RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan :
SDN 1 TUKMUDAL
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semsester :
II (Dua) / II (Dua)
Alokasi Waktu :
2x35menit
A. Standar Kompetensi
4. Memahami peristiwa alam dan pengaruh
matahari dalam kehidupan
sehari-hari.
B. Kompetensi Dasar
4.1 Mengidentifikasi
kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
C. Indikator
4.1.1 Siswa dapat membedakan
panas yang dipancarkan matahari pada
waktu pagi, siang dan sore hari.
4.1.2 Siswa dapat menceritakan
adanya hubungan antara kedudukan
mathari dengan baying-bayang yang dihasilkan.
D. Tujuan Pembelajaran
1.
Melalui kegiatan ceramah siswa dapat mengetahui pengaruh
matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan dibumi degan baik.
2.
Melaui kegiatan diskusi siswa dapat menjelaskan
kenampakan matahari padi pagi, siang dan sore hari tepat.
3.
Melalui kegiatan pengamatan siswa dapat menceritakan perbedaan
bayang-bayang pada pagi, siang dan sore hari dengan benar.
4.
melalui kegiatan Tanya jawab siswa dapat mengetahui dan
menyebutkan kegunaan panas dan cahaya matahari dengan baik.
5.
Melalui kegiatan pengamatan siswa dapat menceritakan cara
menghindari pengaruh panas matahari yang merugikan tubuh dengan baik.
Karakter yang
diharapkan: disiplin, Tanggungjawab, dan interaktif percaya diri.
E. Materi Ajar
1. Kenampakan Matahari (Terlampir)
F. Pendekatan dan Metode
Pendekatan : Kontekstual
Metode : Ceramah, Tanya Jawab, Pengamatan
dan Diskusi.
G. Sumber/Media Pembelajaran
1. Sumber Pembelajaran
a.
Buku paket ESPS (Irene. (2015). Ilmu Pengetahuan Alam untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Erlangga.
Halaman 101-107).
b.
Buku BSE (Isnawati YS dan Widiyatmi AR. (2010). Ilmu Pengetahuan Alam Mengenal Lingkungan
Sekitar Kita untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional. Halaman 99-106).
2. Media Pembelajaran
a.
Infokus
b.
Video tentang kenampakan matahari.
H. Langkah-langkah
Kegiatan
|
Deskripsi kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Awal
|
Guru memberikan salam dan mengajak siswa
untuk berdoa.
|
10 menit
|
Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar
dan mengabsen kehadiran siswa.
|
||
Guru bertanya tentang pelajaran kemarin
yang dipelajari dan memberikan apersepsi terhadap materi yang hari ini akan
dipelajari.
|
||
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
tentang pengaruh sinar matahari terhadap kondisi alam dan kehidupan dibumi.
|
||
Inti
|
Eksplorasi
Guru menjelaskan kenampakan matahari
|
55 menit
|
Guru menjelaskan materi yang akan
dipelajari hari ini yaitu kenampakan matahari di pagi, siang dan sore hari.
|
||
Guru menjelaskan materi tentang panas dan
cahaya matahari serta pengaruh matahari bagi kesehatan
|
||
|
||
|
Elaborasi
Guru mengajak siswa untuk membuat
keterampilan jam matahari.
|
|
Guru menjelaskan bagaimana proses pembuatan
keterampilan matahari.
|
||
Setelah dijelaskan kemudian guru membagi
siswa kedalam beberapa kelompok.
|
||
Setalah kelompok terbagi secara heterogon
kemudian guru memberikan lebar kerja siswa tentang lembar pengamatan jam
matahari.
|
||
Siswa mempresentasikan hasil pengamatan
tentang jam matahari.
|
||
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
Tiap kelompok melaporkan hasil
diskusinya dengan bimbingan guru.
|
||
Guru bertanya jawab tentang
hal-hal yang belum diketahui siswa.
|
||
Guru bersama siswa bertanya
jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
|
||
Penutup
|
Bersama siswa, guru membuat kesimpulan
mengenai materi yang telah dipelajari hari ini.
|
5
menit
|
Sebelum menutup pelajaran guru mengadakan
evaluasi
|
||
Guru menutup pelajaran dengan mengajak
siswa untuk berdoa.
|
I. Penilaian
Jenis Tes : Lisan dan Tertulis
Bentuk Tes :
Pilihan Ganda
Instrumen : Soal,
Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian
1. Penilaian
Proses
Format Observasi Penilaian Proses
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai Akhir
|
Keterangan
|
|||||||||||||||
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Interaktif
|
Percaya Diri
|
|||||||||||||||||
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|||||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
a.
Disiplin
·
Berinteraksi dengan semua anggota kelompok.
·
Mengikuti prosedur langkah-langkah
permainan sesuai dengan petunjuk pada buku
·
Tidak membebankan tugas
kepada salah satu anggota kelompok.
·
Tidak menyalahkan salah satu anggota apabila terjadi
kesalahan.
b.
Tanggung Jawab
·
Melaksanakan tugas kelompok dengan baik.
·
Membantu anggota kelompok untuk dapat menyelesaikan
tugas.
·
Terlibat dalam menyelesaikan tugas yang diberikan.
·
Melaksanakan apa yang pernah dikatakan tanpa
disuruh/diminta.
c.
Percaya Diri
·
Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
·
Tidak canggung dalam bertindak.
·
Berani presentasi di depan kelas.
·
Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
d.
Presentasi Hasil
Pengamatan
·
Mempresentasikan hasil pengamatan sesuai dengan data yang
didapatkan.
·
Mempresentasikan hasil pengamatan dengan menggunakan
bahasa yang baik dan suara yang jelas.
·
Menguasai materi dan dapat menjawab pertanyaan yang
berhubungan dengan materi presentasi.
·
Presentasi menarik dan penuh percaya diri.
Penilaian
·
Nilai 4 diberikan kepada siswa yang melakukan semua
indikator.
·
Nilai 3 diberikan kepada siswa yang melakukan 3
indikator.
·
Nilai 2 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 2
indikator.
·
Nilai 1 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 1
indikator.
Kriteria Penilaian
·
1– 4 = Sangat
Kurang (SK)
·
5 - 8 =
Kurang (K)
·
9 – 12 = Baik (B)
·
13- 16 = Amat Baik
(AB)
Pedoman Penilaian : Skor
Maksimal = 16
|
|
|
|

Bahan ajar
Pengaruh Matahari
Bagi Kehidupan

Apabila tidak ada Matahari, Bumi gelap.
Matahari sangat bermanfaat bagi kehidupan.
Apa saja manfaatnya?
Marilah kita belajar bersama.

Kalian pergi ke sekolah saat siang hari.

Apa perbedaan siang dan malam?
|
Siang muncul Matahari.
Udarapun bertambah segar.
Matahari merupakan salah satu benda langit.
Matahari memancarkan panas dan cahaya.
Malam tidak ada Matahari.


Kedudukan matahari selalu tetap. Akan tetapi, jika
dilihat dari bumi, kedudukan matahari tampak berubah dari waktu kewaktu.
Matahari terlihat pada pagi, siang dan sore hari. Pada malam hari, matahari
hanya terlihat di belahan bumi yang lain.
Kenampakan Matahari berbeda.
Pagi hari Matahari di sebelah timur.
Siang hari Matahari di atas kepala.
Sore hari Matahari di sebelah barat.


Hari ini hari
Minggu. Andi bangun pukul 05.00 pagi. Perlahan Matahari mulai terbit. Matahari
terbit dari timur. Andi berolahraga di halaman rumahnya. Saat itu Matahari tampak
berwarna merah. Udara masih terasa sejuk. Panas Matahari belum terasa.

Gambar 2 Bayang-bayang panjang di pagi hari
Andi mengamati
bayangan tubuhnya.
Andi mempunyai
bayang-bayang.
Mengapa
ada bayang-bayang?
Bayang-bayang
disebabkan oleh cahaya matahari.
Cahaya matahari
mengenai tubuh Andi.
Tubuh
Andi membentuk bayang-bayang
Matahari berada di
sebelah timur.
Bayang-bayang Andi
berada di barat.
Bayang-bayang
yang terbentuk panjang
Matahari bergerak perlahan.
Matahari terus bergerak dari timur menuju
barat.

Gambar
3 Bayangan makin pendek.
Pada pukul 9 pagi cahaya matahari mulai luas
menyinari bumi. Panas matahari mulai terasa hangat. Andi menuju panas matahari.
Bayangan yang dibentuk makin memendek.


Hari
makin siang.

Saat
itu pukul 12 siang.
Matahari
berada tepat di atas kepala.
Cahaya
matahari sangat terang.
Cahaya
matahari menyilaukan mata.
Panas
matahari menyengat kulit.
Gambar 4
Bayangan
sangat pendek di siang hari.
Andi ingin melihat bayangannya lagi.
Andi keluar Ia berdiri terkena cahaya
matahari.
Pada waktu siang hari bayangan tubuh Andi
sangat pendek.


Hari makin sore Matahari mulai bergerak
turun.
Saat itu pukul 3 sore. Kedudukan Matahari makin
ke barat.

Gambar 5 bayang-bayang panjang di sore hari.
Andi bermain layang-layang dengan temannya.
Mereka bermain di lapangan.
Ternyata bayangan Andi makin memanjang.
Bayangan berada di sebelah timur.
Bayangan akan menghilang
Seiring tenggelamnya matahari.
Hari sudah senja. Andi harus pergi ke toko
buku.
Andi pergi bersama
ayahnya
Senja adalah batas sore dan malam.
Saat itu cahaya matahari tidak panas.
Warna Matahari menjadi jingga.

Gambar
6 matahari terbenam saat senja
Pernahkah kalian melihat Matahari tenggelam?
Matahari tenggelam di sebelah barat.
Matahari tenggelam kira-kira pukul 6 sore.

Hari menjadi malam.
Udara malam menjadi dingin.
Gambar 7 Suasana Malam



1.
Panas
Matahari
![]() |
Matahari
menerangi bumi.

Udara
di bumi terasa hangat.
Tanpa
matahari, tidak akan ada kehidupan di bumi.
![]() |
Panas
matahari dapat mengerikan benda.
Panas
matahari benda-benda yang dijemur.
Petani garam membutuhkan panas matahari untuk menguapkan air laut di
tambak garam. Setelah air menguap, tersisa butiran-butiran garam di dasar
tambak.
2. Cahaya Matahari
Cahaya matahari
menerangi bumi. Cahaya matahari berguna bagi tumbuhan, siang hari tumbuhan
membuat makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari. Jika tumbuhan tidak
mendapat cahaya matahari, tumbuhan akan layu dan mati.
3. Pengaruh Panas dan Cahaya Matahari
Panas matahari yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan. Sinar matahari
yang sangat terik dapat membuat kulit terasa terbakar.
Pakaian melindungi tubuh dari panas matahari. Selain itu, kita juga
dapat menggunakan topi atau paying supaya terlindung dari panas matahari.
Terlalu lama melihat cahaya matahari secara langsung dapat merusak mata.
Gunakan kacamata atau jangan menatap matahari secara langsung.



Nama:
……………………..
Kelas:
………………………
A.PILIHLAH JAWABAN YANG TEPAT !
1.
Matahari terbit kira-kira pukul . . .
a.
6 pagi b.
6 sore c. 12 siang
2.
Matahari terbenam disebelah . . .
a.
Timur b.
Selatan c. Barat
3.
Matahari memancarkan panas dan . . .
a.
Udara b.
Cahaya c. Air
4.
Pada pagi hari bayangan ada di . . .
a.
Tengah b. Barat
c. Timur
5.
Pada siang hari panas matahari . . .
a.
Menyejukkan b. Menyengat
kulit c. Menyegarkan
6.
Matahari terbenam menandakan . . . telah tiba.
a.
Siang b.
Sore c. Malam
7.
Tumbuhan membutuhkan . . . matahari untuk hidup.
a.
Bayangan b. Cahaya c. Pergerakan
8.
Hal yang Tidak boleh
dilakukan pada siang hari adalah . . .
a.
Berlindung dibawah pohon
b.
Memakai paying
c.
Menatap matahari secara langsung
9.
Sinar matahari memancar . . .
a.
Ke alam semesta b. Hanya
ke bumi c. Hanya ke bulan
10.
Pada pagi hari udara terasa . . .
a.
Panas b.
Sejuk c. Gerah
Lampiran:
Kunci jawaban
1.
A (6 Pagi)
2.
C (Barat)
3.
B (Cahaya)
4.
B (Barat)
5.
B (Menyengat Kulit)
6.
C (Malam)
7.
B (Cahaya)
8.
C (Menatap Matahari Secara Langsung)
9.
A (Kealam Semesta)
10.
B (Sejuk)
No comments:
Post a Comment