RPP KTSP
MATAPELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS V SEMESTER 2
LAPORAN
Diajukan untuk
memenuhi salah satu tugas PPL
Guru Pamong: Hj.
Ainun Jariyah, S.Pd. SD

Disusun
Oleh:
Nama : Wahyu Rosidin
NIM :
130641073
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH CIREBON
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN 1 TUKMUDAL
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semsester : V (Lima) / II (Dua)
Alokasi Waktu : 2x35menit
A.
Standar Kompetensi
6. Mengungkapkan
pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan
bermain
drama.
B.
Kompetensi Dasar
6.1
|
Mengomentari persoalan faktual
disertai alasan yang mendukung dengan memperhatikan pilihan kata dan santun
berbahasa.
|
6.2
|
Memerankan tokoh drama dengan lafal,
intonasi dan ekspresi yang tepat
|
C.
Indikator
6.1.1 Siswa dapat mencermati persoalan atau masalah
yang diajukan.
6.1.2 Siswa dapat menanggapi masalah yang diajukan.
6.1.3 Siswa dapat memerankan tokoh drama.
6.1.4 Siswa dapat mengungkapkan pendapat tentang
drama.
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui kegiatan
pengamatan siswa dapat mengetahui dan menanggapi masalah yang diajukan dengan
baik.
2.
Melalui kegiatan
ceramah dan Tanya jawab siswa dapat menanggapi cerita tentang peristiwa yang
terjadi disekitar secara lisan.
3.
Melalui kegiatan
bermain peran siswa dapat memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi dan
ekspresi dengan tepat.
Karakter yang diharapkan: disiplin, Tanggungjawab, dan interaktif percaya
diri.
E.
Materi Ajar
1.
Perdagangan (Terlampir)
F.
Pendekatan dan Metode
Pendekatan :
Kontekstual
Metode :
Ceramah, Tanya Jawab dan Pengamatan serta bermain
peran
G.
Langkah-langkah
Kegiatan
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Awal
|
Guru
mengkondisikan siswa dilanjut mengabsen siswa.
|
10 menit
|
Guru
memberikan apersepsi kepada anak-anak dengan memberikan beberapa pertanyaan.
|
||
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
||
Inti
|
Eksplorasi
Guru
menjelaskan apa itu perdagangan.
|
45menit
|
|
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari hari ini yaitu tentang perdagangan
dan menanggapi cerita tentang periswtiwa disekitar.
|
|
|
Guru
memberikan cerita atau peristiwa yang ada disekitar.
|
|
|
Setelah
guru menjelaskan cerita atau peristiwa guru meminta siswa untuk menanggapi
cerita atau peristiwa tersebut.
|
|
|
Elaborasi
Guru
membagi siswa kedalam beberapa kelompok.
|
|
|
Setalah
kelompok terbagi secara heterogon kemudian guru memberikan tugas kepada siswa
untuk bermain peran dengan cerita yang telah ditentukan
|
|
|
Satu
persatu kelompok maju untuk memeragakan cerita tersebut
|
|
|
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
Tiap kelompok melaporkan hasil diskusinya dengan bimbingan guru.
|
|
|
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
|
|
|
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan.
|
|
Penutup
|
Bersama
siswa, guru membuat kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari hari
ini.
|
15menit
|
Sebelum
menutup pelajaran guru memberikan nasihat dan membagikan lembar evaluasi
kepada siswa.
|
||
Guru
menutup pelajaran dengan mengajak siswa untuk berdoa.
|
H.
Sumber dan Media Pembelajaran
1.
Sumber:
Buku
paket (ESPS. Indradi dan Purwahida Rahmah. (2015). Bahasa Indonesia untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Erlangga. Halaman
91-93).
2.
Media
a.
Infokus
b.
Power Point
I.
Penilaian
Jenis Tes : Lisan dan Tertulis
Bentuk Tes : jawaban singkat dan Memeragakan Tokoh
Instrumen : Soal,
Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian
1.
Penilaian
Proses
Format
Observasi Penilaian Proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai Akhir
|
Keterangan
|
|||||||||||||||
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Interaktif
|
Percaya Diri
|
|||||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
a.
Disiplin
·
Berinteraksi
dengan semua anggota kelompok.
·
Mengikuti prosedur langkah-langkah permainan sesuai
dengan petunjuk pada buku
·
Tidak membebankan tugas kepada salah satu anggota
kelompok.
·
Tidak
menyalahkan salah satu anggota apabila terjadi kesalahan.
b.
Tanggung Jawab
·
Melaksanakan
tugas kelompok dengan baik.
·
Membantu
anggota kelompok untuk dapat menyelesaikan tugas.
·
Terlibat
dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
·
Melaksanakan
apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta.
c.
Percaya Diri
·
Berpendapat
atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
·
Tidak
canggung dalam bertindak.
·
Berani
presentasi di depan kelas.
·
Berani
berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
d.
Presentasi Hasil Pengamatan
·
Mempresentasikan
hasil pengamatan sesuai dengan data yang didapatkan.
·
Mempresentasikan
hasil pengamatan dengan menggunakan bahasa yang baik dan suara yang jelas.
·
Menguasai materi
dan dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi presentasi.
·
Presentasi
menarik dan penuh percaya diri.
Penilaian
·
Nilai 4
diberikan kepada siswa yang melakukan semua indikator.
·
Nilai 3
diberikan kepada siswa yang melakukan 3 indikator.
·
Nilai 2
diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 2 indikator.
·
Nilai 1
diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 1 indikator.
Kriteria
Penilaian
·
1– 4 = Sangat Kurang (SK)
·
5 -
8 = Kurang (K)
·
9 – 12 = Baik (B)
·
13- 16 = Amat Baik (AB)
Pedoman Penilaian : Skor Maksimal = 16
|
|
|
|
Lampiran Bahan Ajar

Perdagangan atau perniagaan adalah kegiatan
jual-beli barang atau jasa berdasarkan kesepakatan bersama. Pada masa awal
sebelum uang ditemukan, jual-beli dilakukan denga tukar-menukar barang yang
dinamakan barter. Pada masa modern perdagangan sudah dilakukan dengan penukaran
uang. Bagaimana tanggapanmu akan hal tersebut? Sampaikan secara lisan!

Kamu sudah memahami cara menanggapi cerita tentang
peristiwa disekitar. Sekarang ayo lakukan kembali kegiatan berikut!

HARGA SEMBAKO NAIK
Sumber: www.indosiar.com
Menjelang bulan suci ramadhan, harga sejumlah
kebutuhan pokok disejumlah pasar tradisional di jawa timur mulai merangkak
naik. Kenaikan harga tersebut terjadi pada harga sembako jenis beras, telur,
minyak goring, dan bawang putih yang melonjak hingga dua hingga tiga kali lipat.
Selain itu, pasokan yang terbatas membuat warga terpaksa melakukan aksi borong
untuk kebutuhan puasa.
Kenaikan harga paling mencolok terjadi pada bawang
putih yang mencapai dua kali lipat dari harga sebelumnya, yakni dari Rp.
6.000,00 per kilo menjadi Rp. 12.000,00 per kilo. Belum tibanya masa panen yang
kemudian berakibat pada minimnya pasokan diduga menjadi penyebab kenaikan harga
ini. Padahal, seiring dengan semakin dekatnya bulan puasa, permintaan dari
pembeli justru terus meningkat. Selain bawang putih, kenaikan harga juga
terjadi pada sembako jenis beras. Harga beras berkualitas super kini telah
mencapai Rp. 6.300,00 per kilo naik Rp. 500,00 dari harga sebelumnya sebesar
Rp. 5.800,00 per kilo.
Dikabupaten sidoarjo, harga sembako juga merangkak naik.
Harga bahan pokok seperti telur, minyak goreng, gula, terigu dan sayuran, mulai
merangkak naik. Telur yang semula Rp. 12.000,00 menjadi Rp. 13.000,00 per kilo.
Minyak goring Rp. 7.500,00 menjadi Rp. 8.500,00. Kenaikan harga sembako ini
memberatkan para konsumen karena kenaikan tidak hanya satu jenis tetapi hamper
semua jenis sembako. Menurut pedagang, kenaikan harga sembako dipasar
tradisional larangan sidoarjo diduga dikarenakan tingginya permintaan konsumen
menjelang empat hari sebelum puasa ramadhan tahun ini.

Ayo, belajar memerankan drama! Saat memerankan tokoh
drama agar sesuai dengan karakter. Kamu dapat memperhatikan lafal, intonasi dan
ekspresi yang tepat. Lafal adalah pengucapan bunyi bahasa meliputi pengucapan
vocal dan konsonan. Intonasi adalah nada kalimat, yaitu tinggi atau rendah,
keras atau lemahnya suara dalam membaca kalimat. Sementara itu, ekspresi adalah
mimic muka. Kapan pemeran tokoh sedih, senang, marah atau baahagia terlihat
dalam ekspresi. Ayo, perankan drama berikut dengan sebaik-baiknya!
Pada suatu hari, ibu minta tolong pada Rian dan
Mikha
untuk membeli buah di pasar.
Ibu
|
:
|
Mhika, tolong belikan buah
jeruk dan mangga ya di pasar. Beli masing-masing satu kilogram dan ini
uangnya. Jangan lupa kembaliannya, ya, Nak. (Sambil member uang Rp.
50.000,00)
|
Mikha
|
:
|
Ya bu,
bolehkan Mikha ajak kak rian, Bu?
|
|
|
|
Ibu
|
:
|
Tentu saja boleh
|
|
|
(Mikha segera memanggil kak rian untuk menemaninya
pergi.)
|
Mikha
|
:
|
Kak rian, ibu meminta kita untuk membeli
buah-buahan yang dibeli nanti kita bagi tugas, kak, aku yang mencatat
buah-buahan yang dibeli, nanti kaka yang membeli. Bagaimana kak?
|
Rian
|
:
|
Baiklah kalo begitu, ayo kita pergi sekarang.
Nanti kita bagi dua belanjaanya. Agar tidak terlalu berat.
|
|
|
(sesampainya dipasar)
|
Mikha
|
:
|
Pak, saya mau beli buah jeruk dan mangga
masing-masing satu kilogram, ya!
|
Penjual
|
:
|
Baik, nak! (sambil menimbang buah-buahan yang
dibeli)
|
Rian
|
:
|
Jadi berapa totalnya, pak?
|
Penjual
|
:
|
Total semuanya empat puluh delapan ribu rupiah,
nak.
|
Rian
|
:
|
ini uangnya pak. (sambil memberikan uang Rp.
50.000,00)
|
Penjual
|
:
|
Ini kembaliannya, nak. Terimakasih ya. (sambil
memberikan sekantong belanjaan besar)
|
Rian
|
:
|
Sama-sama pak.
|

Nama :
…………………………………..
Kelas :
…………………………………..
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1.
Dalam cerita
“harga sembako naik”, kenaikan apa saja yang terjadi disejumlah pasar
tradisional di jawa timur?
2.
Apa topik yang
dibicarakan tersebut?
3.
Mengapa kenaikan
tersebut terjadi dipasar tradisional larangan Sidoarjo?
4.
Bagaimana
tanggapan konsumen terhadap permasalahan tersebut?
5.
Apa tanggapanmu
terhadap masah tersebut?
6.
Setalah bermain
drama, apa saja hal-hal yang harus dilakukan saat memerankan tokoh drama?
7.
Bagaimana
intonasi yang tepat pada dialog ibu meminta Mikha pergi ke pasar?
8.
Tuliskan
ekspresi-ekspresi yang tepaat saat memerankan drama tersebut, meliputi ekspresi
ibu, Mikha dan Rian!
No comments:
Post a Comment