RPP KURIKULUM 2013
KELAS IV SEMESTER 2
TEMA INDAHNYA NEGERIKU
SUBTEMA 3 INDAHNYA PENINGGALAN SEJARAH
PEMBELAJARAN 2
Disusun
Oleh:
Nama : Wahyu Rosidin
NIM :
130641073
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH CIREBON
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 1 TUKMUDAL
Kelas/Semsester : IV (Empat) / II (Dua)
Tema : Indahnya Negeriku
Subtema :
Keindahan Alam Negeriku
Pembelajaran ke : IV (Empat)
Alokasi Waktu : 2x35menit
A.
KOMPTENSI INTI (KI)
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
2.5
Memiliki prilaku jujur dan santun
terhadap nilai peninggalan sejarah dan perkembangan Hindu-Buddha di Indonesia
melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
4.5
Mengolah
dan menyajikan teks ulasan buku tentang nilai peninggalan sejarah dan
perkembangan Hindu-Budha di Indonesia secara mandiri. dalam teks bahasa Indonesia
lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
MATEMATIKA
4.1
Membandingkan jumlah sudut suatu segitiga
dengan jumlah sudut suatu segi empat.
IPA
4.2
Menyajikan secara tertulis hasil
pengamatan daur hidup beberapa jenis mahluk hidup
SBDP
4.7
Menyajikan solmisasi lagu wajib dan lagu daerah yang
harus dikenal
C.
INDIKATOR
Bahasa Indonesia
1.
Melengkapi paragraf rumpang.
2.
Mendiskusikan dan menyajikan
contoh-contoh jenis penginggalan sejarah Buddha.
3.
Menggali informasi tentang
prasasti peninggalan Buddha dari berbagai sumber informasi dengan teliti.
Matematika
1.
Menentukan luas bangun datar dengan menggunakan
persegi satuan.
IPA
1. Mengamati
daur hidup hewan.
2. Menggali
informasi tentang daur hidup hewan
secara metamorposis.
3. Menjelaskan
tahapan daur hidup hewan.
SBdP
1. Menyanyikan
lagu daerah dengan penuh penghayatan dan intonasi suara yang tepat
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui kegiatan membaca,
siswa dapat melengkapi kalimat rumpang dengan kata yang tepat.
2.
Melalui
kegiatan berdiskusi, siswa dapat mengetahui contoh-contoh penginggalan sejarah
dengan benar.
3.
Melalui
kegiatan mencari informasi, siswa dapat mengetahui isi prasasti-prasasti dari
berbagai sumber informasi dengan teliti.
4.
Melalui
kegiatan berhitung, siswa dapat menentukan luas bangun datar denagn menggunakan
persegi satuan dengan teliti dan benar
5.
Melalui
kegiatan berhitung, siswa dapat menyelesaikan latihan soal dengan benar.
6.
Melalui
kegiatan mengamati, siswa dapat mengetahui daur hidup hewan dengan cermat
7.
Melalui
kegiatan mengamati, siswa dapat menjelaskan daur hidup hewan dengan tahapan
yang benar.
8.
Melalui
kegiatan menyanyi, siswa dapat menyanyikan lagu daerah dengan tinggi rendah
nada yang sesuai.
E.
Materi Pembelajaran
1. Jenis-jenis peninggalan
sejarah
Peninggalan sejarah terbagi kedalam 3 sumber
sejarah. Siswa menggali informasi tentang 3 sumber sejarah tersebut beserta
contohnya dan mendiskusikannnya hasil pengamatannya dengan teman sebangku.
2. Melengkapi paragraf rumpang
Paragraf rampung yaitu suatu paragraf yang
dimana kalimatnya belum lengkap atau kurang lengkap dan harus dilengkapi.
3. Prasasti Peninggalan Buddha
Prasasti adalah piagam atau dokumen yang ditulis pada bahan yang keras dan tahan lama.
Penemuan prasasti pada sejumlah situs arkeologi, menandai
akhir dari zaman prasejarah. Siswa mencari informasi
lebih dalam tentang prasasti peninggalan kerajaan Buddha di Indonesia. Siswa
dapat mencari informasi melalui majalah, koran atau internet
4. Menentukan luas bangun datar
dengan menggunakan persegi satuan
Untuk menghitung luas suatu daerah, selain
dengan mengukur panjang dan lebarnya, siswa dapat menggunakan kotak-kotak
persegi kecil untuk mengukur luas. Ukuran sisi setiap persegi kecil harus sama,
yaitu 1 cm.
5. Daur Hidup Hewan
Salah satu ciri
makhluk hidup adalah berkembangbiak. Berkembangbiak berarti memiliki keturunan
yang sama dengan induknya. Perkembangbiakan hewan terbagi dua yaitu
secara kawin atau generatif dan secara tak kawin atau vegetatif. Daur hidup
hewan ada mengalami metamorfosis dan ada pula yang tidak mengalami
metamorfosis. Hewan dikatakan mengalami metamorfosis jika dalam daur hidupnya
mengalami perubahan bentuk yaitu bentuk hewan muda sangat berbeda dengan hewan
dewasanya.
6. Menyanyikan
lagu daerah
Salah satu peninggalan sejarah
budaya adalah lagu daerah. Siswa menyanyikan lagu daerah “Bungong Jeumpa” yang
berasal dari Aceh. Dengan memaknai lagu daerah tersebut akan menambah pemahaman
siswa tentang lagu daerah.
F.
Metode Pembelajaran
Pendekatan: scientific
Metode: Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab,
Pengamatan dan Latihan.
G.
Media dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Pembelajaran.
a.
Infocus
b.
Power
Point
2.
Sumber
Belajar
a.
Susilawati
Fransiska, dkk. 2013. Tematik Terpadu.
Tema indahnya negeriku. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama. Halaman 84-91.
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.
|
10
Menit
|
Guru
mengkondisikan siswa agar siap belajar kemudian mengabsen kehadiran siswa.
|
||
Guru
bertanya tentang pelajaran kemarin yang dipelajari.
|
||
Guru
memberikan apersepsi kepada siswa.
|
||
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan ruang lingkup materi yang akan
dipelajari yaitu tentang indahnya peninggalan sejarah
|
||
Inti
|
Guru menjelaskan materi tentang
peninggalan sejarah melalui infocus
|
45menit
|
Guru memberikan gambar dan
meminta siswa untuk mengamati gambar tersebut.
|
||
Siswa diminta memberikan
pendapat tentang gambar tersebut.
|
||
Siswa
diajak berdiskusi mengenai gambar yang ada kemudian guru menstimulasi siswa
untuk bertanya tentang peninggalan
sejarah.
|
||
Guru
berdiskusi dengan siswa tentang jenis-jenis peninggalan sejarah. Siswa
bekerjasama dengan teman sebangku diminta untuk mencari tahu contoh-contoh
jenis peninggalan sejarah yang dapat dimasukkan ke dalam kategori prasasti
atau candi.
|
||
Guru
memberikan sebuah cerita tentang candi Borobudur.
|
||
Guru
mengajak siswa untuk menghitung bangun luas bangun datar candi Borobudur
dengan menggunakan persegi satuan
|
||
Guru
memeragakan cara mengukur luas dengan menggunakan persegi satuan. Siswa dapat
berlatih dengan teman sebangku untuk mengukur luas mengunakan persegi satuan.
Siswa diminta mengerjakan soal latihan dengan teliti dan benar.
|
||
Guru
memberikan soal tentang menentukan luas bangun datar dan kemudian menunjuk
beberapa siswa untuk mengerjakan soal tersebut didepan kelas.
|
||
Guru
menjelaskan daur hidup hewan secara metamorphosis.
|
||
Siswa
diminta mendiskusikan perbedaan dan persamaan daur hidup metamorfosi sempurna
dan tidak sempurna. Siswa diminta melengkapi tahapan daur hidup metamorfosis
pada buku siswa dengan tahapan yang benar.
|
||
Siswa
diminta untuk mencoba menyanyikan lagu “Tokecang” yang berasal dari Jawa
Barat. Sebelum mulai bernyanyi, guru dapat menyanyikan lagu terlebih dahulu
dengan intonasi suara yang tepat kemudian guru meminta beberapa siswa dari
perwakilan kelompok untuk menyanyikan lagu tersebut.
|
||
Siswa
diminta untuk merangkum hasil pembelajaran hari ini dengan mengisi tabel yang
diberikan guru.
|
||
Penutup
|
Guru
menutup kegiatan dengan menanyakan kepada siswa kegiatan apa saja yang
dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
|
15menit
|
Guru
mengapresiasi sikap kerja keras siswa yang ditunjukan dalam kegiatan
berdiskusi, pengamatan dan menceritakan.
|
||
Guru
memberikan evaluasi pembelajaran.
|
||
Guru
menutup pelajaran dengan sama sama berdo’a
|
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran
a.
Jenis
Tes : Lisan dan Tertulis
b.
Bentuk
Tes : Jawaban Singkat
c.
Instrument : Soal, Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian
1. Penilaian
Sikap
Format Observasi Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Aspek yang
dinilai
|
Jumlah
skor
|
Ket.
|
|||||||||||
Percaya diri
|
Disiplin
|
Bekerja sama
|
|||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Udin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Lani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Siti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
a.
Percaya Diri
·
Berpendapat atau
melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
·
Tidak canggung
dalam bertindak.
·
Berani
presentasi di depan kelas.
·
Berani
berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
b.
Disiplin
·
Sangat baik dalam menaati peratuan yang ada di
sekolah.
·
Baik dalam menaati peraturan yang ada di
sekolah.
·
Cukup baik dalam menaati peraturan yang ada di
sekolah.
·
Kurang baik dalam menaati peraturan yang ada di
sekolah.
c.
Bekerja sama
·
Berinteraksi
dengan semua anggota kelompok.
·
Mengikuti prosedur langkah-langkah permainan sesuai
dengan petunjuk pada buku
·
Tidak membebankan tugas kepada salah satu anggota
kelompok.
·
Tidak
menyalahkan salah satu anggota apabila terjadi kesalahan.
Penilaian
·
Nilai 4
diberikan kepada siswa yang melakukan semua indikator.
·
Nilai 3
diberikan kepada siswa yang melakukan 3 indikator.
·
Nilai 2
diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 2 indikator.
·
Nilai 1
diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 1 indikator.
Kriteria
Penilaian
·
1– 4 = Sangat Kurang (SK)
·
5 -
8 = Baik (K)
·
9 – 12 = Amat Baik (B)
Pedoman Penilaian : Skor Maksimal = 12
Nilai Akhir =
x 100
|
Keterangan Skor
·
BT : Belum
Terlihat
·
MT : Mulai
Terlihat
·
MB : Mulai
Berkembang
·
SM : Sudah
Membudaya
2.
Penilaian Pengetahuan
-
Tes tertulis (di
buku siswa)
3.
Penilaian Keterampilan
a.
Unjuk kerja pengamatan
kegiatan diskusi.
Rubrik pengamatan kegiatan diskusi
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
1
|
Keberanian menyampaikan pendapat
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
Keterangan :
Baik Sekali :
(4) Sesuai
Baik :
(3) Ada yang sesuai ada yang tidak
Cukup baik :
(2) Cukup sesuai
Kurang baik :
(1) Kurang sesuai
Pedoman penilaian : skor
maksimal = 8
Jumlah skor yang diperoleh
Nilai
Akhir = x
100
Jumlah skor maksimal
Mahasiswa PPL
Wahyu Rosidin
NIM 130641073
|
Guru Kelas 4A
SDN 1 Tukmudal
Hendri
Junaedi, S.Pd
NIP.
|
Mengetahui;
Kepala Sekolah
SDN 1 Tukmudal
Abdul Fatah, S.Pd
NIP. 19670305 199203 1 009
|
Lampiran Bahan Ajar
LEMBAR EVALUASI
NAMA : …………………………………….
KELAS : …………………………………….
Ayo Berlatih
1. Isilah
bagian yang kosong dengan kata-kata yang terdapat dalam kotak berikut.
Angkutan
Laut Wilayah Palembang
Tulisan Sumatera
Selatan
|
Salah kerajaan yang bercorak Buddha di
Indonesia adalah kerajaan Sriwijaya. Kerajaan ini berpusat di 1. .
kota ini terletak di Porvinsi 2
.
Kerajaan Sriwijaya terkenal sebagai kerajaan maritim yang tangguh, karena
mempunyai 3 . yang tangguh. Prasasti Karang Berahi
merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya. Prasasti adalah bukti sejarah berupa
4 .
Prasasti tersebut menceritakan tentang 5 . Kerajaan
Sriwijaya yang luas.
2. Tuliskan
lagu-lagu daerah yang berasal jawa barat yang kalian ketahui!
3. Apa yang
dimaksud daur ulang dan bedakan daur ulang metamorphosis sempurna dan tidak
sempurna?
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C
|
|
|
|
|
|
|
A
|
|
|
|
B
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4. Hitung
luas persegi panjang A, B, C dan D beserta Kelilingnya terhadap gambar yang di
atas.
Kunci
Jawaban
1. a.
Palembang
b. Sumatra Selatan
c. Angkutan Laut
d. Tulisan
e. Wilayah
2. Tokecang, bubuy bulan,
manuk dadali, dsb
3. Daur ulang yaitu siklus
atau tahap perkembangan pada hewan.
a.
Metamorfosis Sempurna yaitu 4 kali tahapan.
b.
Metamorfosis Tidak Sempurna yaitu 3 kali tahapan.
4. a. 12 cm b. 4 cm c. 12 cm d.
24 cm
No comments:
Post a Comment