RPP KELAS V SEMESTER 2 PELAJARAN MATEMATIKA BILANGAN




RPP KTSP
MATAPELAJARAN MATEMATIKA
KELAS V SEMESTER 2



LAPORAN
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas PPL
Guru Pamong: Hj. Ainun Jariyah, S.Pd. SD


index.jpg


Disusun Oleh:
Nama      : Wahyu Rosidin
NIM        : 130641073


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SDN 1 TUKMUDAL
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/Semsester          : V (Lima) / II (Dua)
Alokasi Waktu            : 2x35menit


A.    Standar Kompetensi
5.   Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah.
B.     Kompetensi Dasar
5.1 Mengubah pecahan ke bentuk persen dan decimal serta sebaliknya
C.    Indikator
5.1.1 Siswa dapat mengubah pecahan biasa menjadi pecahan decimal dan
   Sebaliknya.
5.1.2 Siswa dapat mengubah pecahan biasa menjadi persen dan
         sebaliknya.
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengubah pecahan biasa menjadi pecahan desimal dengan baik.
2.      Siswa dapat mengubah pecahan decimal menjadi pecahan biasa dengan tepat.
3.      Siswa dapat mengubah pecahan biasa menjadi persen dengan benar.
4.      Siswa dapat mengubah persen menjadi pecahan biasa dengan tepat.
Karakter yang diharapkan: disiplin, Tanggungjawab, dan interaktif percaya diri.




E.     Materi Ajar
1.     Mengubah Bentuk Pecahan
a.     Mengubah pecahan biasa menjadi pecahan decimal dan sebaliknya.
1)      Pecahan biasa menjadi pecahan decimal.
Mengubah pecahan biasa ke dalam bilangan desimal dapat
dilakukan dengan dua cara berikut.
a)      Capture.PNGDengan cara dibagi (bagi kurung). Ingat, bahwa (per = bagi).
Jadi, untuk mengubah pecahan menjadi desimal dengan jalan
pembilang dibagi penyebut.





Cara mb) cara mengubah pecahan biasa menjadi pecahan decimal yaitu dengan mengubah penyebut pecahan menjadi 10, 100, 1.000 atau seterusnya.
Contoh:
a)      ­3 = 3 x 2 = 6 = 0,6 (pembilang dan penyebut dikali 2)
5    5 x 2    10
b)      1 = 1 x 25 = 25 = 0,25 (pembilang dan penyebut dikali 25)
4    4 x 25    100



2)      Pecahan decimal menjadi pecahan biasa.
Cara mengubah pecahan decimal menjadi pecahan biasa, yaitu mengubah pecahan decimal menjadi pecahan dengan penyebut 10, 100, 1.000, atau seterusnya, dengan aturan sebagai berikut:
-          Pecahan dengan 1 angka dibelakang koma dijadikan pecahan dengan penyebut 10.
-          Pecahan dengan 2 angka dibelakang koma dijadikan pecahan dengan penyebut 100.
-          Pecahan dengan 3 angka dibelakang koma dijadikan pecahan dengan penyebut 1000 dan seterusnya.
-          Lalu sederhanakan pecahan kebentuk paling sederhana.
Contoh:
a)      0,75 = 75 = 75 : 25 = 3 (pembilang dan penyebut dibagi 25)
          100  100 : 25    4
b)      0,625 = 625 = 625 : 125 = 5 (pembilang dan penyebut
1000Capture 2.PNG   1000:125     8  dibagi 125)












b.    Mengubah pecahan biasa menjadi persen dan sebaliknya
1)      Pecahan biasa menjadi persen
Pernahkah kamu mendengar kata persen? Dalam kehidupan
sehari-hari kita sering mendengar dan menemukan istilah persen,
misalnya koperasi menetapkan bunga pinjamannya sebesar 2 persen
(2 %). Belanja di Toko Murah selalu memberikan diskon sebesar 10
persen (10 %), dan lain-lain.Persen sebenarnya merupakan bilangan pecahan (bilangan yangmemiliki pembilang dan penyebut). Persen dilambangkan dengan %
Capture 3.PNG







Capture 4.PNG

Cara



mengubah bentuk pecahan biasa kebentuk persen yaitu dengan mebgubah penyebut pecahan menjadi 100
Contoh:
a)      1 = 1 x 50 = 50 = 50%   (pembilang dan penyebut dikali 50)
2         2 x 50   100
b)      3 = 3 x 25 = 75 = 70%   (pembilang dan penyebut dikali 75)
4        4 x 25   100
2)      Persen menjadi pecahan biasa
Cara mengubah bentuk persen ke bentuk pecahan biasa, yaitu mengubah bentuk persen menjadi pecahan berpenyebut 100, kemudian disederhanakan. Contoh;
1.      25% = 25 = 25 : 25 = 1 (pembilang dan penyebut dibagi 25)
          100  100 : 25    4
2.      40% = 40 = 40 : 20 = 2 (pembilang dan penyebut dibagi 20)
          100  100 : 20    5
3.      72% = 72 = 72 : 4 = 18 (pembilang dan penyebut dibagi 4)
          100  100 : 4    25
F.     Pendekatan dan Metode
Pendekatan     : Kontekstual
Metode            : Ceramah, Tanya Jawab dan Penugasan
G.    Langkah-langkah
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Awal
Guru mengkondisikan siswa dilanjut mengabsen siswa.
5 menit
Guru memberikan apersepsi kepada anak-anak dengan memberikan beberapa pertanyaan.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Inti
Eksplorasi
Guru menjelaskan apa itu pecahan biasa, pecahan decimal.
60menit

Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari hari ini yaitu tentang cara mengubah bentuk pecahan.


Guru menjelaskan cara mengubah bentuk pecahan biasa menjadi pecahan decimal dan sebaliknya.


Guru menjelaskan cara mengubahan pecahan biasa menjadi persen dan sebaliknya.


Elaborasi
Guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok.


Setalah kelompok terbagi secara heterogon kemudian guru memberikan lebar kerja siswa.


Siswa dengan teman sekelompoknya membahas soal yang telah diberikan oleh guru.


Selama pembahasan soal guru berkeliling atau memantau kinerja siswa.


Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
Tiap kelompok melaporkan hasil diskusinya dengan bimbingan guru.


Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.


Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

Penutup
Bersama siswa, guru membuat kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari hari ini.
5menit
Sebelum menutup pelajaran guru memberikan nasihat agar dipelajari lagi di rumah materi yang sudah dipelajari.
Guru menutup pelajaran dengan mengajak siswa untuk berdoa.

H.    Sumber/Bahan Ajar
1.      Buku paket (Gunanto dan Adhalia Dhesy. (2015). Matematika untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Erlangga.)
2.      Buku BSE (Saepudin Aep, dkk. (2009). Gemar Belajar Matematika untuk SD/MI Kelas V. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
I.       Penilaian
Prosedur penilaian    :  Tes Proses dan Tes akhir
Jenis penilaian           :  Tes Tertulis
Alat tes                       :  Soal-soal
Bentuk Tes                 :  Pilihan ganda dan Essay

1.      Penilaian Proses
Format Observasi Penilaian Proses
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai Akhir
Keterangan
Disiplin
Tanggung Jawab
Interaktif
Percaya Diri
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1




















2




















3




















4




















5




















Keterangan :
a.        Disiplin
·           Berinteraksi dengan semua anggota kelompok.
·           Mengikuti prosedur langkah-langkah permainan sesuai dengan petunjuk pada buku
·           Tidak membebankan tugas kepada salah satu anggota kelompok.
·           Tidak menyalahkan salah satu anggota apabila terjadi kesalahan.
b.        Tanggung Jawab
·           Melaksanakan tugas kelompok dengan baik.
·           Membantu anggota kelompok untuk dapat menyelesaikan tugas.
·           Terlibat dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
·           Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta.
c.         Percaya Diri
·           Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
·           Tidak canggung dalam bertindak.
·           Berani presentasi di depan kelas.
·           Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
d.        Presentasi Hasil Pengamatan
·           Mempresentasikan hasil pengamatan sesuai dengan data yang didapatkan.
·           Mempresentasikan hasil pengamatan dengan menggunakan bahasa yang baik dan suara yang jelas.
·           Menguasai materi dan dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi presentasi.
·           Presentasi menarik dan penuh percaya diri.
Penilaian
·           Nilai 4 diberikan kepada siswa yang melakukan semua indikator.
·           Nilai 3 diberikan kepada siswa yang melakukan 3 indikator.
·           Nilai 2 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 2 indikator.
·           Nilai 1 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 1 indikator.
Kriteria Penilaian
·         1– 4  = Sangat Kurang (SK)
·          5 -  8  = Kurang (K)
·          9 – 12 = Baik (B)
·         13- 16  = Amat Baik (AB)
Pedoman Penilaian          :                              Skor Maksimal       =          16


Nilai Akhir = x 100

 
 










2.    Penilaian Akhir
a.   
1
4
 
Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberikan tanda silang (x) pada huruf A, B, C dan D!
1.    Bilangan    jika diubah menjadi bilangan decimal adalah . . .
a.     0,5           c. 0,25
b.   
2
4
 
0,4           d. 0,52
2.    Pecahan    jika diubah menjadi bentuk persen adalah . . .
a.     20%         c. 40%
b.    30%         d. 50%
3.   
2
4
 
1
2
 
0,75 jika diubah menjadi pecahan biasa adalah …
a.     .                c.





1
4
 

3
4
 
 
b.    .                d.

4.   
2
4
 
1
2
 
50 % jika diubah menjadi pecahan biasa adalah . . .
a.     .                    c.





1
4
 

3
4
 
 
b.    .                    d.

5.   
2
4
 
1
2
 
80 % jika diubah menjadi pecahan biasa adalah . . .
b.     .                    c.





1
4
 

4
5
 
 
c.     .                    d.



b.    Ayo kerjakan soal-soal berikut dengan benar!
1.   
 9
10
 
1
2
 
Tentukan bentuk decimal dari pecahan berikut.
a.     .                   c.






3
4
 


 9
20
 

 
b.    .           d.

2.    Tentukan pecahan biasa dari bentuk decimal berikut.
a.     0,6       c. 0,45
b.    0,8       d. 0,70

3.    Tentukan bentuk pecahan paling sederhana dari bentuk persen berikut.
a.     25%    c. 65%
b.    40%    d. 72%

4.    Tentukan bentuk persen dari pecahan berikut.





1
4
 


 8
10
 

 
a.     .           c.





2
5
 


11
20
 

 
b.    .           d. 







5.    Lengkapilah tabel berikut dengan bentuk pecahan biasa, decimal dan persen yang sesuai.
Pecahan biasa
Decimal
Persen
2
5
. . .
0,6
65%
0,8
1
4



















KUNCI JAWABAN!!!
1.     C (0,25)
2.     D (50%)
3.     D (3)
     4
4.     A (1)
     2
5.     D (4)
     5























Mahasiswa PPL



Wahyu Rosidin
NIM 130641073
 
Guru Kelas 5C
SDN 1 Tukmudal



Ellysa, S.Pd. SD
NIP.19691215 200604 2 012

 
Cirebon, 16 Januari 2017







Mengetahui;
Kepala Sekolah
SDN 1 Tukmudal



Abdul Fatah, S.Pd
NIP. 19670305 199203 1 009
 
 




No comments:

Post a Comment