RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SDN 1 TUKMUDAL
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semsester : II (Dua) / II (Dua)
Alokasi
Waktu : 2x35menit
Tema : Aku dan Keluargaku
A. Standar
Kompetensi
5.
Memahami
pesan pendek dan dongeng yang dilisankan.
6.
Mengungkapkan
secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.
B. Kompetensi
Dasar
5.1 Menyampaikan
pesan pendek yang didengarnya kepada orang lain.
C. Indikator
1.
Siswa mampu mendengarkan pesan yang
dibacakan guru.
2.
Siswa mampu menjawab pertanyaan sesuai
pesan yang didengar.
3.
Siswa mampu menyampaikan isi pesan yang
didengar kepada teman.
4.
Siswa mampu mendengarkan guru membaca
cerita anak.
5.
Siswa mampu menjawab pertanyaan
berdasarkan cerita anak yang didengar.
D. Tujuan
Pembelajaran
1.
Melalui
kegiatan ceramah siswa dapat memahami isi cerita anak dengan baik.
2.
Melalui
kegiatan Tanya jawab siswa dapat mengetahui pengertian keluarga dengan tepat.
3.
Melaui
kegiatan pengamatan siswa dapat mengetahui jenis-jenis keluarga dengan cernat.
4.
Melalui
kegiatan pengamatan siswa dapat membedakan keluarga besar dan keluarga kecil.
5.
Melalui
kegiatan tanya jawab siswa dapat memahami bagan silsilah keluarga dengan baik.
6.
Melalui
kegiatan tanya jawab siswa dapat mengidentifikasi tugas-tugas anggota keluarga
dengan cermat.
Karakter
yang diharapkan:
disiplin, Tanggungjawab, dan interaktif percaya diri.
E. Materi
Ajar
1. Aku
dan Keluargaku (Terlampir)
F. Pendekatan
dan Metode
Pendekatan :
Kontekstual
Metode :
Ceramah, Tanya Jawab dan Pengamatan.
G. Sumber/Media
Pembelajaran
1. Sumber
Pembelajaran
a.
Buku
paket ESPS (Indradi dan Purwahida Rahmah. (2015). Bahasa Indonesia untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Erlangga. Halaman
97-99).
2. Media
Pembelajaran
a.
Infokus.
b.
Power
Point.
H. Langkah-langkah
Kegiatan
|
Deskripsi
kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Awal
|
Guru memberikan salam dan mengajak siswa untuk berdoa.
|
10
menit
|
Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar dan
mengabsen kehadiran siswa.
|
||
Guru bertanya tentang pelajaran kemarin yang dipelajari
dan memberikan apersepsi terhadap materi yang hari ini akan dipelajari.
|
||
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang aku dan
keluargaku.
|
||
Inti
|
Eksplorasi
Guru menjelaskan materi tentang aku dan keluargaku
melalui power point.
|
40
menit
|
Guru melakukan kegiatan tanya jawab tentang jenis-jenis
keluarga.
|
||
Guru meminta siswa untuk mengamati gambar tentang
keluarga besar dan keluarga kecil.
|
||
Guru melakukan kembali kegiatan tanya jawab tentang
keluarga besar dan keluarga kecil.
|
||
Guru meminta siswa untuk mengamati gambar bagan
mengenai silsilah keluarga.
|
||
Guru melakukan tanya jawab terhadap apa yang telah
diamati.
|
||
Guru melakukan
tanya jawab tentang tugas-tugas anggota keluarga.
|
||
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi: Guru bertanya jawab tentang hal-hal
yang belum diketahui siswa.
|
||
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan.
|
||
Penutup
|
Bersama siswa, guru membuat kesimpulan
mengenai materi yang telah dipelajari hari ini.
|
10 menit
|
Sebelum menutup pelajaran guru mengadakan
evaluasi
|
||
Guru menutup pelajaran dengan mengajak
siswa untuk berdoa.
|
I. Penilaian
Jenis Tes : Tes lisan, tes tertulis dan non-tes
(portofolio).
Bentuk Tes :
Jawaban Singkat, Sesuai tidak sesuai.
Instrumen : Soal,
Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian
|
|
|
Lampiran bahan ajar









Saat membaca cerita
anak, pahamilah isinya dengan baik!
Jika kamu sudah
memahami isi cerita, kamu dapat bercerita kepada orang lain.
Bagaimana cara
memahami isi cerita?
Bacalah cerita
dengan sungguh-sungguh!
Bacalah kembali
jika kamu kurang memahami isi cerita!
Ayo, bacalah cerita berikut!
BERKUMPUL BERSAMA KELUARGA
Liburan tahun lalu,
Tasya berlibur ke rumah kakek di Yogyakarta.
Sampai di tempat
tujuan, Tasya dan keluarganya disambut hangat oleh kakek dan nenek.
Dirumah kakek sudah
ada paman, bibi dan sepupu Tasya. Tasya bermain bersama sepupunya.
Di belakang rumah
kakek ada kebut tomat, disana juga ada kolam lele.
Tasya memetik buah
tomat lalu memakannya.
Tasya sangat senang
liburan di rumah kakek.
Lampiran
Lembar Kerja Siswa
Nama :
………………………………..
Kelas :
………………………………..
|
Isi
Cerita!
1.
|
2.
|
3.
|
4.
|
5.
Di belakang rumah kakek Tasya ada kolam ikan lele.
Lampiran
Kunci jawaban
Berilah tanda B untuk sesuai dan S jika sesuai dengan isi
cerita
1.
B (Sesuai)
2.
S (Tidak Sesuai)
3.
S (Tidak sesuai)
4.
S (Tidak sesuai)
5.
B (Sesuai)
Skor penilaian
= Skor yang diperoleh x 20 = 100
No comments:
Post a Comment