RPP KELAS 4 TEMA INDAHNYA NEGERIKU SUB TEMA 1 KEANEKARAGAMAN HEWAN DAN TUMBUHAN PEMBELAJARAN 5




RPP KURIKULUM 2013
KELAS IV SEMESTER 2
TEMA INDAHNYA NEGERIKU
SUBTEMA I KEANEKARAGAAB HEWAN DAN TUMBUHAN
PEMBELAJARAN 5



LAPORAN
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas PPL
Guru Pamong: Hj. Ainun Jariyah, S.Pd. SD


index.jpg


Disusun Oleh:
Nama      : Wahyu Rosidin
NIM        : 130641073


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SDN 1 TUKMUDAL
Kelas/Semsester          : IV (Empat) / II (Dua)
Tema/Subtema            : Indahnya Negeriku/
Subtema                      : Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan
Pembelajaran ke          : V (Lima)
Alokasi Waktu            : 2x35menit


A.    KOMPTENSI INTI (KI)
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
Bahasa Indonesia
1.2     Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan Yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, energi, serta permasalahan sosial.



         Indikator:
1.      Membaca teks bacaan tentang Komodo dengan cermat.
2.      Memberikan pendapat dan menjawab pertanyaan berdasarkan pertanyaan tersebut dengan benar.
PPKN
2.2      Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan hak dan kewajiban di rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar.
          Indikator.
1.      Berdiskusi tentang keterkaitan pelestarian lingkungan dengan pengamalan sila kedua dari Pancasila.

MATEMATIKA
4.10    Membuat prediksi yang berhubungan dengan pola dan menelusuri pola yang
berulang dengan  menggunakan pencerminan dan rotasi.        
Indikator:
1.      Menggambar hasil simetri putar dengan perputaran yang telah ditentukan dengan tepat.
IPA
2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; obyektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati - hati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari – hari sebagai wujud   implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan diskusi.
         Indikator:
1.      Mengamati dan mengengidentifikasi ciri – ciri hewan dan asal daerah hewan tersebut dengan cermat.
2.      Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang komodo sesuai dengan teks bacaan.






SBdp
2.1    Menunjukkan sikap berani mengekspresikan diri dalam berkarya seni.
         Indikator:
1.      Menyanyikan lagu daerah dari Nusa Tenggara Timur dengan semangat.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan kegiatan mengamati gambar hewan, siswa mampu mengidentifikasi asal dan cirri-ciri dari hewan tersebut dengan cermat..
2.      Dengan membaca teks bacaan tentang Komodo, siswa mampu memberikan pendapat dan menjawab pertanyaan berdasarkan pertanyaan tersebut dengan benar.
3.      Dengan berdiskusi, siswa mampu mengkaitkan pelestarian lingkungan dengan pengamalan sila kedua dari Pancasila dengan baik.
4.      Dengan kegiatan menggambar, siswa mampu menggambar hasil simetri putar dengan perputaran yang telah  ditentukan dengan tepat.
5.      Dengan kegiatan bernyanyi, siswa mampu menyanyikan lagu daerah dari Nusa Tenggara Timur dengan semangat.
6.      Dengan kegiatan bermain, siswa mampu memainkan permainan memindahkan cincin dengan semangat.

D.    Materi Pembelajaran
1.      Mengamati
Siswa mengamati gambar seekor hewan yang pernah dijadikan sebagai maskot resmi Sea Games 2011. Siswa kemudian mencoba untuk mengidentifikasi asal daerah  dan menyebutkan cirri-ciri hewan tersebut.
2.      Berpendapat
Siswa membaca teks bacaan tentang Komodo dan memberikan pendapatnya tentang bacaan tersebut. Siswa kemudian menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan teks bacaan tersebut.
3.      Berdiskusi
Siswa membaca teks bacaan tentang pengamalan Pancasila sila kedua. Siswa kemudian mendiskusikan keterkaitan pelestarian lingkungan dengan pengamalan sila kedua dari Pancasila besertadengan contohnya.
4.      Menggambar
Siswa mengingat pelajaran sebelumnya tentang banyaknya simetri putar. Siswa kemudian mencoba untuk menggambar hasil dari simetri putar dengan besar perputaran yang telah ditentukan.
5.      Bernyanyi
Siswa mempelajari sebuah lagu daerah yang berasal dari Nusa Tenggara Timur yang berjudul “Anak Kambing Saya”. Siswa kemudian mencoba untuk menyanyikannya dengan bersemangat.
6.      Permainan memindahkan cincin
Siswa membentuk dua barisan yang saling berhadapan, setiap pemain meletakkan pensil di mulut dengan menggunakan pensilnya masing-masing. Pemain pada barisan pertama meletakkan cincin pada pensilnya, kemudian memindahkan cincin tersebut kepada pemain kedua pada barisan masing-masing dengan cepat sampai kepada pemain terakhir. Pemenangnya adalah kelompok yang lebih cepat memindahkan cincin sampai kepada pemain terakhir.
E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan: Scientific
Metode: Ceramah, Pengamatan, Latihan, Permainan
F.     Media Alat dan Sumber Pembelajaran
1.      Media; Buku teks, Infokus
2.      Alat/Bahan; Perlengkapan sekolah/alat tulis siswa, Pensil, cincin
3.      Sumber Belajar; Buku guru dan siswa. (2014). Indahnya Negeriku, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
G.    Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa
10 Menit
Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar
Guru bertanya tentang pelajaran kemarin yang dipelajari
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
Inti
Siswa mengamati gambar hewan pada halaman 28 pada buku siswa.

Guru menstimulasi siswa untuk bertanya tentang nama hewan dan asal daerah hewan tersebut serta menyebutkan cirri-ciri hewan tersebut

Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang Komodo.

Siswa mencoba untuk memberikan pendapat terhadap informasi pada bacaan tersebut.
Siswa kemudian menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan bacaan tersebut.
Siswa membaca sebuah teks bacaan tentang pengalaman pancasila sila kedua.
Siswa kemudian mendiskusikan tentang pelestarian lingkungan yang merupakan pengalaman sila kedua pancasila serta contohnya.
Siswa diminta meminta mengingat kembali pelajaran sebelumnya tentang banyaknya simetri putar.
Siswa kemudian mencoba untuk menggambarkan hasil simetri putar yang besar perputarannya telah ditentukan.
Siswa mempelajari sebuah lagu daerah asal Nusa Tenggara Timur yang berjudul “Anak Kambing Saya”.
Siswa kemudian coba untuk menyanyikan lagu tersebut bersama-sama.
Siswa melakukan permainan memindahkan cincin dengan mengikuti langkah-langkah yang terdapat pada buku siswa halaman 31.
Siswa merangkum pelajaran selama satu hari dan menjawab soal-soal latihan yang terdapat pada halaman 32.
Penutup
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?

Guru menanyakan kepada siswa apa saja sikap-sikap terhadap ligkungan yang sesuai dengan pengalaman sila kedua dala pancasila
Guru menyapaikan pesan moral agar senantiasa cinta tanah air dan pedul lingkungan dalam kehidupan sehari-hari.


Guru mengapresiasi sikap kerja keras siswa yang ditunjukan dalam kegiatan berdiskusi, enggambar hasil simetri putar, bernyanyi dan bermain peran.


Guru mengucapkan salam dan doa penutup


H.    Penilaian Hasil Pembelajaran
1.       Penilaian Proses
Format Observasi Penilaian Proses
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai Akhir
Keterangan
Kerjasama
Tanggung Jawab
Percaya Diri
Presentasi Hasil Pengamatan
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1




















2




















3




















4




















5




















Keterangan :
a.        Kerjasama
·           Berinteraksi dengan semua anggota kelompok.
·           Mengikuti prosedur langkah-langkah permainan sesuai dengan petunjuk pada buku
·           Tidak membebankan tugas kepada salah satu anggota kelompok.
·           Tidak menyalahkan salah satu anggota apabila terjadi kesalahan.
b.        Tanggung Jawab
·           Melaksanakan tugas kelompok dengan baik.
·           Membantu anggota kelompok untuk dapat menyelesaikan tugas.
·           Terlibat dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
·           Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta.




c.         Percaya Diri
·           Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
·           Tidak canggung dalam bertindak.
·           Berani presentasi di depan kelas.
·           Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
d.        Presentasi Hasil Pengamatan
·           Mempresentasikan hasil pengamatan sesuai dengan data yang didapatkan.
·           Mempresentasikan hasil pengamatan dengan menggunakan bahasa yang baik dan suara yang jelas.
·           Menguasai materi dan dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi presentasi.
·           Presentasi menarik dan penuh percaya diri.
Penilaian
·           Nilai 4 diberikan kepada siswa yang melakukan semua indikator.
·           Nilai 3 diberikan kepada siswa yang melakukan 3 indikator.
·           Nilai 2 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 2 indikator.
·           Nilai 1 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 1 indikator.
Kriteria Penilaian
·         1– 4  = Sangat Kurang (SK)
·          5 -  8  = Kurang (K)
·          9 – 12 = Baik (B)
·         13- 16  = Amat Baik (AB)
Pedoman Penilaian          :                              Skor Maksimal       =          16


Nilai Akhir = x 100

 
 






2.      Penilaian unjuk kerja (Menggambar hasil simetri putar)
-          Nilai  4 di berikan kepada siswa apabila gambar seluruh nya benar.
-          Nilai 3 diberikan kepada siswa apabila gambar salah satu dari lima gambar.
-          Nilai 2  diberikan kepada siswa apabila gambar salah dua dari lima gambar.
-          Nilai 1 dberikan kepada siswa apabila gambar tidak ada yang benar.

3.       Penilaian unjuk kerja ( Bernyanyi)
-          Nilai 4 diberikan kepada siswa yang selalu mengerjakan tugas secara mandiri dan tidak mencontek.
-          Nilai 3 diberikan kepada siswa yang sering mengerjakan tugas secara mandiri dan tidak mencontek.
-          Nilai 2 diberikan kepada siswa yang kadang-kadang mengerjakan tugas secara mandiri dan kadang-kadang mencontek.
-          Nilai 1 diberikan kepada siswa yang melakukan plagiat (mengambil/menyalin karya orang lain tanpa menyebutkan sumber) dalam mengerjakan setiap tugas.
-           


Mahasiswa PPL



Wahyu Rosidin
NIM 130641073
 
Guru Kelas 4C
SDN 1 Tukmudal



NUNUNG NUR KCOTIMAH, S.Pd
 NIP.

 
Cirebon, 14 Januari 2017







Mengetahui;
Kepala Sekolah
SDN 1 Tukmudal



Abdul Fatah, S.Pd
NIP. 19670305 199203 1 009
 
 




No comments:

Post a Comment