RPP KURIKULUM 2013
KELAS IV SEMESTER 2
TEMA INDAHNYA NEGERIKU
SUBTEMA 2 KEINDAHAN ALAM NEGERIKU
PEMBELAJARAN 4
Disusun
Oleh:
Nama : Wahyu Rosidin
NIM :
130641073
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH CIREBON
2017
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN 1 TUKMUDAL
Kelas/Semsester : IV (Empat) / II (Dua)
Tema : Indahnya Negeriku
Subtema :
Keindahan Alam Negeriku
Pembelajaran ke : IV (Empat)
Alokasi Waktu : 2x35menit
A.
KOMPTENSI INTI (KI)
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.
Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin
tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.
Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
1.1
Meresapi makna anugerah Tuhan Yang Maha Esa berupa bahasa Indonesia yang diakui
sebagai bahasa persatuan yang kokoh dan sarana belajar untuk memperoleh ilmu
pengetahuan.
2.4
Memiliki
kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa
Indonesia.
3.4
Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan
sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilih dan memilah kosakata baru.
4.4
Menyajikan
teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri
dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata
baku.
MATEMATIKA
1.3
Memiliki rasa percaya diri pada daya dan kegunaan Matematika yang terbentuk melalui
pengalaman belajar.
4.10
Membuat prediksi yang berhubungan dengan pola
dan menelusuri pola yang berulang dengan menggunakan pencerminan dan rotasi.
SBDP
1.1
Mengagumi
ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai
anugerah Tuhan.
1.3
Menunjukkan
perilaku mengenal sikap disiplin, tanggung jawab dan kepedulian terhadap alam
sekitar melalui berkarya seni.
4.4
Membentuk
karya seni tiga dimensi dari bahan alam.
IPS
1.5
Memahami
manusia dalam dinamika interkasi dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan ekonomi.
Indikator:
4.5
Menceritakan
manusia dalam dinamika interkasi dengan lingkungan alam, sosial, budaya dan
ekonomi.
PPKn
1.2
Menghargai
kebersamaan dan keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah dan
masyarakat sekitar.
C.
INDIKATOR
Bahasa Indonesia
1.
Membaca
informasi tentang Kota Bunga Tomohon dengan cermat.
2.
Berdiskusi dan mengemukakan pendapat tentang pemanfaatan sumber daya
alam secara komunikatif.
3.
Mengetahui dan memahami pemanfaatan sumber daya alam Kota Tomohon yang
didapat dari berbagai sumber informasi.
4.
Membuat karangan eksposisi tentang kekayaan alam.
5.
Melakukan
percakapan tentang sumber daya alam dengan menggunakan bahasa yang komunikatif.
Matematika
1.
Memahami
pola yang terbentuk pada kartu bergambar dengan cermat.
2.
Mengerjakan
dan menyelesaikan latihan soal dengan teliti dan mandiri.
3.
Mampu mengambarkan dan menjelaskan pola yang
terbentuk dari pola bangun yang dirotasikan.
SBdP
1. Menunjukkan rasa
peduli lingkungan dengan menjaga kelestarian alam sebagai sumber karya seni.
2. Membuat karya seni dengan imajinasi yang
kreatif.
3. Memanfaatkan bahan-bahan
alam dalam membuat karya seni dengan bertangung jawab.
4.
Membuat potpourri menggunakan bahan alam.
IPS
1. Memahami kegiatan
manusia dalam menjaga dan memanfaatkan sumber daya alam.
2.
Menjelaskan bentuk pemanfaatan sumber daya alam yang
dilakukan di Kota Tomohon dalam diskusi kelompok.
PPKn
1. Menghargai kekayaan alam Indonesia sebagai
wujud rasa cita tanah air.
2. Menghargai pendapat teman dalam diskusi
kelompok.
D.
Tujuan
Pembelajaran
1. Melalui kegiatan berdiskusi, siswa dapat
mengemukakan pendapatnya tentang daya tarik wisata
dengan baik.
2. Melalui kegiatan berkarya, siswa dapat
memahami cara memanfaatkan bahan-bahan alam dengan
cermat.
3. Melalui kegiatan berkarya, siswa dapat
menggunakan membuat kreasi dari bahan alam dengan tepat.
4. Melalui kegiatan percakapan, siswa dapat
melakukan percakapan secara komunikatif dengan baik.
5. Melalui kegiatan membaca informasi, siswa
dapat mengetahui kekayaan alam Kota Tomohon dengan baik.
6. Melalui kegiatan membaca informasi, siswa
dapat mengetahui kegiatan manusia dalam memanfaatkan sumber
daya alam beserta dampaknya dengan baik.
7. Melalui kegiatan menulis, siswa dapat memahami
cara membuat karangan eksposisi berdasarkan topik yang telah ditentukan
dengan baik.
8. Melalui kegiatan menulis, siswa dapat membuat
karangan eksposisi berdasarkan topik yang telah ditentukan
dengan tepat.
9. Melalui kegiatan berhitung, siswa dapat
menentukan pola bangun yang dirotasikan dengan baik.
E.
Materi Pembelajaran
1. Membuat Potpourri
Siswa membuat potpourry dengan
memanfaatkan bahan-bahan alam. Siswa mempelajari cara membuat porpurri sesuai
dengan petunjuk.
2. Memperagakan Percakapan
Siswa mempelajari cara melakukan
percakapan dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar. Dengan memeragakan
percakapan, siswa dapat menggali dan mengetahui
informasi lebih dalam tentang topik yang dibahas.
3.
Membaca
Informasi dan Berdiskusi
Siswa membaca teks bacaan tentang Kota
Bunga Tomohon dengan cermat. Kemudian siswa berdiskusi tentang pemanfaatan
sumber daya alam di kota tersebut serta kegiatan manusia dalam memanfaatkan
sumber daya alam tersebut dan dampaknya.
4. Membuat karangan eksposisi
Siswa
membuat karangan eksposisi tentang kekayaan alam daerah. Siswa lalu
mengungkapkan tulisannya secara lisan didepan kelas.
5. Menggambar
Bangun
Siswa mempelajari tentang cara
menentukan pola bangun yang dirotasikan.
Siswa melakukan pengamatan terhadap beberapa pola bangun kemudian menentukan
pola bangun berikutnya berdasarkan pola bangun yang sudah ada.
F.
Metode Pembelajaran
Pendekatan: scientific
Metode: Permainan,
Ceramah, Diskusi,
Latihan, Penugasan
G.
Media dan Sumber Pembelajaran
1. Media
Pembelajaran.
a.
Infocus
b.
Power
Point
c.
Video
pembelajaran
d.
Alat dan bahan membuat potpourri
2.
Sumber
Belajar
a.
Susilawati
Fransiska, dkk. 2013. Tematik Terpadu.
Tema indahnya negeriku. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama. Halaman 59-65.
H.
Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
Guru
memberikan salam dan mengajak berdoa.
|
10
Menit
|
Guru
mengkondisikan siswa agar siap belajar kemudian mengabsen kehadiran siswa.
|
||
Guru
bertanya tentang pelajaran kemarin yang dipelajari.
|
||
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran dan ruang lingkup materi yang akan
dipelajari yaitu tentang keindahan alam negeriku.
|
||
Inti
|
Siswa diminta untuk membuka buku siswa halaman 59 dan mengamati gambar bunga tanaman.
|
45menit
|
Siswa diminta memberikan
pendapat tentang gambar tersebut.
|
||
Siswa diajak berdiskusi
mengenai gambar yang ada kemudian guru menstimulasi siswa untuk bertanya
tentang daya tarik wisata yang ada di daerah tempat tinggal.
|
||
Guru menjelaskan tentang karya
seni yang akan dikerjakan yaitu membuat potpourri.
|
||
Siswa diminta untuk mencoba membuat potpourri sesuai
dengan petunjuk guru.
|
||
Siswa memeragakan teks percakapan
pada buku siswa dengan teman sebangku. Percakapan dilakukan dengan intonasi
suara yang tepat dan mimik yang sesuai.
Setelah selesai memeragakan
percakapan, siswa bekerjasama dengan teman sebangku diminta untuk membuat
percakapan sesuai dengan topik yang dibahas. Siswa diminta menggunakan bahasa
Indonesia yang baik dan benar saat membuat percakapan.
|
||
Siswa membaca teks bacaan
tentang kekayaan alam Kota Tomohon dengan cermat dan menggaris bawahi
informasi penting pada teks bacaan.
|
||
Setelah selesai membaca teks,
siswa diminta berdiskusi dalam kelompok yang terdiri dari 3-4 siswa. Siswa
diminta untuk membahas pertanyaan yang berkaitan dengan bacaan dan menuliskan
jawaban yang sesuai sebagai hasil pemikiran bersama dalam kelompok.
|
||
Setiap kelompok diberi
kesempatan untuk mempresentasikan jawaban kelompoknya di depan kelas. Siswa
diminta untuk mendengarkan dan menyimak jawaban dari kelompok lain agar bisa
membuat ringkasan dari hasil diskusi kelompok.
|
||
Guru menjelaskan tentang
karangan eksposisi.
|
||
Siswa diminta membuat karangan
eksposisi yang terdiri atas tiga paragraf tentang wisata kota. Siswa dapat
menggali informasi dari koran, majalah atau internet. Siswa diminta menyertai
data yang lengkap untuk mendukung tulisannya.
|
||
Guru memeragakan beberapa pola
bangun.
|
||
Siswa diminta untuk menjelaskan
pola bangun tersebut.
|
||
Siswa diminta menentukan pola
bangun yang dirotasikan dengan menjawab pertanyaan secara cermat dan teliti.
|
||
Siswa diminta untuk berlatih
mengerjakan soal dengan teliti dan benar.
|
||
Siswa diminta untuk merangkum
hasil pembelajaran hari ini dengan mengisi tabel pada halaman 64.
|
||
Penutup
|
Guru
menutup kegiatan dengan menanyakan kepada siswa kegiatan apa saja yang
dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?
|
|
Guru
mengapresiasi sikap kerja keras siswa yang ditunjukan dalam kegiatan
berdiskusi, pengamatan dan menceritakan.
|
||
Guru
membuat evaluasi pembelajaran.
|
||
Guru
menutup pelajaran dengan sama sama berdo’a
|
I.
Penilaian Hasil Pembelajaran
a.
Jenis
Tes : Lisan dan Tertulis
b.
Bentuk
Tes : Pilihan Ganda
c.
Instrument : Soal, Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian
1. Penilaian
Sikap
Format Observasi Penilaian Sikap
No
|
Nama
|
Aspek yang
dinilai
|
Jumlah
skor
|
Ket.
|
|||||||||||
Percaya diri
|
Santun
|
Bekerja sama
|
|||||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1
|
Udin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Lani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Siti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
…
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
:
a.
Percaya Diri
·
Berpendapat atau
melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
·
Tidak canggung
dalam bertindak.
·
Berani
presentasi di depan kelas.
·
Berani
berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
b.
Santun
·
Mempresentasikan
hasil pengamatan sesuai dengan data yang didapatkan dengan menggunakan yang
baik dan mudah dimengerti.
·
Mempresentasikan
hasil pengamatan dengan menggunakan suara yang jelas.
·
Menguasai materi
dan dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi presentasi.
·
Meminta ijin
dalam setiap melakukan kegiatan seperti bertanya, dan menjawab.
c.
Bekerja sama
·
Berinteraksi
dengan semua anggota kelompok.
·
Mengikuti prosedur langkah-langkah permainan sesuai
dengan petunjuk pada buku
·
Tidak membebankan tugas kepada salah satu anggota
kelompok.
·
Tidak
menyalahkan salah satu anggota apabila terjadi kesalahan.
Penilaian
·
Nilai 4
diberikan kepada siswa yang melakukan semua indikator.
·
Nilai 3
diberikan kepada siswa yang melakukan 3 indikator.
·
Nilai 2
diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 2 indikator.
·
Nilai 1
diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 1 indikator.
Kriteria
Penilaian
·
1– 4 = Sangat Kurang (SK)
·
5 -
8 = Baik (K)
·
9 – 12 = Amat Baik (B)
Pedoman Penilaian : Skor Maksimal = 12
Nilai Akhir =
x 100
|
Keterangan Skor
·
BT : Belum
Terlihat
·
MT : Mulai
Terlihat
·
MB : Mulai
Berkembang
·
SM : Sudah
Membudaya
2.
Penilaian Pengetahuan
-
Tes tertulis (di
buku siswa)
3.
Penilaian Keterampilan
a.
Unjuk kerja
menceritakan kembali hasil pengamatan.
Rubrik menceritakan kembali hasil pengamatan.
No
|
Kriteria
|
Baik sekali
|
Baik
|
Cukup
|
Perlu
bimbingan
|
1
|
Membuat
potpourri sesuai dengan petunjuk
|
Seluruh langkah
proses pembuatan sudah sesuai dengan petunjuk
|
Setengah atau
lebih proses pembutan sudah sesuai dengan petunjuk
|
Kurang dari
setengah proses pembuatan sudah sesuai dengan petunjuk
|
Seluruh dari
proses pembuatan tidak sesuai dengan petunjuk
|
2
|
Kepercayaan
diri dalam memperagakan teks percakapan
|
Tidak terlihat
ragu-ragu
dalam memperagakan teks percakapan
|
Terlihat
ragu-ragu dalam memperagakan teks percakapan
|
Memerlukan
bantuan guru dalam memperagakan teks percakapan
|
Belum berani
dalam memperagakan teks percakapan
|
Mahasiswa PPL
Wahyu Rosidin
NIM 130641073
|
Guru Kelas 4A
SDN 1 Tukmudal
Hendri
Junaedi, S.Pd
NIP.
|
Mengetahui;
Kepala Sekolah
SDN 1 Tukmudal
Abdul Fatah, S.Pd
NIP. 19670305 199203 1 009
|
Lampiran Bahan Ajar
Hampir semua orang menyukai bunga, banyak bunga dijadikan
simbol kasih sayang, terdapat sekitar 40.000 spesies tanaman bunga di
indonesia, 5.000 jenis diantaranya merupakan tanaman anggrek. Pada tanggal 5
juni 1990, indonesia mengumumkan tiga bunga yang dinobatkan sebagai bunga
nasional negara yaitu, anggrek bulan, melati dan Raflesia.
Gambar 1 bunga
anggrek bulan
|
Gambar 3 bunga
raflesia
|
Gambar 2 bunga
melati
|
Coba cari tahu sebuah kota yang dikenal sebagai kota bunga,
mampukah bunga menjadi daya tarik wisata? Berikan pendapatmu.
MEMBUAT POTPURRI
LANGKAH PEMBUATAN POTPOURRI
|
SIAPKAN:
1.
BERBAGAI JENIS BUNGA DENGAN ANEKA WARNA
SESUAI SELERA.
2. KAYU
MANIS ATAU CENGKEH
3.
MINYAK SARI BUNGA DENGAN WANGI BUNGA SESUAI
SELERA
LANGKAH KEGIATAN:
1.
KERINGKAN BUNGA-BUNGA YANG AKAN DIJADIKAN
POTPOURRI. PENGERINGAN BISA MEMAKAN WAKTU SATU SAMPAI DUA MINGGU. KERINGKAN
BUNGA DITEMPAT YANG KERING DAN BERVENTILASI BAIK. BUNGA SATU DENGAN BUNGA
YANG LAINNYA JANGAN DILETAKKAN TERLALU DEKAT AGAR BUNGA KERING SEMPURNA
2.
MASUKKAN SEMUA BUNGA YANG TELAH KERING
KEDALAM SEBUAH WADAH YANG TERTUTUP. BERILAH BEBERAPA TETES INYAK SARI
BUNGA. GUNCANG WADAH DENGAN HATI-HATI UNTUK MEMASTIKAN MINYAKSARI BUNGA
MENYEBAR SECARA MERATA. DIAMKAN SELAMA KURANG LEBIH ENAM MINGGU.
3.
ADUKLAH CAMPURAN SETIAP 2-3 HARI SEKALI.
4.
POTPOURRI MU SUDAH JADI. SIAPKAN MANGKUK
CANTIK DAN LETAKKAN POTPOURRI BUATANMU KE DALAMNYA. KAMU BISA MENAMBAHKAN
KELOPAK BUNGA LAIN UNTUK MEMPERKAYA WARNA POTPOURRI-MU
5.
SELAMAT MENCOBA
|
MEMPERAGAKAN PERCAKAPAN
Bacalah percakapan berikut dan peragakan dengan teman
sebangkumu!
Nina : “Seru sekali
ya, kali ini kita mendapat ilmu baru, membuat potpourri”.
Made : “iya, tapi
membuatnya lama sekali, ya!”
Nina : “memang lama,
tapi potpourri ini bisa menghasilkan uang dan lapangan pekerjaan, lho”
Made : “ternyata bunga
bisa memberi banyak manfaat ya, lihat saja kota Tomohon di Sulawesi Utara yang
menarik perhatian wisatawan dengan keindahan bunga-bunga yang dimilikinya.”
Nina : “betul sekali,
made”.
Bacalah teks berikut dengan cermat!
KOTA BUNGA TOMOHON
Tomohon merupakan salah satu kota yang terletak di Provinsi
Sulawesi Utara. Tomohon terletak dengan kota manado, kota yang terkenal dengan
taman laut Bunaken. Tomohon menjadi salah satu daerah juga yang terkenal akan
keindahan alamnya. Kota Tomohon dikelilingi oleh pegunungan dan perbukitan,
sehingga dudaranya cukup dingin. Oleh karena itu, kondisi udara di Tomohon
cocok untuk membudidayakan berbagai jenis bunga dan sayuran. Kota Tomohon pun
dikenal sebagai penghasil bunga.
Musim berbunga di Tmohon berlangsung pada bulan desember,
januari, dan april. Pada bulan juni dan juli didaerah tersebut diadakan
festival bunga yang diseleggarakan setiap dua tahun sekali. Festival bunga
tomohon merupakan sebuah acara yang bertaraf Internasional yang menampilkan
pawai kendaaaran yang berhiaskan aneka bunga indah. Acara tersebut di ikuti
oleh perwakilan beberapa negara, seperti malaysia, vietnam, philipina, prancis,
denmark, india dan rusia. Pada pelaksanaan
festival tahun 2012 tercatat 30 negara ikut dalam festival tersebut.
PEMANFAATAN SUMBER
DAYA ALAM
Kita patut berbangga bahwa indonesia ternyata dapat
menampilkan keindahan bunga-bunganya dalam sebuah acara bertaraf internasional,
seperti festival bunga Tomohon. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut secara
berkelompok (satu kelompok terdiri atas 3 siswa)
a.
Sumber daya alam hayati dan nonhayati apa saja yang terdapat di tomohon?
b.
Jelaskan bentuk pemanfataan sumber daya alam yang dilakukan oleh
masyarakat tomohon.
c.
Menurut pendapatmu, apa saja dampak positif dan negatif yang timbul dari
pemanfataan sumber daya alam tersebut?
d.
Siapakah pihak yang berwenang dan bertanggungjawab atas pemanfataan,
pelestarian, dan pengendalian sumber daya alam dikota tersebut?
Setelah menjawab pertanyaan, presentasikanlah jawaban
kelompokmu didepan kelas. Pastikan setiap peserta mendengarkan jawaban dari
kelompok lain agar bisa membuat ringkasan dari hasil diskusi kelas.
MEMBUAT KARANGAN
EKSPOSISI
Indonesia memiliki begitu banyak
keindahan alam sebagai sebuah anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Kita
memiliki taman laut, pantai, telaga danau, pegunungan, hutan, perbukitan dan
sungai yang terkenal hingga ke mancanegara. Hal ini bisa dilihat dari tingginya
kunjungan wisatawan mancanegara ke indonesia per periode januari-juni 2013,
yakni mencapai 4.154.478 orang atau naik 7,2% dibandingkan periode yang sama
tahun lalu. Sungguh merupakan hal yang patut dibanggakan.
Didaerahmu pasti juga ada keindahan
alam yang menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Cari tahu lebih
lanjut tentang:
-
Daya tarik keindahan alam yang ditawarkan daerah tersebut.
-
Jumlah kunjungan wisatawan yang mendatanginya.
-
Dampak yang ditimbulkan bagi masyarakat sekitar.
Gunakan wawancara sebagai salah satu cara memperoleh informasi. Kamu juga
dapat mencari informasi sehubungan dengan keindahan alam daerah sekitarmu lewat
internet ataupun koran lokal. Buatlah karangan eksposisi tentang wisata kotamu
yang tentunya menawarkan keindahan alam.
1.
Buatlah karangan eksposisi terdiri atas tiga paragraf.
2.
Gunakan tata bahasa indonesia yang baik dan benar.
3.
Tulislah dengan rapi dan mudah di baca.
NAMA : ………………………………………
KELAS : ………………………………………
A.
PILIHLAH JAWABAN YANG TEPAT
1.
Indonesia
mengumumkan tiga bunga sebagai bunga nasional yaitu bunga anggrek bulan, melati
dan raflesia, pada tanggal berapakah
indonesia mengumumkan hal tersebut . . .
a.
5 juni 1990 c. 25 juni 1990
b.
15 juni 1990 d. 5 juli 1990
2.
Salah satu kota
yang terdapat di Indonesia yang dikenal atau dijuluki sebagai kota bunga adalah
. . .
a.
Jakarta c.
Tomohon
b.
Yogyakarta d. Cirebon
3.
Musim berbunga
di kota tomohon adalah
a.
Desember,
februari dan maret
b.
Desember,
januari dan april
c.
Desember,
November dan oktober
d.
Januari, april
dan mei
4.
Pada bulan juni
dan juli kota tomohon menggelar acara festival bunga. Berapa tahun sekali acara
festival bunga diadakan. . .
a.
Tiga tahun c. dua tahun
b.
Empat tahun d. satu tahun
5.
Berikut
Negara-negara manakah yang mengikuti acara festival bunga pada tahun 2012 . . .
a.
Malaysia,
Vietnam, dan Perancis
b.
Denmark, Korea,
dan Japan
c.
Amerika, Rusia,
dan Kanada
d.
Swis, Spanyol
dan Inggris
Lampiran kunci jawaban
1.
A (5 Juni 1990)
2.
C (Tomohon)
3.
B (Desember,
Januari dan April)
4.
C (Dua tahun)
5.
A (Malaysia,
Vietnam, dan Perancis)
No comments:
Post a Comment