Rencana pelaksanaan pembelajaran




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
2013
Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas
mata kuliah Filsafat Pendidikan

Dosen Pengampu : Aliet Noorhayati, S.Fil, M.Phil
index.jpg
Disusun Oleh:
Wahyu Rosidin
130641073
Kelas SD13.A-2
Semester 2

FAKULTAS KEGURUAN ILMU PENDIDIKAN
S1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON
2014




















Text Box: DIRI SENDIRI


 








































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK


Nama Sekolah             : SDN 2 GESIK
Tema                           : Diri Sendiri
Kelas / Semester          : III / I
Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit
Tanggal                       : ……………..

A.    Standar Kompetensi
1.      IPS
1.1  Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2.      IPA
2.1  Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
3.      PKn
3.1  Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4.      Matematika
4.1  Mengetahui berat dan panjang tubuh
B.     Kompetensi Dasar
1.      IPS
1.1  Mengidentifikasi identitas diri , keluarga, dan kerabat.
2.      IPA
2.1  Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
3.      PKn
3.1  Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
4.      Matematika
4.1  Mengetahui tinggi dan berat badan diri sendiri

C.    Indikator
1.      IPS
1.1  Menyebutkan nama lengkap dan panggilan beserta usia.
1.2  Menyebutkan nama ayah dan ibu, serta anggota keluarga yang tinggal di rumah.
2.      IPA
2.1  Menunjukkan bagian-bagian tubuh ( mata, hidung, telinga, gigi, dll).
2.2  Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
2.3  Membiasakan merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.
3.      PKn
3.1  Menjelaskan ciri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki.
3.2  Menyebutkan jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan anak perempuan.
4.      Matematika
4.1  menyebutkan tinggi dan berat badan diri sendiri
D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran berlangsung di harapkan :
1.      Siswa dapat menyebutkan nama lengkap dan panggilan beserta usia dengan benar.
2.      Siswa dapat menyebutkan anggota keluarga yang ada di rumahnya dengan benar.
3.      Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian anggota tubuh dengan benar.
4.      Siswa dapat menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati dengan benar.
5.      Siswa dapat menjelaskan dan membiasakan merawat tubuhnya dengan baik.
6.      Siswa dapat menjelaskan cirri-ciri fisik dari laki-laki dan perempuan dengan benar.
7.      Siswa dapat menyebutkan kegiatan dan permainan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan dengan benar.
8.      Siswa dapat mengetahui dan mnyebutkan tinggi dan berat badan dengan baik dan benar





E.     Metode, Model dan Media Pembelajaran
1.      Metode :
-          Metode Ceramah
-          Metode tanya jawab
-          Metode demonstrasi
-          Metode diskusi
2.      Model Pembelajaran
-          Model pengajaran langsung
3.      Media Pembelajaran
-          Media Visual
-          Media audio
F.     Materi Ajar
1.      Identitas diri, keluarga dan kekerabatan.
2.      Bagian-bagian anggota tubuh, kegunaan dan cara perawatan.
3.      Hidup rukun dalam perbedaan
4.      Tinggi dan badan diri sendiri
G.    Langkah-langkah Pembelajaran
NO
Kegiatan Awal (10 menit)
Muatan Karakter
1.
Salam dan Do’a pembuka bersama guru dan murid.
Religius
2.
Memperingatkan cara duduk yang baik ketika menulis, membaca.
Disiplin
3.
Tanya jawab sebagai apresiasi
Kritis









NO
Kegiatan Inti (50 menit)
Muatan Karakter
Eksplorasi
1.
Siswa dapat Mengamati model / gambar anggota tubuh.
Rasa ingin tahu
2.
Menunjukkan gambar dan menyebutkan  nama-nama anggota tubuh.

Berani
3.
Menjelaskan cara perawatan anggota tubuh yang diamati.
Berani
4.
Mendengarkan penjelasan guru tentang identitas diri, keluarga, dan kerabat.
Konsentrasi
5.
Siswa dapat memperkenalkan diri di depan kelas identitas diri dengan kalimat yang santun secara bergilir.
Berani
6.
Menjelaskan perlunya saling  menghargai perbedaan dari tiap individu untuk menciptakan kerukunan bukan perselisihan.

Saling Menghargai
Elaborasi
1.
Melakukan diskusi sederhana tentang perbedaan fisik antara laki-laki dan perempuan.
Kerja sama
2.
Menyebutkan perbedaan tugas antara laki-laki dan perempuan.
Saling menghargai
3.
Menyebutkan keuntungan kita mempunyai identitas diri.
Percaya Diri
4.
Mendiskusikan secara sederhana manfaat merawat anggota tubuh.
Hidup sehat
5.
Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
Kritis
6.
Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut.
Kritis
7.
Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar.

Rajin
Konfirmasi
1.
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.

Rasa ingin tahu
2.

Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

Pemahaman







NO
Kegiatan Akhir (10 menit)
Muatan Karakter
1.
Guru memberikan evaluasi pada siswa tentang materi yang baru saja disajikan.
Konsentrasi
2.
Guru melaksanakan penilaian dengan memberikan soal- soal tes yang harus dikerjakan oleh siswa.

Tanggung Jawab
3.
Doa dan Salam penutup guru
Religius

H.    Alat dan Sumber Belajar
1.      Alat
1.1 PKn                 : Lingkungan Sekitar (Sekolah)
1.2 Matematika     : Penggaris dan Alat penimbang berat badan
1.3 IPS                  : Lingkungan Sekitar (Sekolah)
1.4  IPA                 : Patung tubuh manusia
2.      Sumber belajar:
2.1  LKS
2.2  Buku paket
2.2.1        Buku Pengetahuan sosial SD kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
2.2.2        Buku Sains SD Kelas 1, Penerbit Buku ajar siswa yang relevan
I.       Penilaian
1.      Prosedur
a.       Penilaian Proses          : Dilaksanakan ketika siswa melakukan diskusi
b.      Penilaian Akhir           : Dilaksanakan pada akhir pembelajaran
2.      Jenis Tes                            : Tes lisan, tertulis, pengamatan
3.      Bentuk Tes                        : Isian

           






            Mengetahui                                                                             Cirebon, 28 Februari 2014
            Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas III



            ………………………………                                                ………………………………
NIP :                                                                                       NIP :









Lampiran 1
BAHAN AJAR

1.      IPA
a.       Menunjukkan bagian-bagian tubuh ( mata, hidung, telinga, gigi, dll)
b.      Menceritakan kegunaan bagian-bagian tubuh yang diamati.
c.       Membiasakan merawat tubuh agar tumbuh sehat dan kuat.
2.      IPS
a.       Menyebutkan nama  lengkap dan panggilan beserta usia.
b.      Menyebutkan nama ayah dan ibu, serta anggota keluarga yang tinggal di rumah.
3.      PKn
a.       Menjelaskan ciri-ciri fisik perbedaan antara perempuan dan laki-laki.
b.      Menyebutkan jenis permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan anak perempuan.
4.      Matematika
a.       Mengidentifikasi tinggi dan berat badan diri sendiri














Lampiran 2

Lembar Kerja Siswa

Tulislah nama-nama bagian tubuh anda di bawah ini
1.      ..............................................................................................................
2.      ..............................................................................................................
3.      ..............................................................................................................
4.      ..............................................................................................................
5.      ..............................................................................................................

Berilah tanda X  pada gambar yang merupakan bagian anggota tubuh anda
1.      hidung.jpg                2. KAKI KUUCING.jpg 
mattta.jpg        kaki gajah.jpg
tangan.jpg               




Lampiran 3

ALAT PERAGA

1.      IPS
index.jpg
2.      IPA
3.      PKn
perbedaan.jpg
4.      Matematika
hqdefault.jpg
Lampiran 4

Lembar Soal

Berilah tanda ( X ) menurut pilihan anda jawaban yang paling benar !!!


1.      Bila kita makan kita menggunakan ……..
a.       Tangan                                          b. Hidung                                c. Telinga
2.      Gambar dibawah ini adalah gambar ………
hidung.jpg
a.       Hidung                                          b. Kaki                                    c. Mulut
3.      Terhadap orang tua kita harus ……..
a.       Membenci                                     b. Marah                                  c. Patuh
4.      Kalau ada teman sakit walaupun dia berbeda agama, apa yang harus kita lakukan …..
a.       Biarkan saja                                   b. Menjenguknya                    c. Kasih Selamat
5.      Kalau kita sedang sakit berat badan kita akan ……
a.       Bertambah                                     b. Tetap                                   c. Menurun















Lampiran 6

Kunci Jawaban, Skor Nilai dan Lembar Pengamatan

Kunci Jawaban
1.      A
2.      A
3.      C
4.      B
5.      C

Skor Nilai
Siswa yang menjawab benar setiap item diberi skor nilai 2
Jumlah skor seluruhnya 10
Nilai akhir =     n         x 100
                        10

Lembar Pengamatan

Nama               : ………………………….
Kelas               : ………………………….
NO
Aspek
Kriteria
Ya
Tidak
1
Kerja Sama
Terlihat dan muncul


2
Keaktifan Siswa
Terlihat dan muncul


3
Kerapihan
Terlihat dan muncul


4
Kesesuaian dengan jawaban
Sesuai dengan kunci jawaban



No comments:

Post a Comment