RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 1 TUKMUDAL
Kelas/Semsester : I (Satu) / II (Dua)
Tema : Pengalamanku
Subtema :
Pengalaman di sekolah
Pembelajaran ke : I (Satu)
Alokasi Waktu : 4 x 35 menit (1 x pertemuan)
A.
KOMPTENSI INTI (KI)
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.1 Mengenal
teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda,
serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk
membantu
pemahaman.
pemahaman.
4.1 Mengamati dan menirukan teks deskriptif
tentang anggota tubuh dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara
mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata
bahasa daerah untuk membantu penyajian.
Indikator:
1.
Membaca teks peristiwa
tentang menanam jagung.
2.
Membuat kalimat
dari kata yang ada pada teks bacaan.
3.
Mengidentifikasi
teks lagu menanam jagung.
4.
Mempraktikkan
langkah-langkah menanam jagung seperti ada teks lagu.
PKN
3.1
Mengenal tata
tertib dan aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dan
sekolah.
4.2
Melaksanakan tata tertib di rumah
dan sekolah.
Indikator:
1.
Menjelaskan
deskripsi tugas piket merawat tanaman.
2.
Melaksanakan
tugas piket merawat tanaman.
SBDP
3.2
Mengenal pola
irama lagu bervariasi menggunakan alat music ritmis.
4.8 Memainkan pola irama lagu bertanda birama
dua dan tiga dengan
music ritmis.
Indikator:
1.
Mengidentifikasi
pola irama lagu menggunakan alat musik ritmis.
2.
Memainkan pola
irama lagu menggunakan alat musik ritmis.
C.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan mengamati
gambar, siswa dapat membaca teks dengan percaya diri.
2.
Dengan membaca
teks, siswa dapat menjelaskan arti kosa kata baru dengan percaya diri.
3.
Dengan melakukan
permainan siswa dapat membuat kalimat dari kata-kata yang dipilih dengan benar.
4.
Dengan membaca
teks lagu, siswa dapat menjelaskan arti kosa kata baru dengan santun.
5.
Dengan mengamati
contoh dari guru, siswa dapat mengidentifikasi pola irama lagu menggunakan alat
music ritmis dengan tepat.
6.
Dengan
mengidentifikasi pola irama lagu, siswa dapat memainkan pola irama lagu
menggunakan alat musik ritmis dengan tepat
7.
Dengan
berdisikusi siswa dapat bekerjasama dalam membuat piket merawat tanaman dengan
tertib.
8.
Dengan memahami
isi lagu, siswa dapat mempraktikan cara menanam jagung dengan benar.
D.
Materi Ajar
1.
Menanam Tanaman
E.
Sumber dan Media Pembelajaran
1.
Sumber:
a.
Buku guru.
(2014). Pengalamanku Edisi Revisi. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman 63-67.
b.
buku siswa.
(2014). Pengalamanku Edisi Revisi. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman 62-68
2.
Media:
a.
Bola Kertas
b.
Garu kecil
c.
Bibit kacang
hijau.
F.
Metode Pembelajaran
Pendekatan:
Scientific
Metode:
Ceramah, Pengamatan, Diskusi, Penugasan.
G.
Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.
|
10
Menit
|
Guru
mengkondisikan siswa agar siap belajar kemudian mengabsen kehadiran siswa.
|
||
Guru
bertanya tentang pelajaran kemarin yang dipelajari.
|
||
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan ruang lingkup materi yang akan
dipelajari tentang menanam tanaman, pola irama lagu dan kosakata.
|
||
Inti
|
Guru bercerita tentang pengalamannya tentang
bercocok tanam.
|
115menit
|
Guru bertanya
kepada siswa tentang siapa yang pernah melakukan kegiatan bercocok tanam.
|
||
Guru menjelaskan mengenai bercocok tanam.
|
||
|
Setelah guru menjelaskan tentang bercocok tanam
guru meminta siswa untuk mengamati gambar yang ada pada buku siswa tentang
menanam jagung.
|
|
|
Siswa diminta untuk mengajukan pertanyaan tentang
isi gambar dengan panduan pertanyaan-pertanyaan dari guru.
|
|
|
Siswa membaca teks bacaan perkalimat secara bergantian
|
|
|
Siswa dan guru mendiskusikan kata-kata baru yang
belum dimengerti.
|
|
|
Setelah siswa selesai berdiskusi siswa membuat kalimat
dari kata yang ada di dalam bacaan dengan permainan lembar bola
a. Siswa
duduk di tempatnya masing-masing.
b. Seorang
siswa menangkap bola yang dilempar guru.
c. Siswa
yang menangkap bola membuat kalimat dengan kata-kata yang dipilih secara
lisan.
d. Siswa yang telah membuat kalimat
melemparkan bola pada siswa lainnya.
e. Siswa yang mendapatkan bola
membuat
kalimat dari kata-kata yang dipilih lainnya.
f. Begitu seterusnya.
|
|
|
Setelah kegiatan di
atas siswa menjawab
pertanyaan berdasarkan teks bacaan yang ada pada buku siswa. |
|
|
Selanjutnya
siswa dikenalkan dengan teks lagu menanam jagung.
|
|
|
Siswa
mengikuti guru saat menyanyikan lagu menanam jagung.
|
|
|
Siswa
dibimbing guru untuk memainkan pola irama lagu dengan memukulkan tangan ke
meja.
|
|
|
Siswa
menyanyikan lagu menanam jagung
secara berkelompok. Siswa lainnya mengiringi dengan memukulkan tangan ke meja sehingga menghasilkan ketukan sesuai irama lagu. |
|
|
Siswa
mengajukan pertanyaan tentang lagu dan cara menanam jagung
|
|
|
Siswa
diajak berdiskusi tentang langkah-langkah kegiatan menanam jagung seperti
yang ada pada lagu. Alat dan bahan yang dibutuhkan. Juga sikapsikap yang
diperlukan dalam merawat tanaman.
|
|
|
Siswa
melakukan kegiatan menanam jagung di kebun sekolah. Jika sekolah tidak
memiliki kebun proses menanam dapat menggunakan media lain seperti pot atau
kaleng bekas.
|
|
|
Setelah melakukan kegiatan menanam jagung selesai,
siswa mendiskusikan
petugas piket untuk merawat tanaman. |
|
Penutup
|
Guru
menutup kegiatan dengan menanyakan kepada siswa kegiatan apa saja yang
dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
|
15menit
|
Guru
mengapresiasi sikap kerja keras siswa yang ditunjukan dalam kegiatan
berdiskusi, pengamatan dan menceritakan.
|
||
Guru
membuat evaluasi pembelajaran.
|
||
Guru
menutup pelajaran dengan sama sama berdo’a
|
H.
Penilaian Hasil Pembelajaran
a.
Jenis
Tes : Lisan dan Tertulis
b.
Bentuk
Tes : Jawaban Singkat
c.
Instrument : Soal, Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian
1. Penilaian
Sikap
Format Observasi Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Aspek yang
dinilai
|
Jumlah
skor
|
Ket.
|
|||||||||||
Percaya diri
|
Santun
|
Bekerja sama
|
|||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
a.
Percaya Diri
·
Berpendapat atau
melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
·
Tidak canggung
dalam bertindak.
·
Berani
presentasi di depan kelas.
·
Berani
berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
b.
Santun
·
Mempresentasikan
hasil pengamatan sesuai dengan data yang didapatkan dengan menggunakan yang
baik dan mudah dimengerti.
·
Mempresentasikan
hasil pengamatan dengan menggunakan suara yang jelas.
·
Menguasai materi
dan dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi presentasi.
·
Meminta ijin
dalam setiap melakukan kegiatan seperti bertanya, dan menjawab.
c.
Bekerja sama
·
Berinteraksi
dengan semua anggota kelompok.
·
Mengikuti prosedur langkah-langkah permainan sesuai
dengan petunjuk pada buku
·
Tidak membebankan tugas kepada salah satu anggota kelompok.
·
Tidak
menyalahkan salah satu anggota apabila terjadi kesalahan.
Penilaian
·
Nilai 4
diberikan kepada siswa yang melakukan semua indikator.
·
Nilai 3
diberikan kepada siswa yang melakukan 3 indikator.
·
Nilai 2
diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 2 indikator.
·
Nilai 1
diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 1 indikator.
Kriteria
Penilaian
·
1– 4 = Sangat Kurang (SK)
·
5 -
8 = Kurang (K)
·
9 – 12 = Baik (B)
·
13- 16 = Amat Baik (AB)
Pedoman Penilaian : Skor Maksimal = 16
Nilai Akhir =
x 100
|
Keterangan Skor
·
BT : Belum
Terlihat
·
MT : Mulai
Terlihat
·
MB : Mulai
Berkembang
·
SM : Sudah
Membudaya
2.
Penilaian Pengetahuan
-
Tes tertulis (di
buku siswa)
3.
Penilaian Keterampilan
a.
Unjuk kerja membuat
kalimat secara lisan
Rubrik kegiatan membuat kalimat secara lisan.
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
1
|
Membuat
Kalimat
|
Siswa dapat membuat
kalimat dari kata kata sulit atau yang dipilih dengan lengkap (S-P-O) secara
mandiri.
|
Siswa dapat
membuat kalimat dari kata-kata sulit atau yang dipilih tetapi belum lengkap secara mandiri |
Siswa
memerlukan bantuan dalam membuat kalimat |
Siswa belum
dapat membuat kalimat |
2
|
Jumlah kata
|
Empat kata
atau lebih |
Tiga kata
|
dua kata
|
Belum berani
bercerita
|
b.
Unjuk kerja
piket merawat tanaman.
Rubrik kegiatan piket merawat tanaman.
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
1
|
Partisipasi
|
Siswa terlibat
aktif dalam melaksanakan tugas piketnya secara mandiri. |
Siswa sering
terlibat aktif dalam melaksanakan tugas piketnya secara mandiri |
Siswa selalu
diingatkan dalam melaksanakan tugas piketnya |
Siswa tidak
mau atau tidak melaksanakan tugas piketnya |
2
|
Kerjasama
|
Siswa memiliki
inisiatif untuk membantu atau mengingatkan temannya dalam melaksanakan piket |
Siswa kadang-kadang
memiliki inisiatif untuk membantu atau mengingatkan temannya dalam melaksanakan piket |
Siswa perlu
diingatkan untuk membantu teman dalam melaksanakan tugas piket |
Tidak mau
membantu teman dalam melaksanakan tugas piket |
3
|
Pencatatan
pertumbuhan tanaman |
Setiap
piket selalu menuliskan hasil pengamatan tumbuhan pada lembar pengamatan secara mandiri |
Saat piket
kadangkadang perlu diingatkan untuk menuliskan hasil pengamatan tumbuhan pada lembar pengamatan secara mandiri |
Memerlukan
bantuan dalam menuliskan hasil pengamatan tumbuhan pada lembar pengamatan |
Setiap piket
selalu tidak menuliskan hasil pengamatannya pada lembar pengamatan |
Mahasiswa PPL
Wahyu Rosidin
NIM 130641073
|
Guru Kelas I
SDN 1 Tukmudal
EEM
EMAH, S.Pd.SD
NIP.19700724
200801 2 003
|
Mengetahui;
Kepala Sekolah
SDN 1 Tukmudal
Abdul Fatah, S.Pd
NIP. 19670305 199203 1 009
|
Lampiran
Bahan ajar
Beni senang datang ke sekolah. Banyak pengalaman yang didapa
disekolah, ada yang menyenangkan, seru, mengasyikan, mengesalkn dan
menyedihkan.
Disekolah, beni mempunyai banyak teaman, juga guru-guru yang
baik.
Mereka suka menolong dan suka berbagi.
Setelah ini, beni akan menceritakan pengalamannya. Pengalaman
apa yang kamu dapat disekolahmu?
Bacalah teks di bawah ini.
Suatu hari, semua anak bergembira. Mereka akan menanam
jagung. Mereka menana jagung dikebun sekolah. Ibu guru memimpin siswa-siswi ke
kebun. Tiap siswa mendapat benih jagung. Siswa membuat lubang di tanah. Benih
jagung dimasukkan ke dalam lubang. Benih jagung ditutup dengan tanah.
Di hari lain, aku dan teman-temanku bermain musik bersama.
Bermain musik bisa dengan menggunakan tangan.
Kita akan memainkan pola irama lagu menanm jagung.
Pukulkan tanganmu ke atas meja dengan perlahan.
Ikuti aba-aba gurumu.
Menanam Jagung
2/4 Ibu
Sud
Ayo
kawan kita bersama
Menanam
jagung dikebun kita
Ambil
cangkulmu ambil pangkurmu
Kita
bekerja tak jemu-jemu
Cangkul
cangkul cangkul yang dalam
Tannah
yang longgar jagung ku tanam
Beri
pupuk supaya subur
Tanamkan
benih dengan teratur
Jagungnya
besar lebat buahnya
Tentu
berguna bagi semua
Cangkul
cangkul aku gembira
Menanam
jagung dikebun kita.
Lembar Kerja Siswa
Nama : ………………………
Kelas : ………………………
TULISLAH JAWABAN PERTANYAAN BERDASARKAN
TEKS BACAAN!
1.
Mengapa semua anak bergembira? …………………………………………..
2.
Dimana mereka akan menanam jagung? ……………………………………..
3.
Siapa yang memimpin siswa-siswi? ………………………………………….
4.
Dimana benih jagung dimasukkan? ………………………………………….
5.
Apa yang dilakukan setelah benih jagung dimasukan ……………………….
AYO BERLATIH MENGGUNAKAN BERMACAM-MACAM KATA.
TULISLAH KALIMAT DENGAN MENGGUNAKAN KATA-KATA BERIKUT!
1.
JAGUNG
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
2.
PUPUK
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
3.
BENIH
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
4.
KEBUN
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
5.
SUBUR
………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
BUATLAH DAFTAR PIKET MERAWAT TANAMAN JAGUNG DENGAN
MENULISKAN NAMA-NAMA SISWA
DAFTAR PIKET MERAWAT TANAMAN
HARI
|
MENYIRAM
TANAMAN
|
MENYIANGI
RUMPUT
|
MEMUPUK
|
Senin
|
1.
2.
3.
4.
|
1.
2.
3.
4.
|
1.
2.
3.
4.
|
Selasa
|
1.
2.
3.
4.
|
1.
2.
3.
4.
|
1.
2.
3.
4.
|
Rabu
|
1.
2.
3.
4.
|
1.
2.
3.
4.
|
1.
2.
3.
4.
|
Kamis
|
1.
2.
3.
4.
|
1.
2.
3.
4.
|
1.
2.
3.
4.
|
Jum’at
|
1.
2.
3.
4.
|
1.
2.
3.
4.
|
1.
2.
3.
4.
|
Sabtu
|
1.
2.
3.
4.
|
1.
2.
3.
4.
|
1.
2.
3.
4.
|
Kunci Jawaban
1.
Karena Akan
Menanam Jagung
2.
Halaman Sekolah
3.
Ibu Guru
4.
Ditanah
5.
Merawat, Memupuk
dan Menyiram.
No comments:
Post a Comment