RPP KELAS 1 TEMA PENGALAMANKU SUBTEMA PENGALAM DISEKOLAH PEMBELAJAAN KE EMPAT




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan      : SDN 1 TUKMUDAL
Kelas/Semsester          : I (Satu) / II (Dua)
Tema                           : Pengalamanku
Subtema                      : Pengalaman di sekolah
Pembelajaran ke          : VI (Enam)
Alokasi Waktu            : 2x35menit


A.    KOMPTENSI INTI (KI)
1.      Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah, dan tempat bermain.
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)
BAHASA INDONESIA
3.1     Mengenal teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat di isi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.


4.1   Mengamati dan menirukan teks deskriptif tentang anggota tubuh dan pancaindra, wujud dan sifat benda, serta peristiwa siang dan malam secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.
         Indikator:
1.      Membaca kosakata dari teks deskriptif tentang pengalaman ke kebun binatang.
2.      Menebalkan kosakata nama-nama bintang dengan huruf sambung.
PJOK
3.1        Mengetahui konsep gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan arah ruang gerak, hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.1        Mempraktikan pola gerak dasar lokomotor sesuai dengan dimensi anggota tubuh yang digunakan arah ruang gerak  hubungan dan usaha dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
Indikator:
1.      Mengamati contoh gerakan binatang berjalan yang didemonstrasikan oleh guru.
2.      Melakukan gerakan binatang berjalan (gajah, kera dan kepiting).

MATEMATIKA
4.9        Mengumpulkan dan mengelola data pokok kategorial dan menyajikannya dalam grafik kongkrit dan piktograf tanpa menggunakan urutan label pada sumbu horizontal.
4.10    Membaca dan mendeskripsikan data pokok yang ditampilkan pada grafik kongkrit dan piktograf.
Indikator:
1.      Melangkapi piktograf.
2.      Membaca data yang terdapat pada piktograf.



C.    Tujuan Pembelajaran
1.      Dengan berdiskusi siswa dapat menebalkan kata dengan akurat.
2.      Dengan menebalkan siswa dapat membaca kata dengan tepat
3.      Dengan mengamati siswa dapat melengkapi piktograf dengan benar.
4.      Dengan mengamati gambar siswa dapat membaca data yang ada pada piktograf dengan teliti.
5.      Dengan mengamati contoh gerakan binatang siswa mengidentifikasi gerakan binatang dengan benar.
6.      Dengan menirukan gerakan guru siswa dapat menirukan gerakan binatang berjalan dengan percaya diri.
D.    Materi Ajar
1.      Karya wisata ke kebun binatang. (Terlampir)
E.     Sumber dan Media Pembelajaran
1.      Sumber:
a.       Buku guru. (2014). Pengalamanku Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman 85-88.
b.      buku siswa. (2014). Pengalamanku Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Halaman 88-92
c.       lingkungan dan teman sekelas.
2.      Media:
a.       Gambar-gambar binatang.

F.     Metode Pembelajaran
Pendekatan: Scientific
Metode: Ceramah, Pengamatan, Demonstrasi, diskusi

G.    Langkah-langkah Pembelajaran
KEGIATAN
DESKRIPSI KEGIATAN
ALOKASI WAKTU
Pendahuluan
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa
10 Menit
Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar kemudian mengabsen kehadiran siswa
Guru bertanya tentang pelajaran kemarin yang telah dipelajari sekaligus memberikan apersepsi kepada siswa
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan ruang lingkup materi yang akan dipelajari.
Inti
Guru meminta siswa untuk membuka buku siswa halaman 88 .
45menit
Guru meminta siswa untuk membacakan teks yang ada pada buku siswa. Satu siswa satu kalimat.
Guru meminta siswa untuk mendiskusikan kata-kata yang belum dipahami artinya.
Siswa menebalkan kata dengan huruf dengan tegak bersambung yang ada didalam buku siswa.
Guru menunjuk siswa untuk membacakan satu kata yang ditebalkan kemudian di ikuti oleh siswa lainnya.
Siswa diminta mengamati gambar yang ada di kebun binatang.
Siswa melengkapi piktograf dengan menggambarkan persegi panjang untuk menunjukan satu binatang.
Siswa menjawab pertanyaan yang ada pada buku siswa berdasarkan piktograf yang ada.
Selanjutnya guru menjelaskan bahwa gerakan-gerakan binatang dapat kita tirukan.
Guru meminta siswa untuk mengamati gerakan-gerakan binatang yang akan diperagakan oleh guru.
Guru mengajak siswa untuk keluar kelas menuju lapangan.
Siswa dibagi kedalam beberapa kelompok.
Siswa diminta mendengar penjelasan guru jarak yang harus ditempuh dalam lomba.

Setiap kelompok berlomba berjalan dengan menirukan gerakan-gerakan binatang.
a.       Gerakan gajah berjalan dari garis start
sampai dengan garis finish.
-          Berjalan dengan badan membungkuk dan kedua telapak tangan di letakkan di atas tanah
b.      Gerakan katak berjalan dari garis finish
sampai dengan garis start.
c.       Gerakan kepiting berjalan dari garis start sampai dengan garis finish.
-          Berjalan dengan ke samping kiri atau kanan.


Pemenang dari setiap kelompok akan berlomba kembali untuk menirukan gerakan-gerakan binatang berjalan (gajah, kera, dan kepiting).


Setelah perlombaan selesai, siswa kembali ke kelas.
Penutup
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan kepada siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa rasakan?

Guru mengapresiasi sikap kerja keras siswa yang ditunjukan dalam kegiatan berdiskusi, pengamatan dan menceritakan.
Guru membuat evaluasi pembelajaran.
Guru menutup pelajaran dengan sama sama berdo’a

H.    Penilaian Hasil Pembelajaran
a.       Jenis Tes    : Lisan dan Tertulis
b.      Bentuk Tes            : Piihan Ganda
c.       Instrument : Soal, Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian
1.      Penilaian Sikap
Format Observasi Penilaian Sikap

No
Nama
Aspek yang dinilai
Jumlah skor
Ket.
Percaya diri
Santun
Bekerja sama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
Udin














2
Lani














3
Siti














4
















Keterangan :
a.        Percaya Diri
·           Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu-ragu.
·           Tidak canggung dalam bertindak.
·           Berani presentasi di depan kelas.
·           Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan.
b.        Santun
·           Mempresentasikan hasil pengamatan sesuai dengan data yang didapatkan dengan menggunakan yang baik dan mudah dimengerti.
·           Mempresentasikan hasil pengamatan dengan menggunakan suara yang jelas.
·           Menguasai materi dan dapat menjawab pertanyaan yang berhubungan dengan materi presentasi.
·           Meminta ijin dalam setiap melakukan kegiatan seperti bertanya, dan menjawab.
c.       Bekerja sama
·           Berinteraksi dengan semua anggota kelompok.
·           Mengikuti prosedur langkah-langkah permainan sesuai dengan petunjuk pada buku
·           Tidak membebankan tugas kepada salah satu anggota kelompok.
·           Tidak menyalahkan salah satu anggota apabila terjadi kesalahan.
Penilaian
·           Nilai 4 diberikan kepada siswa yang melakukan semua indikator.
·           Nilai 3 diberikan kepada siswa yang melakukan 3 indikator.
·           Nilai 2 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 2 indikator.
·           Nilai 1 diberikan kepada siswa yang hanya melakukan 1 indikator.



Kriteria Penilaian
·         1– 4  = Sangat Kurang (SK)
·          5 -  8  = Kurang (K)
·          9 – 12 = Baik (B)
·         13- 16  = Amat Baik (AB)
Pedoman Penilaian          :                              Skor Maksimal       =          16
Nilai Akhir =  x 100

 


Keterangan Skor
·           BT     :    Belum Terlihat
·           MT    :    Mulai Terlihat
·           MB   :    Mulai Berkembang
·           SM    :    Sudah Membudaya
2.      Penilaian Pengetahuan
-             Tes tertulis (di buku siswa)
3.      Penilaian Keterampilan
a.       Unjuk kerja
No
Kriteria
Terlihat
Belum terlihat
1
Siswa dapat menirukan gerakan gajah berjalan.


2
Siswa dapat menirukan gerakan katak berjalan.


3
Siswa dapat menirukan gerakan kepiting
berjalan


4
Siswa menirukan gerakan gajah berjalan
sampai garis akhir


5
Siswa menirukan gerakan katak berjalan
sampai garis akhir


6
Siswa menirukan gerakan kepiting
berjalan sampai garis akhir



b.       Unjuk kerja kegiatan membaca
No
kriteria
Baik sekali
baik
cukup
Perlu bimbingan
1
Kemampuan membaca
Siswa dapat membaca dengan benar secara mandiri
Siswa dapat membaca dengan benar namun edikit perlu bantuan
Siswa dapat membaca jika dengan dengan bantuan guru atau teman
Siswa belum bisa atau belum mau membaca
2
Pelafalan
Pelafalan kata jelas dan keras
Pelafalan kata jelas dan pelan atau sebaliknya
Pelafalan kata tidak jelas dan pelan
Belum mampu melafalkan kata

Mahasiswa PPL



Wahyu Rosidin
NIM 130641073
Guru Kelas IC
SDN 1 Tukmudal



Titin Sumartini,S.Pd.SD
NIP.196202223 198204 2 004

Cirebon, 27 Januari 2017





Mengetahui;
Kepala Sekolah
SDN 1 Tukmudal



Abdul Fatah, S.Pd
NIP. 19670305 199203 1 009
 






Lampiran bahan ajar









































































Lampiran
EVALUASI PEMBELAJARAN
Nama  : ……………………….
Kelas   : ……………………….
A.   Pilihlah jawaban yang paling tepat
1.     Binatang apakah yang memiliki leher sangat panjang . . .
a.     Katak                     c. Kepiting
b.    Jerapah                  d. Harimau
2.     Gambar apakah yang ada di samping . . .
a.     Kelinci                    c. Kuda
b.    Jerapah                  d. Gajah
3.     Hewan apakah kalau berjalan selalu ke kiri dan kekanan. . .
a.     Kepiting                 c. Jerapah
b.    Kuda                      d. Kelinci
4.     Gambar hewan manakah yang bisa terbang . . .
a.                                     c.

b.                                     d.


5.     Hewan apakah yang berjalannya dengan cara melompat
 

a.                                     c.

b.                                     d.




Lampiran kunci jawaban
1.     B (Jerapah)
2.     D (Gajah)
3.     A (Kepiting)
4.     C (Kupu-kupu)
5.     B (Katak)










No comments:

Post a Comment