RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SDN 1 TUKMUDAL
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semsester :
III (Tiga) / II (Dua)
Alokasi Waktu :
2x35menit
A. Standar Kompetensi
2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang.
B. Kompetensi Dasar
2.1 mengenal
jenis-jenis pekerjaan.
C. Indikator
2.1.1 Siswa dapat membedakan
jenis pekerjaan dibidang jasa dengan
pekerjaan yang menghasilkan barang.
2.1.2 Siswa dapat
menyebutkan 4 contoh pekerjaan dibidang jasa.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui kegiatan ceramah siswa dapat mengetahui jenis
pekerjaan dibidang jasa dengan baik.
2.
Melalui kegiatan pengamatan siswa dapat menceritakan
kembali jenis pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa dengan tepat.
3.
Melalui kegiatan tanya jawab siswa dapat membedakan
pekerjaan yang menghasilkan barang dan jasa dengan teliti.
Karakter yang
diharapkan: disiplin, Tanggungjawab, dan interaktif percaya diri.
E. Materi Ajar
1. Jenis-jenis Pekerjaan (Terlampir)
F. Pendekatan dan Metode
Pendekatan : Kontekstual
Metode : Ceramah, Tanya Jawab dan
Pengamatan
G. Sumber/Media Pembelajaran
1. Sumber Pembelajaran
a.
Buku paket (TIM BKG. (2012). Ilmu Pengetahuan Sosial untuk SD/MI Kelas III. Jakarta: Erlangga.
Halaman 91-99).
b.
Buku BSE (Setiawan Eko dan Suranti. (2009). Ilmu Pengetahuan Sosial 3 untuk SD/MI Kelas
II. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Halaman 70-73).
2. Media Pembelajaran
a.
Infokus
b.
Power Point
c.
Video jenis-jenis pekerjaan.
H. Langkah-langkah
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Awal
|
Guru memberikan salam dan mengajak siswa
untuk berdoa.
|
10 menit
|
Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar
dan mengabsen kehadiran siswa.
|
||
Guru bertanya tentang pelajaran kemarin
yang dipelajari dan memberikan apersepsi terhadap materi yang hari ini akan
dipelajari.
|
||
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
tentang jenis-jenis pekerjaan yang mengahsilkan barang dan jasa.
|
||
Inti
|
Eksplorasi
Guru menjelaskan jenis-jenis pekerjaan
|
45 menit
|
Guru menjelaskan materi yang akan
dipelajari hari ini yaitu tentang jenis-jenis pekerjaan yang mengahasilkan
barang
|
||
Guru menjelaskan materi yang akan
dipelajari hari ini yaitu tentang jenis-jenis pekerjaan yang mengahasilkan
jasa
|
||
|
Elaborasi
Guru mengajak siswa untuk mengamati video
yang diberikan oleh guru tentang jenis-jenis pekerjaan yang menghasilkan
barang dan jasa.
|
|
Guru meminta siswa untuk menceritakan
kembali tentang hasil pengamatannya tadi..
|
||
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
Tiap individu melaporkan hasil
diskusinya dengan bimbingan guru.
|
||
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa.
|
||
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
|
||
Penutup
|
Bersama siswa, guru membuat kesimpulan
mengenai materi yang telah dipelajari hari ini.
|
15
menit
|
Sebelum menutup pelajaran guru mengadakan
evaluasi
|
||
Guru menutup pelajaran dengan mengajak
siswa untuk berdoa.
|
I. Penilaian
Jenis Tes : Lisan dan Tertulis
Bentuk Tes :
Pilihan Ganda
Instrumen : Soal,
Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian
1. Penilaian
Proses
Format Observasi Penilaian Proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai Akhir
|
Keterangan
|
|||||||||||||||
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Interaktif
|
Percaya Diri
|
|||||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a.
Disiplin
·
Berinteraksi dengan semua anggota kelompok.
·
Mengikuti prosedur
langkah-langkah permainan sesuai dengan petunjuk pada buku
·
Tidak membebankan tugas
kepada salah satu anggota kelompok.
·
Tidak menyalahkan salah satu anggota apabila terjadi
kesalahan.
b.
Tanggung Jawab
·
Melaksanakan tugas kelompok dengan baik.
·
Membantu anggota kelompok untuk dapat menyelesaikan
tugas.
·
Terlibat dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
·
Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa
disuruh/diminta.
c.
Percaya Diri
·
Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
·
Tidak canggung dalam bertindak.
·
Berani presentasi di depan kelas.
·
Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
d.
Presentasi Hasil
Pengamatan
·
Mempresentasikan hasil pengamatan sesuai dengan data yang
didapatkan.
·
Mempresentasikan hasil pengamatan dengan menggunakan
bahasa yang baik dan suara yang jelas.
·
Menguasai materi dan dapat menjawab pertanyaan yang
berhubungan dengan materi presentasi.
·
Presentasi menarik dan penuh percaya diri.
Penilaian
·
Nilai 4 diberikan kepada siswa yang melakukan semua
indikator.
·
Nilai 3 diberikan kepada siswa yang melakukan 3
indikator.
·
Nilai 2 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 2 indikator.
·
Nilai 1 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 1
indikator.
Kriteria Penilaian
·
1– 4 = Sangat
Kurang (SK)
·
5 - 8 =
Kurang (K)
·
9 – 12 = Baik (B)
·
13- 16 = Amat Baik
(AB)
Pedoman Penilaian : Skor
Maksimal = 16
|
|
|
|
Lampiran:
Bahan Ajar

![]() |
Manusia
bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Setelah bekerja akan menerima upah atau
gaji. Upah atau gaji yang diterima berbentuk uang. Ada juga yang hasilnya
berbentuk barang. Contohnya petani berupa hasil panen. Para pengrajin berupa
barang kerajinan. Barang-barang tersebut akan dijual. Uang hasil penjualan
digunakan untuk membeli kebutuhan sehari-hari. Adakalanya orang bekerja mencari
kepuasan. Misalnya seorang pelukis. Ia merasa bahagia bila berhasil
menyelesaikan lukisannya.
Pekerjaan di masyarakat
ada yang menghasilkan barang, selain itu, ada juga pekerjaan yang menghasilkan
jasa. Pekerjaan yang menghasilkan barang disebut produksi. Contoh pekerjaan
dibidang produksi adalah pedagang, perajin, petani, nelayan, peternak dan
lain-lain. Contoh pekerjaan yang menghasilkan jasa adalah penjahit, guru,
dokter, perawat, sopir dan lain-lain.
Jenis pekerjaan di masyarakat juga bergantung
pada tempat tinggal seseorang. Diperkotaan terdapat banyak kantor perusahaan
dan pabrik. Oleh karena itu banyak orang di perkotaan bekerja sebagai karyawan,
buruh, akuntan, pengacara dan sebagainya. Dipedesaan banyak orang yang bekerja
sebagai petani, pedagang, peternak dan perajin.
A. Jenis Pekerjaan
disekitar kita
Perhatikan kegiata
ekonomi disekitarmu! Banyak sekali jenis pekerjaan yang ada. Marilah mengenal
jenis pekerjaan yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.
1.
Petani

Petani bekerja bercocok tanam.
Mereka mengahasilkan berbagai
bahan pangan. Contohnya padi,
jagung, kedelai,sayuran dan buah.
Sebagian besar penduduk Indonesia
bekerja sebagai petani. Negara
Indonesia disebut Negara agraris.
|

2.
Nelayan
Nelayan bekerja mencari ikan dilaut,
mereka memperoleh penghasilan
dengan menjual hasil
tangkapannya. Pekerjaan nelayan
banyak dilakukan penduduk
tepi pantai. Nelayan setiap hari
ke laut mencari ikan.
|
3.
Peternak

4.
Pengrajin
Pekerjaan pengrajin
mengubah bahan
baku menjadi barang jadi.
Contohnya
pengrajin sepatu, mebel, alat-alat
rumah tangga, gerabah, dan
lain-lain.
|
5.
Buruh

Buruh bekerja dengan
menjual
jasanya pada orang lain.
Sebagai
imbalan atas jasanya, ia
mendapatkan
upah atau gaji. Contohnya buruh di
proyek pembangunan.
|
6.
Sopir atau pengemudi

7.
Teknisi
Teknisi bekerja
memperbaiki
barang-barang elektronik.
Contohnya radio, lemari
es, televisi,
mesin cuci, dan lain-lain.
|
8.
Karyawan

Karyawan adalah orang yang
bekerja di kantor instansi
atau
perusahaan swasta. Mereka
bertugas menyelesaikan
kegiatan
administrasi. Karyawan
mendapat
imbalan berupa gaji.
|
9.
Pegawai
negeri

Mereka bekerja di sebuah
instansi
pemerintah. Contohnya
guru,
pegawai kantor kecamatan,
dokter,
dan lain-lain.
|
10.
TNI/ABRI

Mereka bekerja pada
pemerintah.
Mereka mendapatkan gaji
dari
pemerintah.Tugas mereka
menjaga
keamanan bangsa dan
negara dari serangan
dalam dan luar negeri
yang ingin menghancurkan
NKRI.
|

11. Pedangang
Pedagang
adalah orang pekerjaannya
menjual
barang-barang dagangan
di
pasar, toko, warung atau bisa
juga
dengan cara berkeliling.
|

NAMA :
…………………………………….
KELAS :
…………………………………….
A.
PILIHLAH JAWABAN YANG TEPAT !
1.
Jenis pekerjaan berikut yang termasuk pekerjaan yang
menghasilkan barang adalah . . .
a.
Guru dan dokter c. petani dan nelayan
b.
Polisi dan tentara d.
perawat dan sopir
2.
Setiap orang memiliki berbagai kebutuhan hidup, untuk
memenuhi kebutuhan hidup orang harus bekerja. Dengan bekerja orang akan dapat .
. .
a.
Hadiah c.
Pujian
b.
Pekerjaan d.
penghasilan
3.
Ayah intan adalah seorang guru. Seorang guru bekerja
dibidang . . .
a.
Kebudayaan c.
Pendidikan
b.
Kesehatan d.
Pertanian
4.
Pekerjaan yang memberikan pelayanan jasa adalah . . .
a.
Guru dan Pengrajin c.
Petani dan Tentara
b.
Peternak dan Penjahit d.
Perawat dan Sopir
5.
Santi bertugas melayani penumpang pesawat terbang. Nama
pekerjaan santi adalah . . .
a.
Pramusaji c.
Pramuwisma
b.
Pramugari d.
Peragawati
6.
Indonesia mendapat julukan sebagai Negara agraris karena
sebagian besar penduduknya bekerja sebagai . . .
a.
Nelayan c.
Wiraswasta
b.
Petani d.
Pengrajin
7.
Petani garam dilakukan penduduk yang tinggal di . . .
a.
Pegunungan c. Dataran Rendah
b.
Pantai d.
Sungai
8.
Orang yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan sendiri
disebut…
a.
Wiraswastawan c.
Karyawan
b.
Pegawai negeri d.
Guru
9.
Pada umumnya orang yang tinggal di daerah pantai bekerja
sebagai. . .
a.
Nelayan c.
Pedagang
b.
Penjaga Keamanan d.
Teknisi
10.
Orang yang bertugas membenarkan barang yang rusak seperti
televise, mesin cuci, kipas biasanya disebut sebagai . . .
a.
Guru c.
Nelayan
b.
Petani d.
Teknisi
B.
Kerjakan Soal-soal berikut sesuai Perintah!
1.
Tuliskan 5 (lima) contoh hasil pertanian!
2.
Tuliskan 5 (lima) contoh pekerjaan penghasil jasa!
3.
Mengapa orang harus bekerja?
4.
Tuliskan apa yang dihasilkan oleh:
a.
Peternak b.
Petani c. Nelayan
5.
Sebutkan lima contoh pekerjaan penghasil barang!
Kunci Jawaban
A.
Pilihan Ganda
1.
C (petani dan nelayan)
2.
D (Penghasilan)
3.
C (Pendidikan)
4.
A (Guru dan Pengrajin)
5.
B (Pramugari)
6.
B (Petani)
7.
B (Pantai)
8.
A (Wiraswastawan)
9.
A (Nelayan)
10.
D (Teknisi)
boleh minta soft copy ny g mas? kalo blh kirim ke email inddahchan1986@gmail.com makasih banyak
ReplyDelete