|
F O6
GURU PAMONG dan DPL
|
PROSES
PEMBELAJARAN
PRAKTIK
PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH CIREBON
Petunjuk Penskoran
Berilah
skor pada butir – butir pelaksanakan pembelajaran dengan cara melingkari angka
pada kolom skor (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut :
1
= sangat tidak baik
2
= tidak baik
3
= kurang baik
4
= baik
5
= sangat tidak baik
NAMA
:
NIM :
KELAS
:
|
No
|
INDIKATOR /
ASPEK YANG DIAMATI
|
Skor
|
||||
|
I.
|
PRA PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
|
|
1.
|
Mempersiapkan
siswa untuk belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
2.
|
Melakukan
kegiatan apersepsi
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II.
|
KEGIATAN INTI PEMBELAJARAN
|
|
|
|
|
|
|
A.
|
Penguasaan Materi Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Menunjukkan
penguasaan materi pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
4.
|
Mengaitkan
materi dengan pengetahuan lain yang relevan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
5.
|
Menyampaikan
materi dengan jelas, sesuai dengan hirarki belajar dan karakteristik siswa
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
6.
|
Mengaitkan
materi dengan realitas kehidupan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B.
|
Pendekatan / Strategi Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Melakasanakan
pembelajaran sesuai dengan kompetensi (tujuan) yang akan dicapai dan
karakteristik siswa
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
8.
|
Melaksanakan
pembelajaran secara runtut
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
9.
|
Menguasai
kelas
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
10.
|
Melaksanakan
pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
11.
|
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
12.
|
Melaksanakan
pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
C.
|
Pemanfaatan Sumber Belajar / Media
Pembelajaran
|
|
|
|
|
|
|
13.
|
Menggunakan
media secara efektif dan efisien
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
14.
|
Menghasilkan
pesan yang menarik
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
15.
|
Melibatkan
siswa dalam pemanfaatan media
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D.
|
Pembelajaran Yang Memicu dan
Memelihara Keterlibatan Siswa
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
Menumbuhkan
partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
17.
|
Menumbuhkan
sikap terbuka terhadap respon siswa
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
18.
|
Menumbuhkan
keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
E.
|
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
|
|
|
|
|
|
|
19.
|
Memantau
kemajuan belajar selama proses
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
20.
|
Melakukan
penilaian akhir sesuai dengan kompetensi (tujuan)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
F.
|
Penggunaan Bahasa
|
|
|
|
|
|
|
16.
|
Menggunakan
bahasa lisan atau tulisan secara jelas, baik, dan benar
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
17.
|
Menyampaikan
pesan dengan gaya yang sesuai
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III.
|
PENUTUP
|
|
|
|
|
|
|
23.
|
Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
24.
|
Melakukan
tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan atau tugas sebagai
bagian remidi / pengayaan
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Skor Total (Jumlah skor 1 sd 24)
|
|
|
|
|
|
|
|
….+....+….+….+….=…. : 24 = …..
|
||||||
Penguji
I Penguji II
( …………………….) ( …………………….)
|
F O5
GURU PAMONG dan DPL
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
PRAKTIK
PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH CIREBON
Petunjuk Penskoran
Berilah
skor pada butir – butir perencanaan pembelajaran dengan cara member angka pada
kolom (1, 2, 3, 4, 5) sesuai dengan kriteria sebagai berikut :
1
= sangat tidak baik
2
= tidak baik
3
= kurang baik
4
= baik
5
= sangat tidak baik
NAMA :
NIM :
KELAS
:
|
No
|
Butir Penilaian
|
Skor
|
||||
|
1
|
Kejelasan
perumusan tujuan pembelajaran (tidak menimbulkan penafsiran ganda dan
perilaku hasil belajar)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
2
|
Pemilihan
materi ajar (sesuai dengan tujuan dan karakteristik peserta didik)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
3
|
Pengorganisasian
materi ajar (keruntutan, sistematika materi, dan kesesuaian dengan alokasi
waktu)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
4
|
Pemilihan
sumber/ media pembelajaran (sesuai dengan tujuan, materi, dan karakteristik
peserta didik)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
5
|
Kejelasan
scenario pembelajaran (langkah – langkah kegiatan, pembelajaran: awal, inti,
dan penutupan)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
6
|
Kerincian
scenario pembelajaran (setiap langkah tercermin strategi/ metode dan alokasi
waktu pada setiap tahap)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
7
|
Kesesuaian
teknik dengan tujuan pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
8
|
Kelengkapan
instrument (soal, kunci, pedoman penskoran)
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
|
Skor Total (Jumlah
Skor No 1 S.d 8)
|
|
|
|
|
|
|
|
….+....+….+….+….=…. : 8 = ….
|
||||||
Penguji
I Penguji II
( …………………….) ( …………………….)
REKAPITULASI NILAI UJIAN AKHIR
PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
|
NO
|
NIM
|
NAMA
|
NILAI
PENGUJI
|
JUMLAH
|
RATA –
RATA
|
|
|
1
|
2
|
|||||
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
9
|
|
|
|
|
|
|
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
|
|
|
|
12
|
|
|
|
|
|
|
|
13
|
|
|
|
|
|
|
|
14
|
|
|
|
|
|
|
Cirebon,
……………… 2016
Penguji
I Penguji
II
………………….. …………………….




No comments:
Post a Comment