RPP 2013 KELAS IV TEMA INDAHNYA NEGERIKU SUB TEMA 2 KEINDAHAN ALAM NEGERIKU PEMBELAJARAN 4




RPP KURIKULUM 2013
KELAS IV SEMESTER 2
TEMA INDAHNYA NEGERIKU
SUBTEMA 2 KEINDAHAN ALAM NEGERIKU
PEMBELAJARAN 4







Disusun Oleh:
Nama      : Wahyu Rosidin
NIM        : 130641073


PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SDN 1 TUKMUDAL
Kelas/Semsester          : IV (Empat) / II (Dua)
Tema                           : Indahnya Negeriku
Subtema                      : Keindahan Alam Negeriku
Pembelajaran ke          : IV (Empat)
Alokasi Waktu            : 2x35menit


A.    KOMPTENSI INTI (KI)
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
1.1              Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan.
2.4              Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
3.4              Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baru.
4.4              Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

MATEMATIKA
1.3           Memiliki rasa percaya diri pada daya dan kegunaan Matematika yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
4.10       Membuat prediksi yang berhubungan dengan pola dan menelusuri pola yang berulang dengan menggunakan pencerminan dan rotasi.

SBDP
1.1           Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan.
1.3           Menunjukkan perilaku mengenal sikap disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam sekitar melalui berkarya seni.
4.4           Membentuk karya seni tiga dimensi dari bahan alam.

IPS
1.5           Memahami manusia dalam dinamika interkasi dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi.
Indikator:
4.5           Menceritakan manusia dalam dinamika interkasi dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi.

PPKn
1.2           Menghargai kebersamaan dan keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan masyarakat sekitar.

C.    INDIKATOR
Bahasa Indonesia
1.      Membaca informasi tentang Kota Bunga Tomohon dengan cermat.
2.      Berdiskusi dan mengemukakan pendapat tentang pemanfaatan sumber daya alam secara komunikatif.
3.      Mengetahui dan memahami pemanfaatan sumber daya alam Kota Tomohon yang didapat dari berbagai sumber informasi.
4.      Membuat karangan eksposisi tentang kekayaan alam.
5.      Melakukan percakapan tentang sumber daya alam dengan menggunakan bahasa yang komunikatif.




Matematika
1.         Memahami pola yang terbentuk pada kartu bergambar dengan cermat.
2.         Mengerjakan dan menyelesaikan latihan soal dengan teliti dan mandiri.
3.         Mampu mengambarkan dan menjelaskan pola yang terbentuk dari pola bangun yang dirotasikan.

SBdP
1.      Menunjukkan rasa peduli lingkungan dengan menjaga kelestarian alam sebagai sumber karya seni.
2.      Membuat karya seni dengan imajinasi yang kreatif.
3.      Memanfaatkan bahan-bahan alam dalam membuat karya seni dengan bertangung jawab.
4.      Membuat potpourri menggunakan bahan alam.

IPS
1.      Memahami kegiatan manusia dalam menjaga dan memanfaatkan sumber daya alam.
2.      Menjelaskan bentuk pemanfaatan sumber daya alam yang dilakukan di Kota Tomohon dalam diskusi kelompok.
PPKn
1.      Menghargai kekayaan alam Indonesia sebagai wujud rasa cita tanah air.
2.      Menghargai pendapat teman dalam diskusi kelompok.

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui kegiatan berdiskusi, siswa dapat mengemukakan pendapatnya tentang daya tarik wisata dengan baik.
2.      Melalui kegiatan berkarya, siswa dapat memahami cara memanfaatkan bahan-bahan alam dengan cermat.
3.      Melalui kegiatan berkarya, siswa dapat menggunakan membuat kreasi dari bahan alam dengan tepat.
4.      Melalui kegiatan percakapan, siswa dapat melakukan percakapan secara komunikatif dengan baik.
5.      Melalui kegiatan membaca informasi, siswa dapat mengetahui kekayaan alam Kota Tomohon dengan baik.
6.      Melalui kegiatan membaca informasi, siswa dapat mengetahui kegiatan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam beserta dampaknya dengan baik.
7.      Melalui kegiatan menulis, siswa dapat memahami cara membuat karangan eksposisi berdasarkan topik yang telah ditentukan dengan baik.
8.      Melalui kegiatan menulis, siswa dapat membuat karangan eksposisi berdasarkan topik yang telah ditentukan dengan tepat.
9.      Melalui kegiatan berhitung, siswa dapat menentukan pola bangun yang dirotasikan dengan baik.

E.     Materi Pembelajaran
1.   Membuat Potpourri
      Siswa membuat potpourry dengan memanfaatkan bahan-bahan alam. Siswa mempelajari cara membuat porpurri sesuai dengan petunjuk.

2.   Memperagakan Percakapan
      Siswa mempelajari cara melakukan percakapan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Dengan memeragakan percakapan, siswa dapat menggali dan mengetahui  informasi lebih dalam tentang topik yang dibahas.

3.   Membaca Informasi dan Berdiskusi
      Siswa membaca teks bacaan tentang Kota Bunga Tomohon dengan cermat. Kemudian siswa berdiskusi tentang pemanfaatan sumber daya alam di kota tersebut serta kegiatan manusia dalam memanfaatkan sumber daya alam tersebut dan dampaknya.

4.   Membuat karangan eksposisi
      Siswa membuat karangan eksposisi tentang kekayaan alam daerah. Siswa lalu mengungkapkan tulisannya secara lisan didepan kelas.

5.   Menggambar Bangun
      Siswa mempelajari tentang cara menentukan pola bangun yang dirotasikan. Siswa melakukan pengamatan terhadap beberapa pola bangun kemudian menentukan pola bangun berikutnya berdasarkan pola bangun yang sudah ada.

F.     Metode Pembelajaran
Pendekatan: scientific
Metode: Permainan, Ceramah, Diskusi, Latihan, Penugasan

G.    Media dan Sumber Pembelajaran
1.      Media Pembelajaran.
a.       Infocus
b.      Power Point
c.       Video pembelajaran
d.      Alat dan bahan membuat potpourri
2.      Sumber Belajar
a.       Susilawati Fransiska, dkk. 2013. Tematik Terpadu. Tema indahnya negeriku. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama. Halaman 59-65.




H.    Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
10 Menit
Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar kemudian mengabsen kehadiran siswa.
Guru bertanya tentang pelajaran kemarin yang dipelajari.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari yaitu tentang keindahan alam negeriku.
Inti
Siswa diminta untuk membuka buku siswa halaman 59 dan mengamati gambar bunga tanaman.
45menit
Siswa diminta memberikan pendapat tentang gambar tersebut.
Siswa diajak berdiskusi mengenai gambar yang ada kemudian guru menstimulasi siswa untuk bertanya tentang daya tarik wisata yang ada di daerah tempat tinggal.
Guru menjelaskan tentang karya seni yang akan dikerjakan yaitu membuat potpourri.
Siswa diminta untuk mencoba membuat potpourri sesuai dengan petunjuk guru.
Siswa memeragakan teks percakapan pada buku siswa dengan teman sebangku. Percakapan dilakukan dengan intonasi suara yang tepat dan mimik yang sesuai.
Setelah selesai memeragakan percakapan, siswa bekerjasama dengan teman sebangku diminta untuk membuat percakapan sesuai dengan topik yang dibahas. Siswa diminta menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar saat membuat percakapan.
Siswa membaca teks bacaan tentang kekayaan alam Kota Tomohon dengan cermat dan menggaris bawahi informasi penting pada teks bacaan. 
Setelah selesai membaca teks, siswa diminta berdiskusi dalam kelompok yang terdiri dari 3-4 siswa. Siswa diminta untuk membahas pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan dan menuliskan jawaban yang sesuai sebagai hasil pemikiran bersama dalam kelompok.
Setiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan jawaban kelompoknya di depan kelas. Siswa diminta untuk mendengarkan dan menyimak jawaban dari kelompok lain agar bisa membuat ringkasan dari hasil diskusi kelompok.
Guru menjelaskan tentang karangan eksposisi.
Siswa diminta membuat karangan eksposisi yang terdiri atas tiga paragraf tentang wisata kota. Siswa dapat menggali informasi dari koran, majalah atau internet. Siswa diminta menyertai data yang lengkap untuk mendukung tulisannya.
Guru memeragakan beberapa pola bangun.
Siswa diminta untuk menjelaskan pola bangun tersebut.
Siswa diminta menentukan pola bangun yang dirotasikan dengan menjawab pertanyaan secara cermat dan teliti.
Siswa diminta untuk berlatih mengerjakan soal dengan teliti dan benar.
Siswa diminta untuk merangkum hasil pembelajaran hari ini dengan mengisi tabel pada halaman 64.
Penutup
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?

Guru mengapresiasi sikap kerja keras siswa yang ditunjukan dalam kegiatan berdiskusi, pengamatan dan menceritakan.
Guru membuat evaluasi pembelajaran.
Guru menutup pelajaran dengan sama sama berdo’a




I.       Penilaian Hasil Pembelajaran
a.       Jenis Tes    : Lisan dan Tertulis
b.      Bentuk Tes            : Pilihan Ganda
c.       Instrument : Soal, Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian
1.      Penilaian Sikap
Format Observasi Penilaian Sikap

No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Ket.
Percaya diri
Santun
Bekerja sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Udin














2
Lani














3
Siti














4














Keterangan :
a.        Percaya Diri
·           Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
·           Tidak canggung dalam bertindak.
·           Berani presentasi di depan kelas.
·           Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
b.        Santun
·           Mempresentasikan hasil pengamatan sesuai dengan data yang didapatkan dengan menggunakan yang baik dan mudah dimengerti.
·           Mempresentasikan hasil pengamatan dengan menggunakan suara yang jelas.
·           Menguasai materi dan dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi presentasi.
·           Meminta ijin dalam setiap melakukan kegiatan seperti bertanya, dan menjawab.



c.       Bekerja sama
·           Berinteraksi dengan semua anggota kelompok.
·           Mengikuti prosedur langkah-langkah permainan sesuai dengan petunjuk pada buku
·           Tidak membebankan tugas kepada salah satu anggota kelompok.
·           Tidak menyalahkan salah satu anggota apabila terjadi kesalahan.
Penilaian
·           Nilai 4 diberikan kepada siswa yang melakukan semua indikator.
·           Nilai 3 diberikan kepada siswa yang melakukan 3 indikator.
·           Nilai 2 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 2 indikator.
·           Nilai 1 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 1 indikator.
Kriteria Penilaian
·         1– 4  = Sangat Kurang (SK)
·          5 -  8  = Baik (K)
·          9 – 12 = Amat Baik (B)
Pedoman Penilaian          :                              Skor Maksimal       =          12
Nilai Akhir =  x 100

 


Keterangan Skor
·           BT     :    Belum Terlihat
·           MT    :    Mulai Terlihat
·           MB   :    Mulai Berkembang
·           SM    :    Sudah Membudaya
2.      Penilaian Pengetahuan
-             Tes tertulis (di buku siswa)




3.      Penilaian Keterampilan
a.          Unjuk kerja menceritakan kembali hasil pengamatan.
Rubrik menceritakan kembali hasil pengamatan.
No
Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup
Perlu bimbingan
1
Membuat potpourri sesuai dengan petunjuk
Seluruh langkah proses pembuatan sudah sesuai dengan petunjuk  
Setengah atau lebih proses pembutan sudah sesuai dengan petunjuk
Kurang dari setengah proses pembuatan sudah sesuai dengan petunjuk
Seluruh dari proses pembuatan tidak sesuai dengan petunjuk
2
Kepercayaan diri dalam memperagakan teks percakapan
Tidak terlihat
ragu-ragu dalam memperagakan teks percakapan
Terlihat
 ragu-ragu dalam memperagakan teks percakapan
Memerlukan bantuan guru dalam memperagakan teks percakapan
Belum berani dalam memperagakan teks percakapan


Mahasiswa PPL



Wahyu Rosidin
NIM 130641073
Guru Kelas 4A
SDN 1 Tukmudal



Hendri Junaedi, S.Pd
NIP.

Cirebon, 20 Januari 2017





Mengetahui;
Kepala Sekolah
SDN 1 Tukmudal



Abdul Fatah, S.Pd
NIP. 19670305 199203 1 009
 







Lampiran Bahan Ajar
Hampir semua orang menyukai bunga, banyak bunga dijadikan simbol kasih sayang, terdapat sekitar 40.000 spesies tanaman bunga di indonesia, 5.000 jenis diantaranya merupakan tanaman anggrek. Pada tanggal 5 juni 1990, indonesia mengumumkan tiga bunga yang dinobatkan sebagai bunga nasional negara yaitu, anggrek bulan, melati dan Raflesia.
Gambar 1 bunga anggrek bulan
Gambar 3 bunga raflesia
Gambar 2 bunga melati














Coba cari tahu sebuah kota yang dikenal sebagai kota bunga, mampukah bunga menjadi daya tarik wisata? Berikan pendapatmu.

MEMBUAT POTPURRI
LANGKAH PEMBUATAN POTPOURRI
Indonesia tidak hanya menawarkan keindahan alam hutan, gunung dan laut. Negeri ini juga menyimpan kekayaan flora yakni bunga yang beraneka bentuk, warna dan aroma. Akan tetapi, kebanyakan bunga memiliki waktu hidup yang terbatas. Tahukah kamu bagaimana caranya agar bunga tetap memiliki manfaat sekalipun sudah layu? Ayo kita membuat potpourri.

SIAPKAN:
1.       BERBAGAI JENIS BUNGA DENGAN ANEKA WARNA SESUAI SELERA.
2.       KAYU MANIS ATAU CENGKEH
3.       MINYAK SARI BUNGA DENGAN WANGI BUNGA SESUAI SELERA
LANGKAH KEGIATAN:
1.       KERINGKAN BUNGA-BUNGA YANG AKAN DIJADIKAN POTPOURRI. PENGERINGAN BISA MEMAKAN WAKTU SATU SAMPAI DUA MINGGU. KERINGKAN BUNGA DITEMPAT YANG KERING DAN BERVENTILASI BAIK. BUNGA SATU DENGAN BUNGA YANG LAINNYA JANGAN DILETAKKAN TERLALU DEKAT AGAR BUNGA KERING SEMPURNA
2.       MASUKKAN SEMUA BUNGA YANG TELAH KERING KEDALAM SEBUAH WADAH YANG TERTUTUP. BERILAH BEBERAPA TETES INYAK SARI BUNGA. GUNCANG WADAH DENGAN HATI-HATI UNTUK MEMASTIKAN MINYAKSARI BUNGA MENYEBAR SECARA MERATA. DIAMKAN SELAMA KURANG LEBIH ENAM MINGGU.
3.       ADUKLAH CAMPURAN SETIAP 2-3 HARI SEKALI.
4.       POTPOURRI MU SUDAH JADI. SIAPKAN MANGKUK CANTIK DAN LETAKKAN POTPOURRI BUATANMU KE DALAMNYA. KAMU BISA MENAMBAHKAN KELOPAK BUNGA LAIN UNTUK MEMPERKAYA WARNA POTPOURRI-MU
5.       SELAMAT MENCOBA
 















MEMPERAGAKAN PERCAKAPAN
Bacalah percakapan berikut dan peragakan dengan teman sebangkumu!
Nina    : “Seru sekali ya, kali ini kita mendapat ilmu baru, membuat potpourri”.
Made   : “iya, tapi membuatnya lama sekali, ya!”
Nina    : “memang lama, tapi potpourri ini bisa menghasilkan uang dan lapangan pekerjaan, lho”
Made   : “ternyata bunga bisa memberi banyak manfaat ya, lihat saja kota Tomohon di Sulawesi Utara yang menarik perhatian wisatawan dengan keindahan bunga-bunga yang dimilikinya.”
Nina    : “betul sekali, made”.

Bacalah teks berikut dengan cermat!
KOTA BUNGA TOMOHON
Tomohon merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara. Tomohon terletak dengan kota manado, kota yang terkenal dengan taman laut Bunaken. Tomohon menjadi salah satu daerah juga yang terkenal akan keindahan alamnya. Kota Tomohon dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan, sehingga dudaranya cukup dingin. Oleh karena itu, kondisi udara di Tomohon cocok untuk membudidayakan berbagai jenis bunga dan sayuran. Kota Tomohon pun dikenal sebagai penghasil bunga.
Musim berbunga di Tmohon berlangsung pada bulan desember, januari, dan april. Pada bulan juni dan juli didaerah tersebut diadakan festival bunga yang diseleggarakan setiap dua tahun sekali. Festival bunga tomohon merupakan sebuah acara yang bertaraf Internasional yang menampilkan pawai kendaaaran yang berhiaskan aneka bunga indah. Acara tersebut di ikuti oleh perwakilan beberapa negara, seperti malaysia, vietnam, philipina, prancis, denmark, india dan rusia.  Pada pelaksanaan festival tahun 2012 tercatat 30 negara ikut dalam festival tersebut.

PEMANFAATAN SUMBER DAYA ALAM
Kita patut berbangga bahwa indonesia ternyata dapat menampilkan keindahan bunga-bunganya dalam sebuah acara bertaraf internasional, seperti festival bunga Tomohon. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut secara berkelompok (satu kelompok terdiri atas 3 siswa)
a.       Sumber daya alam hayati dan nonhayati apa saja yang terdapat di tomohon?
b.      Jelaskan bentuk pemanfataan sumber daya alam yang dilakukan oleh masyarakat tomohon.
c.       Menurut pendapatmu, apa saja dampak positif dan negatif yang timbul dari pemanfataan sumber daya alam tersebut?
d.      Siapakah pihak yang berwenang dan bertanggungjawab atas pemanfataan, pelestarian, dan pengendalian sumber daya alam dikota tersebut?
Setelah menjawab pertanyaan, presentasikanlah jawaban kelompokmu didepan kelas. Pastikan setiap peserta mendengarkan jawaban dari kelompok lain agar bisa membuat ringkasan dari hasil diskusi kelas.






MEMBUAT KARANGAN EKSPOSISI
Indonesia memiliki begitu banyak keindahan alam sebagai sebuah anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Kita memiliki taman laut, pantai, telaga danau, pegunungan, hutan, perbukitan dan sungai yang terkenal hingga ke mancanegara. Hal ini bisa dilihat dari tingginya kunjungan wisatawan mancanegara ke indonesia per periode januari-juni 2013, yakni mencapai 4.154.478 orang atau naik 7,2% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sungguh merupakan hal yang patut dibanggakan.
Didaerahmu pasti juga ada keindahan alam yang menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Cari tahu lebih lanjut tentang:
-          Daya tarik keindahan alam yang ditawarkan daerah tersebut.
-          Jumlah kunjungan wisatawan yang mendatanginya.
-          Dampak yang ditimbulkan bagi masyarakat sekitar.
Gunakan wawancara sebagai salah satu cara memperoleh informasi. Kamu juga dapat mencari informasi sehubungan dengan keindahan alam daerah sekitarmu lewat internet ataupun koran lokal. Buatlah karangan eksposisi tentang wisata kotamu yang tentunya menawarkan keindahan alam.
1.     Buatlah karangan eksposisi terdiri atas tiga paragraf.
2.     Gunakan tata bahasa indonesia yang baik dan benar.
3.     Tulislah dengan rapi dan mudah di baca.

NAMA           : ………………………………………
KELAS          : ………………………………………

A.    PILIHLAH JAWABAN YANG TEPAT
1.      Indonesia mengumumkan tiga bunga sebagai bunga nasional yaitu bunga anggrek bulan, melati dan raflesia,  pada tanggal berapakah indonesia mengumumkan hal tersebut . . .
a.       5 juni 1990                  c. 25 juni 1990
b.      15 juni 1990                d. 5 juli 1990
2.      Salah satu kota yang terdapat di Indonesia yang dikenal atau dijuluki sebagai kota bunga adalah . . .
a.       Jakarta                         c. Tomohon
b.      Yogyakarta                 d. Cirebon
3.      Musim berbunga di kota tomohon adalah
a.       Desember, februari dan maret
b.      Desember, januari dan april
c.       Desember, November dan oktober
d.      Januari, april dan mei
4.      Pada bulan juni dan juli kota tomohon menggelar acara festival bunga. Berapa tahun sekali acara festival bunga diadakan. . .
a.       Tiga tahun                   c. dua tahun
b.      Empat tahun                d. satu tahun
5.      Berikut Negara-negara manakah yang mengikuti acara festival bunga pada tahun 2012 . . .
a.       Malaysia, Vietnam, dan Perancis
b.      Denmark, Korea, dan Japan
c.       Amerika, Rusia, dan Kanada
d.      Swis, Spanyol dan Inggris
Lampiran kunci jawaban
1.      A (5 Juni 1990)
2.      C (Tomohon)
3.      B (Desember, Januari dan April)
4.      C (Dua tahun)
5.      A (Malaysia, Vietnam, dan Perancis)

No comments:

Post a Comment