Apa Penting Seorang Guru Melakukan Penelitian Tindakan Kelas?



Apa Penting Seorang Guru  Melakukan Penelitian Tindakan Kelas?
created by ismaniyah 150641057 FKIP UMC
Iya sangat penting, karena agar guru dapat menemukan solusi dan mengatasi dari  masalah yang ada di dalam kelasnya. Dengan di adakannya penelitian tindakan kelas kita seorang guru akan tahu satu satu kemampuan anak didik kita, karena setiap siswa memiliki kemampuan belajar yang berbeda: ada yang perlu bimbingan terus menerus dan ada yang perlu di bimbing hanya sekali saja. Agar guru menjadi kreatif karena selalu dituntut untuk melakukan upaya-upaya inivasi sebagai implementasi dan adaptasi berbagai teori dan teknik pembelajaran serta bahan ajar yang dipakainya dan memperbaiki kondisi pembelajaran yang dilakukan setiap harinya. PTK dilakukan untk memperbaiki kualitas proses dan hasil pembelajaran, hasil belajar yang kurang memuaskan merupakan indikasi proses pembelajaran yang mengalami masalah faktanya tidak seorang pun guru yang tidak mengalami kendala dan masalah dalam mengajar.
GURU sebagai seorang pendidik menjadi salah satu kunci penting dari meningkatnya mutu pendidikan. Baik tidaknya hasil yang diperoleh akan tergantung juga pada kemampuan guru mengajar dan mengatur kelas. Dalam pembelajaran di kelas guru sering menemukan permasalahan-permasalahan yang dapat menghambat proses belajar mengajar. Permasalahan tersebut dapat berasal dari siswa, guru, bahkan lingkungan sekolah. Seperti kurangnya motivasi siswa dalam belajar, kurangnya kemampuan siswa dalam hal bertanya atau berdiskusi, kelas yang pasif, penyelesaian tugas yang tidak tepat waktu dan lain-lain. Hal ini sering mengakibatkan tidak tercapainya indikator keberhasilan yang diharapkan. Kendala-kendala tersebut harus dipandang sebagai akibat dari adanya masalah dalam interaksi antara guru dan siswa. Untuk itu seharusnya guru melaksanakan refleksi terhadap semua tindakan yang telah dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil refleksi tersebut guru selanjutnya melakukan identifikasi masalah-masalah yang terjadi lalu memfokuskan pada masalah-masalah aktual yang perlu dicari pemecahannya.
Guru juga merenungkan kilas balik proses pembelajaran yang telah dijalankan. Dicatat bahwa, siswa kurang bersemangat belajar. Mengapa kurang semangat?
Strategi dan metode yang kurang tepat? Tidak menggunakan media dan alat peraga? Guru merencanakan tindakan alternatif untuk memecahkan masalah yang dinilai paling krusial. Karena guru adalah sebagian dari pemotivasi anak didiknya.


Manfaat dilakukannya Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru yaitu: Guru terbiasa melaksanakan penelitian secara mandiri untuk memecahkan persoalan 
pembelajaran yang dijalankannya. Pada gilirannya nanti guru akan menjadi pemecah masalah pembelajaran yang handal sehingga layak bergelar guru profesional. Dapat memperbaiki kualitas proses maupun hasil pembelajaran. Lazimnya, proses yang berkualitas akan mengantarkan guru pada hasil yang berkualitas pula. PTK sangat penting untuk meningkatkan apresiasi, dan profesionalisme guru dalam mengajar. Apalagi dengan adanya program sertifikasi dari pemerintah. Setiap hari guru menghadapi banyak masalah, seakan-akan masalah itu tidak ada putus-putusnya. Oleh karena itu guru yang tidak dapat menemukan masalah untuk PTK sungguh ironis.
Dalam PTK, semua masalah harus berada dalam kendali guru dan bukan orang lain. Guru harus dapat mengendalikan semua masalah yang ada di kelasnya. Jika Anda sebagai guru yakin bahwa ketiadaan buku yang menyebabkan siswa sukar membaca kembali materi pelajaran dan mengerjakan PR di rumah, Anda tidak perlu melakukan PTK untuk meningkatkan kebiasaan belajar siswa di rumah. Dengan dibelikan buku masalah itu akan terpecahkan, dan itu di luar kemampuan Anda. Dengan perkataan lain, yakinkan bahwa masalah yang akan Anda pecahkan cukup layak (feasible), berada di dalam wilayah pembelajaran, yang Anda kuasai.
Oleh karena itu, tindakan perbaikan yang harus dilakukan guru adalah meningkatkan keterampilan bertanya. Tindakan perbaikan ini kita cantumkan dalam rencana pembelajaran yang kita gunakan dalam mengajar. Satu hal yang sangat perlu kita perhatikan adalah bahwa PTK dilakukan dalam pembelajaran biasa, tidak ada kelas khusus untuk melakukan PTK, karena pada hakikatnya PTK dilakukan oleh guru sendiri di kelasnya sendiri. Karena itu, di dalam PTK, guru perlu juga berkolaborasi dengan guru lainnya. Tidak ada yang lebih menakutkan daripada kesendirian. Dalam PTK guru perlu bertukar fikiran dengan guru mitra lainnya dari mata pelajaran sejenis atau guru lain yang lebih senior dalam menentukan dan menyelesaikan masalah pembelajaran.

Semoga bermanfaat bagi yang membacanya.

No comments:

Post a Comment