contoh intrument penilaian



F O6
GURU PAMONG dan DPL
NILAI UJIAN AKHIR
PROSES PEMBELAJARAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON

Petunjuk Penskoran
Berilah skor pada butir – butir pelaksanakan pembelajaran dengan cara melingkari angka pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut :
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = kurang baik
4 = baik
5 = sangat tidak baik

                                                                                                            NAMA :
                                                                                                            NIM      :
                                                                                                            KELAS :        

No
INDIKATOR / ASPEK YANG DIAMATI
Skor
I.
PRA PEMBELAJARAN





1.
Mempersiapkan siswa untuk belajar
1
2
3
4
5
2.
Melakukan kegiatan apersepsi
1
2
3
4
5







II.
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN





A.
Penguasaan Materi Pembelajaran





3.
Menunjukkan penguasaan materi pembelajaran
1
2
3
4
5
4.
Mengaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan
1
2
3
4
5
5.
Menyampaikan materi dengan jelas, sesuai dengan hirarki belajar dan karakteristik siswa
1
2
3
4
5
6.
Mengaitkan materi dengan realitas kehidupan
1
2
3
4
5







B.
Pendekatan / Strategi Pembelajaran





7.
Melakasanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan karakteristik siswa
1
2
3
4
5
8.
Melaksanakan pembelajaran secara runtut
1
2
3
4
5
9.
Menguasai kelas
1
2
3
4
5
10.
Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
1
2
3
4
5
11.
Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
1
2
3
4
5
12.
Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
1
2
3
4
5







C.
Pemanfaatan Sumber Belajar / Media Pembelajaran





13.
Menggunakan media secara efektif dan efisien
1
2
3
4
5
14.
Menghasilkan pesan yang menarik
1
2
3
4
5
15.
Melibatkan siswa dalam pemanfaatan media
1
2
3
4
5














D.
Pembelajaran Yang Memicu dan Memelihara Keterlibatan Siswa





16.
Menumbuhkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
1
2
3
4
5
17.
Menumbuhkan sikap terbuka terhadap respon siswa
1
2
3
4
5
18.
Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar
1
2
3
4
5
E.
Penilaian Proses dan Hasil Belajar





19.
Memantau kemajuan belajar selama proses
1
2
3
4
5
20.
Melakukan penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
1
2
3
4
5







F.
Penggunaan Bahasa





16.
Menggunakan bahasa lisan atau tulisan secara jelas, baik, dan benar
1
2
3
4
5
17.
Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
1
2
3
4
5







III.
PENUTUP





23.
Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
1
2
3
4
5
24.
Melakukan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan atau tugas sebagai bagian remidi / pengayaan
1
2
3
4
5
Skor Total (Jumlah skor 1 sd 24)





                                                                                                 ….+....+….+….+….=…. : 24 = …..    

Penguji I                                                                                Penguji II


    ( …………………….)                                                        ( …………………….)










F O5
GURU PAMONG dan DPL
NILAI UJIAN AKHIR
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON
Petunjuk Penskoran
Berilah skor pada butir – butir perencanaan pembelajaran dengan cara member angka pada kolom (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut :
1 = sangat tidak baik
2 = tidak baik
3 = kurang baik
4 = baik
5 = sangat tidak baik
NAMA :
                                                                                                            NIM      :
                                                                                                            KELAS :        

No
Butir Penilaian
Skor
1
Kejelasan perumusan tujuan pembelajaran (tidak menimbulkan penafsiran ganda dan perilaku hasil belajar)
1
2
3
4
5
2
Pemilihan materi ajar (sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik)
1
2
3
4
5
3
Pengorganisasian materi ajar (keruntutan, sistematika materi, dan kesesuaian dengan alokasi waktu)
1
2
3
4
5
4
Pemilihan sumber/ media pembelajaran (sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik peserta didik)
1
2
3
4
5
5
Kejelasan scenario pembelajaran (langkah – langkah kegiatan, pembelajaran: awal, inti, dan penutupan)
1
2
3
4
5
6
Kerincian scenario pembelajaran (setiap langkah tercermin strategi/ metode dan alokasi waktu pada setiap tahap)
1
2
3
4
5
7
Kesesuaian teknik dengan tujuan pembelajaran
1
2
3
4
5
8
Kelengkapan instrument (soal, kunci, pedoman penskoran)
1
2
3
4
5
Skor Total (Jumlah Skor No 1 S.d 8)





                                                                                          ….+....+….+….+….=…. : 8 = ….          

Penguji I                                                                                Penguji II


    ( …………………….)                                                        ( …………………….)

REKAPITULASI NILAI UJIAN AKHIR
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN

NO
NIM
NAMA
NILAI PENGUJI
JUMLAH
RATA – RATA
1
2
1






2






3






4






5






6






7






8






9






10






11






12






13






14







                                                                                                            Cirebon, ……………… 2016
Penguji I                                                                                             Penguji II




…………………..                                                                              …………………….


No comments:

Post a Comment