Apa Penting Seorang Guru Melakukan Penelitian Tindakan Kelas?
created by ismaniyah 150641057 FKIP UMC
Iya
sangat penting, karena agar guru dapat menemukan solusi dan mengatasi dari masalah yang ada di dalam kelasnya. Dengan di
adakannya penelitian tindakan kelas kita seorang guru akan tahu satu satu
kemampuan anak didik kita, karena setiap siswa memiliki kemampuan belajar yang
berbeda: ada yang perlu bimbingan terus menerus dan ada yang perlu di bimbing
hanya sekali saja. Agar guru menjadi kreatif karena selalu dituntut untuk
melakukan upaya-upaya inivasi sebagai implementasi dan adaptasi berbagai teori
dan teknik pembelajaran serta bahan ajar yang dipakainya dan memperbaiki
kondisi pembelajaran yang dilakukan setiap harinya. PTK dilakukan untk
memperbaiki kualitas proses dan hasil pembelajaran, hasil belajar yang kurang
memuaskan merupakan indikasi proses pembelajaran yang mengalami masalah
faktanya tidak seorang pun guru yang tidak mengalami kendala dan masalah dalam
mengajar.
GURU
sebagai seorang pendidik menjadi salah satu kunci penting dari meningkatnya
mutu pendidikan. Baik tidaknya hasil yang diperoleh akan tergantung juga pada
kemampuan guru mengajar dan mengatur kelas. Dalam pembelajaran di kelas guru
sering menemukan
permasalahan-permasalahan yang dapat menghambat proses belajar mengajar.
Permasalahan tersebut dapat berasal dari siswa, guru, bahkan lingkungan
sekolah. Seperti kurangnya motivasi siswa dalam belajar, kurangnya kemampuan
siswa dalam hal bertanya atau berdiskusi, kelas yang pasif, penyelesaian tugas
yang tidak tepat waktu dan lain-lain. Hal ini sering mengakibatkan tidak
tercapainya indikator keberhasilan yang diharapkan. Kendala-kendala tersebut
harus dipandang sebagai akibat dari adanya masalah dalam interaksi antara guru
dan siswa. Untuk itu seharusnya guru melaksanakan refleksi terhadap semua
tindakan yang telah dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil
refleksi tersebut guru selanjutnya melakukan identifikasi masalah-masalah yang
terjadi lalu memfokuskan pada masalah-masalah aktual yang perlu dicari
pemecahannya.
Guru juga merenungkan kilas balik
proses pembelajaran yang telah dijalankan. Dicatat bahwa, siswa
kurang bersemangat belajar. Mengapa kurang semangat?
Strategi dan metode yang kurang tepat? Tidak
menggunakan media dan alat peraga? Guru merencanakan tindakan alternatif untuk
memecahkan masalah yang dinilai paling krusial. Karena guru adalah sebagian
dari pemotivasi anak didiknya.
Manfaat
dilakukannya Penelitian Tindakan Kelas bagi Guru yaitu: Guru
terbiasa melaksanakan penelitian secara mandiri untuk memecahkan persoalan
pembelajaran yang dijalankannya. Pada
gilirannya nanti guru akan menjadi pemecah masalah pembelajaran yang handal
sehingga layak bergelar guru profesional. Dapat memperbaiki kualitas proses
maupun hasil pembelajaran. Lazimnya, proses yang berkualitas akan mengantarkan
guru pada hasil yang berkualitas pula. PTK sangat penting untuk
meningkatkan apresiasi, dan profesionalisme guru dalam mengajar. Apalagi dengan
adanya program sertifikasi dari pemerintah. Setiap hari
guru menghadapi banyak masalah, seakan-akan masalah itu tidak ada
putus-putusnya. Oleh karena itu guru yang tidak dapat menemukan masalah untuk
PTK sungguh ironis.
Dalam PTK, semua masalah harus
berada dalam kendali guru dan bukan orang lain. Guru harus dapat mengendalikan
semua masalah yang ada di kelasnya. Jika Anda sebagai guru yakin bahwa
ketiadaan buku yang menyebabkan siswa sukar membaca kembali materi pelajaran
dan mengerjakan PR di rumah, Anda tidak perlu melakukan PTK untuk meningkatkan
kebiasaan belajar siswa di rumah. Dengan dibelikan buku masalah itu akan
terpecahkan, dan itu di luar kemampuan Anda. Dengan perkataan lain, yakinkan
bahwa masalah yang akan Anda pecahkan cukup layak (feasible), berada di
dalam wilayah pembelajaran, yang Anda kuasai.
Oleh karena itu, tindakan perbaikan
yang harus dilakukan guru adalah meningkatkan keterampilan bertanya. Tindakan
perbaikan ini kita cantumkan dalam rencana pembelajaran yang kita gunakan dalam
mengajar. Satu hal yang sangat perlu kita perhatikan adalah bahwa PTK dilakukan
dalam pembelajaran biasa, tidak ada kelas khusus untuk melakukan PTK, karena
pada hakikatnya PTK dilakukan oleh guru sendiri di kelasnya sendiri. Karena
itu, di dalam PTK, guru perlu juga berkolaborasi dengan guru lainnya. Tidak ada
yang lebih menakutkan daripada kesendirian. Dalam PTK guru perlu bertukar
fikiran dengan guru mitra lainnya dari mata pelajaran sejenis atau guru lain
yang lebih senior dalam menentukan dan menyelesaikan masalah pembelajaran.
Semoga bermanfaat bagi yang membacanya.
No comments:
Post a Comment