RPP KELAS 2 KENAMPAKAN MATAHARI




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SDN 1 TUKMUDAL
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semsester          : II (Dua) / II (Dua)
Alokasi Waktu            : 2x35menit


A.    Standar Kompetensi
4.   Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan
sehari-hari.
B.     Kompetensi Dasar
4.1 Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
C.    Indikator
4.1.1 Siswa dapat membedakan panas yang dipancarkan matahari pada
waktu pagi, siang dan sore hari.
4.1.2 Siswa dapat menceritakan adanya hubungan antara kedudukan
mathari dengan baying-bayang yang dihasilkan.
D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Melalui kegiatan ceramah siswa dapat mengetahui pengaruh matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan dibumi degan baik.
2.      Melaui kegiatan diskusi siswa dapat menjelaskan kenampakan matahari padi pagi, siang dan sore hari tepat.
3.      Melalui kegiatan pengamatan siswa dapat menceritakan perbedaan bayang-bayang pada pagi, siang dan sore hari dengan benar.
4.      melalui kegiatan Tanya jawab siswa dapat mengetahui dan menyebutkan kegunaan panas dan cahaya matahari dengan baik.
5.      Melalui kegiatan pengamatan siswa dapat menceritakan cara menghindari pengaruh panas matahari yang merugikan tubuh dengan baik.
Karakter yang diharapkan: disiplin, Tanggungjawab, dan interaktif percaya diri.
E.     Materi Ajar
1.     Kenampakan Matahari (Terlampir)
F.     Pendekatan dan Metode
Pendekatan     : Kontekstual
Metode            : Ceramah, Tanya Jawab, Pengamatan dan Diskusi.
G.    Sumber/Media Pembelajaran
1.      Sumber Pembelajaran
a.       Buku paket ESPS (Irene. (2015). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Erlangga. Halaman 101-107).
b.      Buku BSE (Isnawati YS dan Widiyatmi AR. (2010). Ilmu Pengetahuan Alam Mengenal Lingkungan Sekitar Kita untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Halaman 99-106).
2.      Media Pembelajaran
a.       Infokus
b.      Video tentang kenampakan matahari.
H.    Langkah-langkah
Kegiatan
Deskripsi kegiatan
Alokasi Waktu
Awal
Guru memberikan salam dan mengajak siswa untuk berdoa.
10 menit
Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar dan mengabsen kehadiran siswa.
Guru bertanya tentang pelajaran kemarin yang dipelajari dan memberikan apersepsi terhadap materi yang hari ini akan dipelajari.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran tentang pengaruh sinar matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan dibumi.
Inti
Eksplorasi
Guru menjelaskan kenampakan matahari
55 menit
Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari hari ini yaitu kenampakan matahari di pagi, siang dan sore hari.
Guru menjelaskan materi tentang panas dan cahaya matahari serta pengaruh matahari bagi kesehatan


Elaborasi
Guru mengajak siswa untuk membuat keterampilan jam matahari.

Guru menjelaskan bagaimana proses pembuatan keterampilan matahari.
Setelah dijelaskan kemudian guru membagi siswa kedalam beberapa kelompok.
Setalah kelompok terbagi secara heterogon kemudian guru memberikan lebar kerja siswa tentang lembar pengamatan jam matahari.
Siswa mempresentasikan hasil pengamatan tentang jam matahari.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
Tiap kelompok melaporkan hasil diskusinya dengan bimbingan guru.
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.
Penutup
Bersama siswa, guru membuat kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari hari ini.
5 menit
Sebelum menutup pelajaran guru mengadakan evaluasi
Guru menutup pelajaran dengan mengajak siswa untuk berdoa.





I.       Penilaian
Jenis Tes          :  Lisan dan Tertulis
Bentuk Tes      :  Pilihan Ganda
Instrumen        :  Soal, Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian

1.      Penilaian Proses
Format Observasi Penilaian Proses
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Jumlah Skor
Nilai Akhir
Keterangan
Disiplin
Tanggung Jawab
Interaktif
Percaya Diri
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
4
3
2
1
1




















2




















3




















4




















5




















Keterangan :
a.        Disiplin
·           Berinteraksi dengan semua anggota kelompok.
·           Mengikuti prosedur langkah-langkah permainan sesuai dengan petunjuk pada buku
·           Tidak membebankan tugas kepada salah satu anggota kelompok.
·           Tidak menyalahkan salah satu anggota apabila terjadi kesalahan.
b.        Tanggung Jawab
·           Melaksanakan tugas kelompok dengan baik.
·           Membantu anggota kelompok untuk dapat menyelesaikan tugas.
·           Terlibat dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
·           Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa disuruh/diminta.
c.         Percaya Diri
·           Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
·           Tidak canggung dalam bertindak.
·           Berani presentasi di depan kelas.
·           Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
d.        Presentasi Hasil Pengamatan
·           Mempresentasikan hasil pengamatan sesuai dengan data yang didapatkan.
·           Mempresentasikan hasil pengamatan dengan menggunakan bahasa yang baik dan suara yang jelas.
·           Menguasai materi dan dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi presentasi.
·           Presentasi menarik dan penuh percaya diri.
Penilaian
·           Nilai 4 diberikan kepada siswa yang melakukan semua indikator.
·           Nilai 3 diberikan kepada siswa yang melakukan 3 indikator.
·           Nilai 2 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 2 indikator.
·           Nilai 1 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 1 indikator.
Kriteria Penilaian
·         1– 4  = Sangat Kurang (SK)
·          5 -  8  = Kurang (K)
·          9 – 12 = Baik (B)
·         13- 16  = Amat Baik (AB)
Pedoman Penilaian          :                              Skor Maksimal       =          16


Nilai Akhir = x 100

 
 












Mahasiswa PPL



Wahyu Rosidin
NIM 130641073
 
Guru Kelas 2A
SDN 1 Tukmudal



EEM EMAH, S.Pd. SD
NIP.19700724 200801 2 003

 
Cirebon, 18 Januari 2017







Mengetahui;
Kepala Sekolah
SDN 1 Tukmudal



Abdul Fatah, S.Pd
NIP. 19670305 199203 1 009
 
 



















Lampiran:
Bahan ajar
Pengaruh Matahari Bagi Kehidupan
Matahari menyinari Bumi kita.
Apabila tidak ada Matahari, Bumi gelap.
Matahari sangat bermanfaat bagi kehidupan.
Apa saja manfaatnya?
Marilah kita belajar bersama.

Siang dan Malam
Kalian pergi ke sekolah saat siang hari.
Kalian tidur saat malam hari.
Apa perbedaan siang dan malam?










Gambar 1
Siang dan Malam
 
 


Siang muncul Matahari.
Udarapun bertambah segar.
Matahari merupakan salah satu benda langit.
Matahari memancarkan panas dan cahaya.
Malam tidak ada Matahari.



Kenampakan Matahari

Kedudukan matahari selalu tetap. Akan tetapi, jika dilihat dari bumi, kedudukan matahari tampak berubah dari waktu kewaktu. Matahari terlihat pada pagi, siang dan sore hari. Pada malam hari, matahari hanya terlihat di belahan bumi yang lain.
Kenampakan Matahari berbeda.
Pagi hari Matahari di sebelah timur.
Siang hari Matahari di atas kepala.
Sore hari Matahari di sebelah barat.
Semakin sore cahaya matahari semakin redup. Panas matahari juga semakin berkurang. Matahari tampak terbenam disebelah barat. Matahari terbenam pertanda malam tiba. Bulan muncul menggantikan matahari, cahaya bulan tidak seterang cahaya matahari.
Matahari di Pagi Hari

Hari ini hari Minggu. Andi bangun pukul 05.00 pagi. Perlahan Matahari mulai terbit. Matahari terbit dari timur. Andi berolahraga di halaman rumahnya. Saat itu Matahari tampak berwarna merah. Udara masih terasa sejuk. Panas Matahari belum terasa.






Gambar 2 Bayang-bayang panjang di pagi hari

Andi mengamati bayangan tubuhnya.
Andi mempunyai bayang-bayang.
Mengapa ada bayang-bayang?
Bayang-bayang disebabkan oleh cahaya matahari.
Cahaya matahari mengenai tubuh Andi.
Tubuh Andi membentuk bayang-bayang
Matahari berada di sebelah timur.
Bayang-bayang Andi berada di barat.
Bayang-bayang yang terbentuk panjang
Matahari bergerak perlahan.
Matahari terus bergerak dari timur menuju barat.
Matahari sudah tidak berwarna merah lagi.







Gambar 3 Bayangan makin pendek.

Pada pukul 9 pagi cahaya matahari mulai luas menyinari bumi. Panas matahari mulai terasa hangat. Andi menuju panas matahari. Bayangan yang dibentuk makin memendek.
Matahari di Siang Hari

Hari makin siang.
Matahari naik makin tinggi.
Saat itu pukul 12 siang.
Matahari berada tepat di atas kepala.
Cahaya matahari sangat terang.
Cahaya matahari menyilaukan mata.
Panas matahari menyengat kulit.

Gambar 4
Bayangan sangat pendek di siang hari.

Andi ingin melihat bayangannya lagi.
Andi keluar Ia berdiri terkena cahaya matahari.
Pada waktu siang hari bayangan tubuh Andi sangat pendek.
Matahari di Sore Hari

Hari makin sore Matahari mulai bergerak turun.
Saat itu pukul 3 sore. Kedudukan Matahari makin ke barat.
Cahaya matahari terlihat mulai meredup. Panasnya terasa tidak menyengat lagi.




Gambar 5 bayang-bayang panjang di sore hari.
Andi bermain layang-layang dengan temannya.
Mereka bermain di lapangan.
Ternyata bayangan Andi makin memanjang.
Bayangan berada di sebelah timur.

Bayangan akan menghilang
Seiring tenggelamnya matahari.
Hari sudah senja. Andi harus pergi ke toko buku.
Andi pergi bersama ayahnya
Senja adalah batas sore dan malam.
Saat itu cahaya matahari tidak panas.
Warna Matahari menjadi jingga.






Gambar 6 matahari terbenam saat senja
Pernahkah kalian melihat Matahari tenggelam?
Matahari tenggelam di sebelah barat.
Matahari tenggelam kira-kira pukul 6 sore.
Saat itu Bumi mulai gelap.
Hari menjadi malam.
Udara malam menjadi dingin.





   Gambar 7 Suasana Malam
Kegunaan Panas dan Cahaya Matahari
1.    Panas Matahari


 
Matahari menerangi bumi.
Matahari memanaskan bumi.
Udara di bumi terasa hangat.
Tanpa matahari, tidak akan ada kehidupan di bumi.


 
Panas matahari dapat mengerikan benda.
Panas matahari benda-benda yang dijemur.

Petani garam membutuhkan panas matahari untuk menguapkan air laut di tambak garam. Setelah air menguap, tersisa butiran-butiran garam di dasar tambak.

2.    Cahaya Matahari
Cahaya matahari menerangi bumi. Cahaya matahari berguna bagi tumbuhan, siang hari tumbuhan membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari. Jika tumbuhan tidak mendapat cahaya matahari, tumbuhan akan layu dan mati.

3.    Pengaruh Panas dan Cahaya Matahari
Panas matahari yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Sinar matahari yang sangat terik dapat membuat kulit terasa terbakar.

Pakaian melindungi tubuh dari panas matahari. Selain itu, kita juga dapat menggunakan topi atau paying supaya terlindung dari panas matahari.

Terlalu lama melihat cahaya matahari secara langsung dapat merusak mata. Gunakan kacamata atau jangan menatap matahari secara langsung.








 







































Ayo Berlatih !
Nama: ……………………..
Kelas: ………………………
A.PILIHLAH JAWABAN YANG TEPAT !
1.     Matahari terbit kira-kira pukul . . .
a.     6 pagi                   b. 6 sore      c. 12 siang
2.     Matahari terbenam disebelah . . .
a.     Timur                   b. Selatan    c. Barat
3.     Matahari memancarkan panas dan . . .
a.     Udara                   b. Cahaya   c. Air
4.     Pada pagi hari bayangan ada di . . .
a.     Tengah        b. Barat      c. Timur
5.     Pada siang hari panas matahari . . .
a.     Menyejukkan  b. Menyengat kulit     c. Menyegarkan
6.     Matahari terbenam menandakan . . . telah tiba.
a.     Siang                    b. Sore        c. Malam
7.     Tumbuhan membutuhkan . . . matahari untuk hidup.
a.     Bayangan   b. Cahaya   c. Pergerakan
8.     Hal yang Tidak boleh dilakukan pada siang hari adalah . . .
a.     Berlindung dibawah pohon
b.     Memakai paying
c.      Menatap matahari secara langsung
9.     Sinar matahari memancar . . .
a.     Ke alam semesta b. Hanya ke bumi  c. Hanya ke bulan
10.            Pada pagi hari udara terasa . . .
a.     Panas                   b. Sejuk      c. Gerah



Lampiran:
Kunci jawaban
1.     A (6 Pagi)
2.     C (Barat)
3.     B (Cahaya)
4.     B (Barat)
5.     B (Menyengat Kulit)
6.     C (Malam)
7.     B (Cahaya)
8.     C (Menatap Matahari Secara Langsung)
9.     A (Kealam Semesta)
10.                         B (Sejuk)

No comments:

Post a Comment