sumber-sumber energi yang terdapat disekitar kita
adalah matahari, makanan bahan bakar dan listrik.
1.
Matahari
Matahari merupakan sumber energi terbesar bagi kehidupan
di bumi. Energi cahaya dari matahari digunakan oleh tumbuhan dalam proses
fotosintesis. Fotosintesis menghasilkan makanan untuk pertumbuhan tumbuhan. Energi
panas matahari dapat dimanfaatkan dalam proses pengeringan. Semua makhluk
hidup, termasuk hewan dan manusia, energi cahaya matahari juga dapat
membangkitkan energi listrik.
2.
Bahan
bakar minyak dan gas
Sebagai besar bahan bakar minyak untuk kendaraan bermotor
berasal dari penyulingan minyak bumi. Pada pengeboran minyak bumi terkadang
juga ditemukan gas bumi atau gas alam. Gas alam digunakan untuk menggerakan
mesin uap di pabrik-pabrik dan sebagai bahan bakar kompor gas. Bahan bakar
minyak dan gas alam akan menghabiskan energi jika mengalamai reaksi kimia.
3.
Makanan
Makanan diperlukan makhluk hidup untuk bertahan hidup.
Makanan yang kita makan sehari-hari berasal dari tumbuhan dan hewan. Tumbuhan
memperoleh energi dari matahari. Hewan memperoleh energi dari tumbuhan dan
hewan lain yang dimakannya. Makanan akan menghasilkan energi setelah diproses
didalam tubuh.
4.
Baterai
Baterai juga merupakan sumber energi, didalam baterai
terdapat zat kimia yang dapat menghasilkan listrik. Energi dari baterai dapat
digunakan untuk menyalakan senter, menggerakkan robot mainan, menyalakan
kalkulator dan menggerakan jarum jam
5.
Listrik
Energi listrik merupakan energi yang paling banyak
dimanfaatkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Hampir seua kegiatan
manusia berhubungan dengan energi listrik. Energi listrik digunakan untuk
memasak, menerangi rumah dan jalan, mendinginkan dan memanaskan ruangan, serta
menghidupkan alat-alat elektronik, energi listrik tersebut dihasilkan oleh
pembangkit listrik.

Sumber energi banyak tersedia di alam, sumber
energi tersebut dikelompokkan menjadi dua yaitu sumber energi yang dapat
diperbaharui dan sumber energi yang tidak dapat diperbaharui, sumber energi
yang dapat diperbaharui antara lain makanan, air, angin, dan matahari. Sumber energi
yang tidak dapat diperbaharui antara lain minyak bumi, gas alam dan batu bara.
Kita perlu menghemat energi untuk
melestarikan energi agar generasi mendatang dapat merasakan manfaat energi-energi
tersebut. Supaya sumber energi yang tersedia di alam tidak cepat habis, perlu
usaha penghematan energi. Usaha untuk menghemat energi yang dapat kita terapkan
dalam kehidupan sehari-hari antara lain:
1.
Mematikan
lampu dan peralatan elektronik jika tidak digunakan.
2.
Menggunakan
kendaraan yang hemat bakar bakar, jika ingin menggunakan kendaraan bermotor,
gunakan untuk hal-hal yang perlu saja.
3.
Mematikan
keran air apabila selesai di gunakan.

Nama :
…………………………….....
Kelas :
…………………………….....
A.
Pilihlah jawaban yang tepat!
1. Benda berikut yang menggunakan energy listrik adalah . .
.
a. Radio c.
Payung
b. Ember d. Kursi
2. Sumber energy yang tidak akan pernah habis persediannya
adalah . . .
a. Minyak tanah c. Bensin
b. Batu bara d.
Air
3. Sumber energy utama dan terbesar bagi kehidupan di bumi
adalah . . .
a. Air c.
Matahari
b. Angin d. Minyak dan Gas
4. Energy yang dimiliki oleh mobil mainan dihasilkan oleh .
. .
a. Roda-rodanya c. bahan pembuatannya
b. Baterai di dalamnya d.
tembaga di dalamnya
5. Berikut yang termasuk upaya pengehematan energy adalah…
a. Membiarkan keran terbuka meskipun bak mandi sudah penuh
air
b. Menyalakan lampu taman pada siang hari
c. Menggunakan kendaraan yang hemat bahan bakar
d. Minta diantar menggunakan mobil kemana pun pergi
B.
Isilah dengan jawaban yang tepat!
1.
Jam
dinding menggunakan . . . . . sebagai sumber energy.
2.
Tumbuhan
menggunakan energy . . . . . dari matahari untuk . . . .
3.
Sumber
energy panas terbesar adalah . . . . . .
4.
Manusia
membutuhkan energy . . . . . untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari
5.
Manusia
banyak memanfaatkan energy . . . . dalam kehidupan sehari-hari.
Lampiran
Kunci
Jawaban
PILIHAN
GANDA
1. A (Radio)
2. D (Air)
3. C (Matahari)
4. B (Baterai didalamnya)
5. C (Menggunakan kendaraan yang hemat bahan bakar)
JAWABAN
SINGKAT
1.
Baterai
2.
Cahaya
dan Fotosintesis
3.
Matahari
4.
Makanan
5.
Bahan
Bakar Minyak Dan Gas
No comments:
Post a Comment