RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SDN 1 TUKMUDAL
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semsester :
III (Tiga) / II (Dua)
Alokasi Waktu :
2x35menit
A. Standar Kompetensi
4. Memahami berbagai cara gerak benda,
hubungannya dengan energi
dan sumber.
B. Kompetensi Dasar
4.2 Mendeskripsikan
hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas,
gerak, getaran dalam kehidupan
sehari-hari.
C. Indikator
4.2.1 Siswa dapat menyebutkan
macam-macam energy.
4.2.2 Siswa dapat
menyebutkan kegunaan energy dalam kehidupan sehari-
hari.
4.2.3 Siswa dapat
menjelaskan kegunaan energy panas dalam kehidupan
sehari-hari.
4.2.4 Siswa dapat
menjelaskan pengaruh energy gerak dalam kehidupan
sehari-hari.
4.2.5 Siswa dapat menjelaskan
pengaruh getaran dalam kehidupan sehari
hari.
4.2.6 Siswa dapat
membuat kincir angin dengan baik.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui kegiatan ceramah siswa dapat mengetahui macam-macam
energi dengan baik.
2.
Melalui kegiatan tanya jawab siswa dapat menyebutkan
kegunaan energy dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
3.
Melalui kegiatan pengamatan siswa dapat menjelaskan
kegunaan energy panas dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
4.
Melalui kegiatan pengamatan siswa dapat menjelaskan
pengaruh energy gerak dalam kehidupan sehari-hari.
5.
Melalui kegiatan pengamatan siswa dapat menjelaskan
pengaruh getaran dalam kehidupan sehari- hari.
6.
Melalui kegiata eksperimen siswa dapat membuat kincir
angin dengan baik.
Karakter yang
diharapkan: disiplin, Tanggungjawab, dan interaktif percaya diri.
E. Materi Ajar
1. Bentuk-bentuk energi 








F. Pendekatan dan Metode
Pendekatan : Scientific
Metode : Ceramah, tanya jawab, pengamatan
dan eksperimen.
G. Sumber/Media Pembelajaran
1. Sumber Pembelajaran
a.
Buku paket (ESPS. (2015). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI Kelas III. Jakarta: Erlangga.
Halaman 72-75).
b.
Buku paket (Arifin Mulyati. dkk . (2009). Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkunganku untuk
SD/MI Kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Halaman 69-82).
2. Media Pembelajaran
a.
Infokus
b.
Power point
c.
Video bentuk-bentuk energi
H. Langkah-langkah
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Awal
|
Guru memberikan salam dan mengajak siswa
untuk berdoa.
|
10 menit
|
Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar
dan mengabsen kehadiran siswa.
|
||
Guru bertanya tentang pelajaran kemarin
yang dipelajari dan memberikan apersepsi terhadap materi yang hari ini akan
dipelajari yaitu tentang bentuk-bentuk energy dan kegunaannya.
|
||
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
tentang bentuk-bentuk energy dan kegunaannya.
|
||
Inti
|
Eksplorasi
Guru menjelaskan bentuk-bentuk energy dan
kegunaannya.
|
45 menit
|
Guru menjelaskan materi yang akan
dipelajari hari ini yaitu tentang bentuk-bentuk energy dan kegunaannya.
|
||
|
Elaborasi
Guru mengajak siswa untuk mengamati video
yang diberikan oleh guru tentang bentuk-bentuk energy.
|
|
Guru meminta siswa untuk memberikan
komentar terhadap video yang telah ditonton.
|
||
Guru membagikan kertas origami kepada
siswa.
|
||
Guru menugaskan siswa untuk membuat kincir
angin yang terbuat dari origami dan sesuai petunjuk yang ada dibuku paket
halaman 75.
|
||
Guru berkeliling kelas pada saat siswa
membuat kincir angin.
|
||
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
Tiap individu melaporkan hasil
diskusinya dengan bimbingan guru.
|
||
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa.
|
||
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
|
||
Penutup
|
Bersama siswa, guru membuat kesimpulan
mengenai materi yang telah dipelajari hari ini.
|
15
menit
|
Sebelum menutup pelajaran guru mengadakan
evaluasi
|
||
Guru menutup pelajaran dengan mengajak
siswa untuk berdoa.
|
I. Penilaian
Jenis Tes : Lisan dan Tertulis
Bentuk Tes :
Pilihan Ganda
Instrumen : Soal,
Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian
1. Penilaian
Proses
Format Observasi Penilaian Proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai Akhir
|
Keterangan
|
|||||||||||||||
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Interaktif
|
Percaya Diri
|
|||||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a.
Disiplin
·
Berinteraksi dengan semua anggota kelompok.
·
Mengikuti prosedur
langkah-langkah permainan sesuai dengan petunjuk pada buku
·
Tidak membebankan tugas
kepada salah satu anggota kelompok.
·
Tidak menyalahkan salah satu anggota apabila terjadi
kesalahan.
b.
Tanggung Jawab
·
Melaksanakan tugas kelompok dengan baik.
·
Membantu anggota kelompok untuk dapat menyelesaikan
tugas.
·
Terlibat dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
·
Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa
disuruh/diminta.
c.
Percaya Diri
·
Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
·
Tidak canggung dalam bertindak.
·
Berani presentasi di depan kelas.
·
Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
d.
Presentasi Hasil
Pengamatan
·
Mempresentasikan hasil pengamatan sesuai dengan data yang
didapatkan.
·
Mempresentasikan hasil pengamatan dengan menggunakan
bahasa yang baik dan suara yang jelas.
·
Menguasai materi dan dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan
dengan materi presentasi.
·
Presentasi menarik dan penuh percaya diri.
Penilaian
·
Nilai 4 diberikan kepada siswa yang melakukan semua
indikator.
·
Nilai 3 diberikan kepada siswa yang melakukan 3
indikator.
·
Nilai 2 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 2
indikator.
·
Nilai 1 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 1
indikator.
Kriteria Penilaian
·
1– 4 = Sangat
Kurang (SK)
·
5 - 8 =
Kurang (K)
·
9 – 12 = Baik (B)
·
13- 16 = Amat Baik
(AB)
Pedoman Penilaian : Skor
Maksimal = 16
|
|
|
|
Lampiran:
LEMBAR
EVALUASI
NAMA : ………………………………….
KELAS : ………………………………….
A. PILIHLAH JAWABAN BERIKUT DENGAN TEPAT!
1.
Getaran dawai gitar menghasilkan energy . . .
a.
Panas c. Bunyi
b.
Cahaya d. Listrik
2.
Benda Berikut yang menggunakan energy listrik adalah . .
.
a.
Radio c. Payung
b.
Ember d.
Meja

3.
Perhatikan gambar disamping!
Benda
tersebut menghasilkan energy. . .
a.
Kimia c. Cahaya
b.
Listrik d. Gerak
4.
Sumber energy bagi tubuh kita berasal dari . . .
a.
Matahari c. Air
b.
Makanan d. Angin
5.
Kincir angin digerakkan oleh . . .
a.
Angin c. Panas
b.
Air d. Bunyi
6.
Ibu menjemur pakaian ibu manfaatkan energy . . .
a.
Gerak c. Potensial
b.
Getaran d.
Panas
7.
Peralatan listrik yang menghasilkan energy gerak adalah .
. .
a.
Kipas Angin c. Televisi
b.
Seterika d. Radio
8.
Benda berikut yang memanfaatkan energy benda gerak angin,
Kecuali . . .
a.
Perahu layar c.
Sepeda
b.
Layang-layang d. Kincir angin
9.
Seterika menghasilkan energy . . .
a.
Panas c.
Getaran
b.
Bunyi d.
Listrik
10.
Gerakan air sungai disebut . . .
a.
Mengalir c.
memancur
b.
Merambat d.
memantul
Lampiran
Kunci Jawaban
1.
C ( Bunyi)
2.
A (Radio)
3.
C (Cahaya)
4.
B (Makanan)
5.
A (Angin)
6.
D (Panas)
7.
A (Kipas Angin)
8.
C (Sepeda)
9.
A (Panas)
10.
A (Mengalir)
No comments:
Post a Comment