RPP KELAS 1 SEMESTER 2 SUB TEMA 1 PEMBELAJARAN 2




RPP KURIKULUM 2013
KELAS I SEMESTER 2
TEMA PENGLAMANKU
SUBTEMA I PENGALAMAN BERSAMA TEMAN
PEMBELAJARAN 2



LAPORAN
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas PPL
Guru Pamong: Hj. Ainun Jariyah, S.Pd. SD




Disusun Oleh:
Nama      : Wahyu Rosidin
NIM        : 130641073


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SDN 1 TUKMUDAL
Kelas/Semsester          : I (Satu) / II (Dua)
Tema                           : Pengalamanku
Subtema                      : Pengalaman Bersana Teman
Pembelajaran ke          : II (Dua)
Alokasi Waktu            : 2x35menit


A.    KOMPTENSI INTI (KI)
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.1     Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat di isi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.


4.1   Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
         Indikator:
1.      Membaca teks tentang benda yang bisa berfungsi sebagai alat musik.
2.      Menceritakan kembali kegiatan bermain musik dengan menggunakan gelas secara lisan.

MATEMATIKA
3.1        Mengenal lambang bilangan dan mendeskripsikan kemunculan bilangan dengan bahasa yang sederhana.
3.4        Menunjukan pemahaman tentang besaran dengan menghitung maju sampai 100 dan mundur dari 20.
4.1    Mengurai sebuah bilangan asli sampai dengan 99 sebagai hasil
penjumlahan  atau pengurangan dua buah bilangan asli lainnya
dengan berbagai kemungkinan jawaban.
Indikator:
1.      Menuliskan lambang bilangan yang merupakan jawaban dari suatu masalah pengurangan dengan tepat.
2.      Membilang angka dengan cara menghitung mundur dari yang paling besar ke yang paling kecil.
3.      Memecahkan soal pengurangan 21-40 dengan cara mengitung mundur.
C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan membaca wacana siswa dapat mempraktikan kegiatan bermain music gelas dengan percaya diri.
2.      Dengan bermain musik gelas, siswa dapat menceritakan kembali secara lisan dengan lancar.
3.      Dengan bermain siswa dapat membilang mundur dari yang besar ke kecil secara tepat.
4.      Dengan bermain garis bilangan sepanjang 21 sampai 40, siswa dapat melakukan pengurangan dengan cara hitung mundur dengan tepat.
5.      Setelah bermain garis bilangan, siswa dapat menulis lambang bilangan dengan tepat.
D.    Materi Ajar
1.      Garis bilangan dan Bermain music gelas terlampir.
E.     Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Sumber:
a.       Buku guru. (2014). Pengalamanku Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman 39-42.
b.      buku siswa. (2014). Pengalamanku Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman 38-40
c.       lingkungan dan teman sekelas.
2.      Media:
a.       Botol kaca (yang telah dibawa dari rumah pada pertemuan sebelumnya).
b.      Garis bilangan dari 1 sampai dengan 40. 

F.     Metode Pembelajaran
Pendekatan: Scientific
Metode: Ceramah, Pengamatan, Latihan, Permainan

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa
10 Menit
Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar kemudian mengabsen kehadiran siswa
Guru bertanya tentang pelajaran kemarin yang dipelajari
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari tentang bermaian musik dengan menggunakan gelas dan menghitung dari terbesar ke terkecil dengan menggunakan garis bilangan
Inti
Guru menjelaskan tentang garis bilangan.
45menit
Guru mengajak siswa bermain dengan garis bilangan 1-40.
Guru membagi siswa menjadi 4 kelompok untuk berlomba lompat mundur.

Siapkan garis bilangan untuk masing-masing kelompok dan letakkan didepan barisan anggota kelompok

Guru menyebutkan awal tempat siswa paling depan berdiri dan meminta siswa melompat mundur sebanyak bilangan yang disebutkan oleh guru.
Siswa dibarisan kedua diminta untuk menyebutkan bilangan yang di injak paling terkahir.
Setelah siswa pertama memperoleh giliran siswa pertama pindah kebelakang dan selanjutnya siswa dibarisan kedua siap untuk melompat demikian seterusnya.
Kelompok yang lebih dulu sampai ditujuan mendapatkan poin dan yang paling banyak memperoleh point akan menjadi pemenang.

Guru bertanya pada siswa apakah bilangan yang mereka injak lebih besar atau lebih kecil dari bilangan awal tempat siswa berdiri.

Guru menyampaikan pada siswa, bilangan menjadi lebih kecil karena hal tersebut merupakan salah satu cara pengurangan.
Guru memberikan contoh yang lain tentang pengurangan, dan kemudian mengajak siswa untuk menghitung mundur bersama-sama.
Siswa diminta untuk mengerjakan latihan dibuku siswa.
Setelah siswa selesai mengerjakan latihan, siswa diminta untuk memejamkan mata, perdengarkan berbagai jenis suara binatang, kendaraan, alat music dan lain sebagainya, lalu minta siswa menebak suara tersebut.
Ajak siswa untuk membaca wacana di buku siswa.
Setelah bermain tebak suara, guru meminta siswa untuk melakukan percobaan music gelas.
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok.
Guru meminta siswa untuk mengisi botol dengan lever yang berbeda-beda.
Guru meminta siswa untuk mendengarkan perbedaan bunyi dari setiap botol.
Selesai melakukan percobaan, ajak siswa untuk menceritakan hasil pengamatannya tentang bunyi.
Kemukakan tentang berbagai sumber bunyi lain dan contohnya.
Penutup
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?

Guru mengapresiasi sikap kerja keras siswa yang ditunjukan dalam kegiatan berdiskusi, pengamatan dan menceritakan.
Guru membuat evaluasi pembelajaran.
Guru menutup pelajaran dengan sama sama berdo’a

H.    Penilaian Hasil Pembelajaran
a.       Jenis Tes    : Lisan dan Tertulis
b.      Bentuk Tes            : Jawaban Singkat
c.       Instrument : Soal, Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian
1.      Penilaian Sikap
Format Observasi Penilaian Sikap

No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Ket.
Percaya diri
Santun
Bekerja sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Udin














2
Lani














3
Siti














4














Keterangan :
a.        Percaya Diri
·           Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
·           Tidak canggung dalam bertindak.
·           Berani presentasi di depan kelas.
·           Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.

b.        Santun
·           Mempresentasikan hasil pengamatan sesuai dengan data yang didapatkan dengan menggunakan yang baik dan mudah dimengerti.
·           Mempresentasikan hasil pengamatan dengan menggunakan suara yang jelas.
·           Menguasai materi dan dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi presentasi.
·           Meminta ijin dalam setiap melakukan kegiatan seperti bertanya, dan menjawab.
c.       Bekerja sama
·           Berinteraksi dengan semua anggota kelompok.
·           Mengikuti prosedur langkah-langkah permainan sesuai dengan petunjuk pada buku
·           Tidak membebankan tugas kepada salah satu anggota kelompok.
·           Tidak menyalahkan salah satu anggota apabila terjadi kesalahan.
Penilaian
·           Nilai 4 diberikan kepada siswa yang melakukan semua indikator.
·           Nilai 3 diberikan kepada siswa yang melakukan 3 indikator.
·           Nilai 2 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 2 indikator.
·           Nilai 1 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 1 indikator.
Kriteria Penilaian
·         1– 4  = Sangat Kurang (SK)
·          5 -  8  = Kurang (K)
·          9 – 12 = Baik (B)
·         13- 16  = Amat Baik (AB)
Pedoman Penilaian          :                              Skor Maksimal       =          16
Nilai Akhir =  x 100

 


Keterangan Skor
·           BT     :    Belum Terlihat
·           MT    :    Mulai Terlihat
·           MB   :    Mulai Berkembang
·           SM    :    Sudah Membudaya
2.      Penilaian Pengetahuan
-             Tes tertulis (di buku siswa)
3.      Penilaian Keterampilan
a.          Unjuk kerja menceritakan kembali hasil pengamatan.
Rubrik menceritakan kembali hasil pengamatan.
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
1
Kesesuaian cerita dengan hasil pengamatan
Seluruh isi cerita sesuai
Setengah atau lebih isi cerita sesuai
Kurang dari setengah isi cerita sesuai
Seluruh isi cerita belum sesuai
2
Kepercayaan diri dalam bercerita
Tidak terlihat
ragu-ragu
Terlihat
 ragu-ragu
Memerlukan bantuan guru
Belum berani bercerita


Mahasiswa PPL



Wahyu Rosidin
NIM 130641073
Guru Kelas I
SDN 1 Tukmudal



EEM EMAH, S.Pd.SD
NIP.19700724 200801 2 003

Cirebon, 17 Januari 2017





Mengetahui;
Kepala Sekolah
SDN 1 Tukmudal



Abdul Fatah, S.Pd
NIP. 19670305 199203 1 009
 







Lembar Kerja Siswa
Kelompok      : ………………………
Anggota          : ………………………
………………………
………………………



















Soal Evaluasi
Nama: ………………………..
Kelas : ………………………..


















No comments:

Post a Comment