RPP KELAS 3SD MACAM MACAM ENERGI




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SDN 1 TUKMUDAL
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semsester          : III (Tiga) / II (Dua)
Alokasi Waktu            : 2x35menit


A.    Standar Kompetensi
4.   Memahami berbagai cara gerak benda, hubungannya dengan energi
      dan sumber.
B.     Kompetensi Dasar
4.2 Mendeskripsikan hasil pengamatan tentang pengaruh energi panas,
      gerak, getaran dalam kehidupan sehari-hari.
C.    Indikator
4.2.1 Siswa dapat menyebutkan macam-macam energy.
4.2.2 Siswa dapat menyebutkan kegunaan energy dalam kehidupan sehari-
         hari.
4.2.3 Siswa dapat menjelaskan kegunaan energy panas dalam kehidupan
         sehari-hari.
4.2.4 Siswa dapat menjelaskan pengaruh energy gerak dalam kehidupan
         sehari-hari.
4.2.5 Siswa dapat menjelaskan pengaruh getaran dalam kehidupan sehari
         hari.
4.2.6 Siswa dapat membuat kincir angin dengan baik.






D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui kegiatan ceramah siswa dapat mengetahui macam-macam energi dengan baik.
2.      Melalui kegiatan tanya jawab siswa dapat menyebutkan kegunaan energy dalam kehidupan sehari-hari dengan tepat.
3.      Melalui kegiatan pengamatan siswa dapat menjelaskan kegunaan energy panas dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
4.      Melalui kegiatan pengamatan siswa dapat menjelaskan pengaruh energy gerak dalam kehidupan sehari-hari.
5.      Melalui kegiatan pengamatan siswa dapat menjelaskan pengaruh getaran dalam kehidupan sehari- hari.
6.      Melalui kegiata eksperimen siswa dapat membuat kincir angin dengan baik.
Karakter yang diharapkan: disiplin, Tanggungjawab, dan interaktif percaya diri.
E.     Materi Ajar
1.     Bentuk-bentuk energi


























F.     Pendekatan dan Metode
Pendekatan     : Scientific
Metode            : Ceramah, tanya jawab, pengamatan dan eksperimen.
G.    Sumber/Media Pembelajaran
1.      Sumber Pembelajaran
a.       Buku paket (ESPS. (2015). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI Kelas III. Jakarta: Erlangga. Halaman 72-75).
b.      Buku paket (Arifin Mulyati. dkk . (2009). Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkunganku untuk SD/MI Kelas III. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Halaman 69-82).



2.      Media Pembelajaran
a.       Infokus
b.      Power point
c.       Video bentuk-bentuk energi
H.    Langkah-langkah
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Awal
Guru memberikan salam dan mengajak siswa untuk berdoa.
10 menit
Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar dan mengabsen kehadiran siswa.
Guru bertanya tentang pelajaran kemarin yang dipelajari dan memberikan apersepsi terhadap materi yang hari ini akan dipelajari yaitu tentang bentuk-bentuk energy dan kegunaannya.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang bentuk-bentuk energy dan kegunaannya.
Inti
Eksplorasi
Guru menjelaskan bentuk-bentuk energy dan kegunaannya.
45 menit
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari hari ini yaitu tentang bentuk-bentuk energy dan kegunaannya.

Elaborasi
Guru mengajak siswa untuk mengamati video yang diberikan oleh guru tentang bentuk-bentuk energy.

Guru meminta siswa untuk memberikan komentar terhadap video yang telah ditonton.
Guru membagikan kertas origami kepada siswa.
Guru menugaskan siswa untuk membuat kincir angin yang terbuat dari origami dan sesuai petunjuk yang ada dibuku paket halaman 75.
Guru berkeliling kelas pada saat siswa membuat kincir angin.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
Tiap individu melaporkan hasil diskusinya dengan bimbingan guru.
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
Penutup
Bersama siswa, guru membuat kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari hari ini.
15 menit
Sebelum menutup pelajaran guru mengadakan evaluasi
Guru menutup pelajaran dengan mengajak siswa untuk berdoa.

I.       Penilaian
Jenis Tes          :  Lisan dan Tertulis
Bentuk Tes      :  Pilihan Ganda
Instrumen        :  Soal, Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian

1.      Penilaian Proses
Format Observasi Penilaian Proses
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai Akhir
Keterangan
Disiplin
Tanggung Jawab
Interaktif
Percaya Diri
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1




















2




















3




















4




















5




















Keterangan :
a.        Disiplin
·           Berinteraksi dengan semua anggota kelompok.
·           Mengikuti prosedur langkah-langkah permainan sesuai dengan petunjuk pada buku
·           Tidak membebankan tugas kepada salah satu anggota kelompok.
·           Tidak menyalahkan salah satu anggota apabila terjadi kesalahan.
b.        Tanggung Jawab
·           Melaksanakan tugas kelompok dengan baik.
·           Membantu anggota kelompok untuk dapat menyelesaikan tugas.
·           Terlibat dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
·           Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta.
c.         Percaya Diri
·           Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
·           Tidak canggung dalam bertindak.
·           Berani presentasi di depan kelas.
·           Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
d.        Presentasi Hasil Pengamatan
·           Mempresentasikan hasil pengamatan sesuai dengan data yang didapatkan.
·           Mempresentasikan hasil pengamatan dengan menggunakan bahasa yang baik dan suara yang jelas.
·           Menguasai materi dan dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi presentasi.
·           Presentasi menarik dan penuh percaya diri.
Penilaian
·           Nilai 4 diberikan kepada siswa yang melakukan semua indikator.
·           Nilai 3 diberikan kepada siswa yang melakukan 3 indikator.
·           Nilai 2 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 2 indikator.
·           Nilai 1 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 1 indikator.
Kriteria Penilaian
·         1– 4  = Sangat Kurang (SK)
·          5 -  8  = Kurang (K)
·          9 – 12 = Baik (B)
·         13- 16  = Amat Baik (AB)
Pedoman Penilaian          :                              Skor Maksimal       =          16


Nilai Akhir = x 100

 
 




Mahasiswa PPL



Wahyu Rosidin
NIM 130641073
 
Guru Kelas 3B
SDN 1 Tukmudal



Nyenci Rumsari,A.Ma.Pd
NIP.19580404 197912 2 002

 
Cirebon, 31 Januari 2017







Mengetahui;
Kepala Sekolah
SDN 1 Tukmudal



Abdul Fatah, S.Pd
NIP. 19670305 199203 1 009
 
 
















Lampiran:
LEMBAR EVALUASI
NAMA           : ………………………………….
KELAS          : ………………………………….
A.    PILIHLAH JAWABAN BERIKUT DENGAN TEPAT!
1.      Getaran dawai gitar menghasilkan energy . . .
a.       Panas                           c. Bunyi
b.      Cahaya                                    d. Listrik
2.      Benda Berikut yang menggunakan energy listrik adalah . . .
a.       Radio                          c. Payung
b.      Manfaat Energi Cahaya.jpgEmber                          d. Meja
3.      Perhatikan gambar disamping!
Benda tersebut menghasilkan energy. . .
a.       Kimia                          c. Cahaya
b.      Listrik                          d. Gerak
4.      Sumber energy bagi tubuh kita berasal dari . . .
a.       Matahari                      c. Air
b.      Makanan                     d. Angin
5.      Kincir angin digerakkan oleh . . .
a.       Angin                          c. Panas
b.      Air                               d. Bunyi
6.      Ibu menjemur pakaian ibu manfaatkan energy . . .
a.       Gerak                          c. Potensial
b.      Getaran                       d. Panas
7.      Peralatan listrik yang menghasilkan energy gerak adalah . . .
a.       Kipas Angin                c. Televisi
b.      Seterika                       d. Radio
8.      Benda berikut yang memanfaatkan energy benda gerak angin, Kecuali . . .
a.       Perahu layar                c. Sepeda
b.      Layang-layang                        d. Kincir angin
9.      Seterika menghasilkan energy . . .
a.       Panas                           c. Getaran
b.      Bunyi                          d. Listrik
10.  Gerakan air sungai disebut . . .
a.       Mengalir                      c. memancur
b.      Merambat                    d. memantul

Lampiran
Kunci Jawaban
1.      C ( Bunyi)
2.      A (Radio)
3.      C (Cahaya)
4.      B (Makanan)
5.      A (Angin)
6.      D (Panas)
7.      A (Kipas Angin)
8.      C (Sepeda)
9.      A (Panas)
10.  A (Mengalir)

No comments:

Post a Comment