RPP KELAS 5 SD MATERI BAHASA INDONESIA SEMESTER 2




RPP KTSP
MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS V SEMESTER 2



LAPORAN
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas PPL
Guru Pamong: Hj. Ainun Jariyah, S.Pd. SD


index.jpg


Disusun Oleh:
Nama      : Wahyu Rosidin
NIM        : 130641073


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SDN 1 TUKMUDAL
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semsester          : V (Lima) / II (Dua)
Alokasi Waktu            : 2x35menit


A.    Standar Kompetensi
6.   Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan
bermain drama.

B.     Kompetensi Dasar
6.1
Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
6.2
Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat

C.    Indikator
6.1.1 Siswa dapat mencermati persoalan atau masalah yang diajukan.
6.1.2 Siswa dapat menanggapi masalah yang diajukan.
6.1.3 Siswa dapat memerankan tokoh drama.
6.1.4 Siswa dapat mengungkapkan pendapat tentang drama.







D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui kegiatan pengamatan siswa dapat mengetahui dan menanggapi masalah yang diajukan dengan baik.
2.      Melalui kegiatan ceramah dan Tanya jawab siswa dapat menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi disekitar secara lisan.
3.      Melalui kegiatan bermain peran siswa dapat memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi dan ekspresi dengan tepat.
Karakter yang diharapkan: disiplin, Tanggungjawab, dan interaktif percaya diri.
E.     Materi Ajar
1.     Perdagangan (Terlampir)
F.     Pendekatan dan Metode
Pendekatan     : Kontekstual
Metode            : Ceramah, Tanya Jawab dan Pengamatan serta bermain
  peran
G.    Langkah-langkah
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Awal
Guru mengkondisikan siswa dilanjut mengabsen siswa.
10 menit
Guru memberikan apersepsi kepada anak-anak dengan memberikan beberapa pertanyaan.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Inti
Eksplorasi
Guru menjelaskan apa itu perdagangan.
45menit

Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari hari ini yaitu tentang perdagangan dan menanggapi cerita tentang periswtiwa disekitar.


Guru memberikan cerita atau peristiwa yang ada disekitar.


Setelah guru menjelaskan cerita atau peristiwa guru meminta siswa untuk menanggapi cerita atau peristiwa tersebut.


Elaborasi
Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok.


Setalah kelompok terbagi secara heterogon kemudian guru memberikan tugas kepada siswa untuk bermain peran dengan cerita yang telah ditentukan


Satu persatu kelompok maju untuk memeragakan cerita tersebut


Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
Tiap kelompok melaporkan hasil diskusinya dengan bimbingan guru.


Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.


Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

Penutup
Bersama siswa, guru membuat kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari hari ini.
15menit
Sebelum menutup pelajaran guru memberikan nasihat dan membagikan lembar evaluasi kepada siswa.
Guru menutup pelajaran dengan mengajak siswa untuk berdoa.

H.    Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Sumber:
Buku paket (ESPS. Indradi dan Purwahida Rahmah. (2015). Bahasa Indonesia untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Erlangga. Halaman 91-93).
2.      Media
a.       Infokus
b.      Power Point
I.       Penilaian
Jenis Tes          :  Lisan dan Tertulis
Bentuk Tes      :  jawaban singkat dan Memeragakan Tokoh  
Instrumen        :  Soal, Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian




1.      Penilaian Proses
Format Observasi Penilaian Proses
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai Akhir
Keterangan
Disiplin
Tanggung Jawab
Interaktif
Percaya Diri
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1




















2




















3




















4




















5




















Keterangan :
a.        Disiplin
·           Berinteraksi dengan semua anggota kelompok.
·           Mengikuti prosedur langkah-langkah permainan sesuai dengan petunjuk pada buku
·           Tidak membebankan tugas kepada salah satu anggota kelompok.
·           Tidak menyalahkan salah satu anggota apabila terjadi kesalahan.
b.        Tanggung Jawab
·           Melaksanakan tugas kelompok dengan baik.
·           Membantu anggota kelompok untuk dapat menyelesaikan tugas.
·           Terlibat dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
·           Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta.
c.         Percaya Diri
·           Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
·           Tidak canggung dalam bertindak.
·           Berani presentasi di depan kelas.
·           Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.




d.        Presentasi Hasil Pengamatan
·           Mempresentasikan hasil pengamatan sesuai dengan data yang didapatkan.
·           Mempresentasikan hasil pengamatan dengan menggunakan bahasa yang baik dan suara yang jelas.
·           Menguasai materi dan dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi presentasi.
·           Presentasi menarik dan penuh percaya diri.
Penilaian
·           Nilai 4 diberikan kepada siswa yang melakukan semua indikator.
·           Nilai 3 diberikan kepada siswa yang melakukan 3 indikator.
·           Nilai 2 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 2 indikator.
·           Nilai 1 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 1 indikator.
Kriteria Penilaian
·         1– 4  = Sangat Kurang (SK)
·          5 -  8  = Kurang (K)
·          9 – 12 = Baik (B)
·         13- 16  = Amat Baik (AB)
Pedoman Penilaian          :                              Skor Maksimal       =          16


Nilai Akhir = x 100

 
 












Mahasiswa PPL



Wahyu Rosidin
NIM 130641073
 
Guru Kelas 5B
SDN 1 Tukmudal



Tati Srimiyati,S.Pd
            NIP.

 
Cirebon, 21 Januari 2017







Mengetahui;
Kepala Sekolah
SDN 1 Tukmudal



Abdul Fatah, S.Pd
NIP. 19670305 199203 1 009
 
 


















Lampiran Bahan Ajar
Perdagangan
Perdagangan atau perniagaan adalah kegiatan jual-beli barang atau jasa berdasarkan kesepakatan bersama. Pada masa awal sebelum uang ditemukan, jual-beli dilakukan denga tukar-menukar barang yang dinamakan barter. Pada masa modern perdagangan sudah dilakukan dengan penukaran uang. Bagaimana tanggapanmu akan hal tersebut? Sampaikan secara lisan!
A. Menanggapi cerita tentang peristiwa disekitar secara lisan
Kamu sudah memahami cara menanggapi cerita tentang peristiwa disekitar. Sekarang ayo lakukan kembali kegiatan berikut!
Ayo dengarkan dan tanggapi cerita berikut !
HARGA SEMBAKO NAIK
Sumber: www.indosiar.com
Menjelang bulan suci ramadhan, harga sejumlah kebutuhan pokok disejumlah pasar tradisional di jawa timur mulai merangkak naik. Kenaikan harga tersebut terjadi pada harga sembako jenis beras, telur, minyak goring, dan bawang putih yang melonjak hingga dua hingga tiga kali lipat. Selain itu, pasokan yang terbatas membuat warga terpaksa melakukan aksi borong untuk kebutuhan puasa.
Kenaikan harga paling mencolok terjadi pada bawang putih yang mencapai dua kali lipat dari harga sebelumnya, yakni dari Rp. 6.000,00 per kilo menjadi Rp. 12.000,00 per kilo. Belum tibanya masa panen yang kemudian berakibat pada minimnya pasokan diduga menjadi penyebab kenaikan harga ini. Padahal, seiring dengan semakin dekatnya bulan puasa, permintaan dari pembeli justru terus meningkat. Selain bawang putih, kenaikan harga juga terjadi pada sembako jenis beras. Harga beras berkualitas super kini telah mencapai Rp. 6.300,00 per kilo naik Rp. 500,00 dari harga sebelumnya sebesar Rp. 5.800,00 per kilo.
Dikabupaten sidoarjo, harga sembako juga merangkak naik. Harga bahan pokok seperti telur, minyak goreng, gula, terigu dan sayuran, mulai merangkak naik. Telur yang semula Rp. 12.000,00 menjadi Rp. 13.000,00 per kilo. Minyak goring Rp. 7.500,00 menjadi Rp. 8.500,00. Kenaikan harga sembako ini memberatkan para konsumen karena kenaikan tidak hanya satu jenis tetapi hamper semua jenis sembako. Menurut pedagang, kenaikan harga sembako dipasar tradisional larangan sidoarjo diduga dikarenakan tingginya permintaan konsumen menjelang empat hari sebelum puasa ramadhan tahun ini.
B. Memerankan tokoh drama dengan lafal, 
intonasi dan ekspresi yang tepat
Ayo, belajar memerankan drama! Saat memerankan tokoh drama agar sesuai dengan karakter. Kamu dapat memperhatikan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat. Lafal adalah pengucapan bunyi bahasa meliputi pengucapan vocal dan konsonan. Intonasi adalah nada kalimat, yaitu tinggi atau rendah, keras atau lemahnya suara dalam membaca kalimat. Sementara itu, ekspresi adalah mimic muka. Kapan pemeran tokoh sedih, senang, marah atau baahagia terlihat dalam ekspresi. Ayo, perankan drama berikut dengan sebaik-baiknya!





Pada suatu hari, ibu minta tolong pada Rian dan Mikha
untuk membeli buah di pasar.
Ibu
:
Mhika, tolong belikan buah jeruk dan mangga ya di pasar. Beli masing-masing satu kilogram dan ini uangnya. Jangan lupa kembaliannya, ya, Nak. (Sambil member uang Rp. 50.000,00)

Mikha
:
 Ya bu, bolehkan Mikha ajak kak rian, Bu?



Ibu
:
Tentu saja boleh


(Mikha segera memanggil kak rian untuk menemaninya pergi.)
Mikha
:
Kak rian, ibu meminta kita untuk membeli buah-buahan yang dibeli nanti kita bagi tugas, kak, aku yang mencatat buah-buahan yang dibeli, nanti kaka yang membeli. Bagaimana kak?
Rian
:
Baiklah kalo begitu, ayo kita pergi sekarang. Nanti kita bagi dua belanjaanya. Agar tidak terlalu berat.


(sesampainya dipasar)
Mikha
:
Pak, saya mau beli buah jeruk dan mangga masing-masing satu kilogram, ya!
Penjual
:
Baik, nak! (sambil menimbang buah-buahan yang dibeli)
Rian
:
Jadi berapa totalnya, pak?
Penjual
:
Total semuanya empat puluh delapan ribu rupiah, nak.
Rian
:
ini uangnya pak. (sambil memberikan uang Rp. 50.000,00)
Penjual
:
Ini kembaliannya, nak. Terimakasih ya. (sambil memberikan sekantong belanjaan besar)
Rian
:
Sama-sama pak.









Lembar Kerja Siswa
Nama  : …………………………………..
Kelas   : …………………………………..

Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1.     Dalam cerita “harga sembako naik”, kenaikan apa saja yang terjadi disejumlah pasar tradisional di jawa timur?
2.     Apa topik yang dibicarakan tersebut?
3.     Mengapa kenaikan tersebut terjadi dipasar tradisional larangan Sidoarjo?
4.     Bagaimana tanggapan konsumen terhadap permasalahan tersebut?
5.     Apa tanggapanmu terhadap masah tersebut?
6.     Setalah bermain drama, apa saja hal-hal yang harus dilakukan saat memerankan tokoh drama?
7.     Bagaimana intonasi yang tepat pada dialog ibu meminta Mikha pergi ke pasar?
8.     Tuliskan ekspresi-ekspresi yang tepaat saat memerankan drama tersebut, meliputi ekspresi ibu, Mikha dan Rian!



No comments:

Post a Comment