RPP KELAS 2 AKU DAN KELUARGAKU




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SDN 1 TUKMUDAL
Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia
Kelas/Semsester          : II (Dua) / II (Dua)
Alokasi Waktu            : 2x35menit
Tema                           : Aku dan Keluargaku


A.    Standar Kompetensi
5.      Memahami pesan pendek dan dongeng yang dilisankan.
6.      Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.
B.     Kompetensi Dasar
5.1  Menyampaikan pesan pendek yang didengarnya kepada orang lain.
C.    Indikator
1.      Siswa mampu mendengarkan pesan yang dibacakan guru.
2.      Siswa mampu menjawab pertanyaan sesuai pesan yang didengar.
3.      Siswa mampu menyampaikan isi pesan yang didengar kepada teman.
4.      Siswa mampu mendengarkan guru membaca cerita anak.
5.      Siswa mampu menjawab pertanyaan berdasarkan cerita anak yang didengar.
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui kegiatan ceramah siswa dapat memahami isi cerita anak dengan baik.
2.      Melalui kegiatan Tanya jawab siswa dapat mengetahui pengertian keluarga dengan tepat.
3.      Melaui kegiatan pengamatan siswa dapat mengetahui jenis-jenis keluarga dengan cernat.
4.      Melalui kegiatan pengamatan siswa dapat membedakan keluarga besar dan keluarga kecil.
5.      Melalui kegiatan tanya jawab siswa dapat memahami bagan silsilah keluarga dengan baik.
6.      Melalui kegiatan tanya jawab siswa dapat mengidentifikasi tugas-tugas anggota keluarga dengan cermat.
Karakter yang diharapkan: disiplin, Tanggungjawab, dan interaktif percaya diri.
E.     Materi Ajar
1.      Aku dan Keluargaku (Terlampir)
F.     Pendekatan dan Metode
Pendekatan     : Kontekstual
Metode            : Ceramah, Tanya Jawab dan Pengamatan.
G.    Sumber/Media Pembelajaran
1.      Sumber Pembelajaran
a.       Buku paket ESPS (Indradi dan Purwahida Rahmah. (2015). Bahasa Indonesia untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Erlangga. Halaman 97-99).
2.      Media Pembelajaran
a.       Infokus.
b.      Power Point.
H.    Langkah-langkah

Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Awal
Guru memberikan salam dan mengajak siswa untuk berdoa.
10 menit
Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar dan mengabsen kehadiran siswa.
Guru bertanya tentang pelajaran kemarin yang dipelajari dan memberikan apersepsi terhadap materi yang hari ini akan dipelajari.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang aku dan keluargaku.
Inti
Eksplorasi
Guru menjelaskan materi tentang aku dan keluargaku melalui power point.
40 menit
Guru melakukan kegiatan tanya jawab tentang jenis-jenis keluarga.
Guru meminta siswa untuk mengamati gambar tentang keluarga besar dan keluarga kecil.
Guru melakukan kembali kegiatan tanya jawab tentang keluarga besar dan keluarga kecil.
Guru meminta siswa untuk mengamati gambar bagan mengenai silsilah keluarga.
Guru melakukan tanya jawab terhadap apa yang telah diamati.
Guru melakukan tanya jawab tentang tugas-tugas anggota keluarga.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi: Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
Penutup
Bersama siswa, guru membuat kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari hari ini.
10 menit
Sebelum menutup pelajaran guru mengadakan evaluasi
Guru menutup pelajaran dengan mengajak siswa untuk berdoa.
I.       Penilaian
Jenis Tes          :  Tes lisan, tes tertulis dan non-tes (portofolio).
Bentuk Tes      :  Jawaban Singkat, Sesuai tidak sesuai.
Instrumen        :  Soal, Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian









Mahasiswa PPL



Wahyu Rosidin
NIM 130641073
 
Guru Kelas 2B
SDN 1 Tukmudal



Yety Rostati, S.Pd
NIP. 19601005 198204 2 004

 
Cirebon, 24 Januari 2017







Mengetahui;
Kepala Sekolah
SDN 1 Tukmudal



Abdul Fatah, S.Pd
NIP. 19670305 199203 1 009
 
 


















Lampiran bahan ajar
Aku dan Keluargaku

A. Memahami isi cerita anak
Saat membaca cerita anak, pahamilah isinya dengan baik!
Jika kamu sudah memahami isi cerita, kamu dapat bercerita kepada orang lain.
Bagaimana cara memahami isi cerita?
Bacalah cerita dengan sungguh-sungguh!
Bacalah kembali jika kamu kurang memahami isi cerita!






Ayo, bacalah cerita berikut!
BERKUMPUL BERSAMA KELUARGA
Liburan tahun lalu, Tasya berlibur ke rumah kakek di Yogyakarta.
Sampai di tempat tujuan, Tasya dan keluarganya disambut hangat oleh kakek dan nenek.
Dirumah kakek sudah ada paman, bibi dan sepupu Tasya. Tasya bermain bersama sepupunya.
Di belakang rumah kakek ada kebut tomat, disana juga ada kolam lele.
Tasya memetik buah tomat lalu memakannya.
Tasya sangat senang liburan di rumah kakek.



















Lampiran
Lembar Kerja Siswa
Nama                   : ………………………………..
Kelas          : ………………………………..


 
Berilah Tanda B Jika Sesuai dan S Jika Tidak Sesuai Dengan
Isi Cerita!

1.    

 
Tasya berlibur kerumah kakek.                                         
2.    

 
Rumah kakek Tasya berada di Surabaya.
3.    

 
Tasya berlibur saat liburan akhir pekan.
4.    

 
Tasya bermain sendiri saat dirumah kakek.
5.     Di belakang rumah kakek Tasya ada kolam ikan lele.










Lampiran
Kunci jawaban
Berilah tanda B untuk sesuai dan S jika sesuai dengan isi cerita
1.     B (Sesuai)
2.     S (Tidak Sesuai)
3.     S (Tidak sesuai)
4.     S (Tidak sesuai)
5.     B (Sesuai)

Skor penilaian =  Skor yang diperoleh  x 20 = 100

No comments:

Post a Comment