RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SDN 3 Gesik
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas / Semester : III / 2
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
A.
Kompetensi Dasar
1. Memahami lingkungan dan
melaksanakan kerjasama di sekitar rumah dan sekolah
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
1. Memelihara lingkungan alam dan
buatan di sekitar rumah
Indikator:
a)
Siswa dapat memberi contoh memelihara lingkungan
b)
Siswa dapat mempraktekkan cara memelihara lingkungan rumah
C.
Tujuan Pembelajaran
1. Setelah mendengarkan penjelasan guru tentang pengertian lingkungan
siswa dapat mengaplikasikan / dapat memelihara lingkungan rumah dengan baik
serta cermat
2. Setelah melakukan kegiatan diskusi siswa dapat menjelaskan tentang
merawat dan memelihara lingkungan didepan kelas dengan percaya diri.
3. Setelah melakukan kegiatan tanya jawab tentang lingkungan, siswa dapat
memberikan contoh tentang memelihara lingkungan dengan baik.
Karakter yang diharapkan : Kerjasama, Tanggung jawab, Disiplin, percaya diri.
D.
Materi Pembelajaran
1.
Memelihara lingkungan
E.
Pendekatan dan Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan :Konstruktivisme
2.
Metode : - Pengamatan
-
Diskusi
-
Tanya jawab
-
Pemberian tugas
F.
Media & Sumber Pembelajaran
1.
Media dan Alat Pembelajaran
a.
Gambar / video peristiwa alam
b.
Invocus
2.
Sumber Pembelajaran
a.
Buku IPS kelas 3 yang relevan
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
Pendahuluan
|
1.
Guru menyapa siswa dilanjutkan
dengan berdo’a dan meminta ketua kelas untuk memimpin do’a
2.
Guru mengabsen kehadiran siswa
3.
Guru memberikan motivasi kepada
siswa dengan cara menyanyikan lagu tentang ” lingkungan”
Ayo (xxx)
teman-teman (xxx) kita rawat lingkungan kita (xx)
Jangan (xxx) buang
sampah sembarangan (xx)
Karna (xxx) itu
bisa (xxx) mendatangkan kebanjiran (xx)
Dari itu (xxx) kita
rawat lingkungan kita (xx)
Agar (xxx) kita
semua (xxx) sehat dan jauh dari penyakit (xx)
keterangan * (x =
tepuk)
4.
Guru melakukan apersepsi sebagai
awal komunikasi guru sebelum melaksanakan pembelajaran dengan menanyakan ada
yang tau tidak lingkungan itu apa?
5.
Dan ada yang tau tidak bagaimana
cara merawat / memelihara lingkungan yang baik?
|
10
menit
|
|
Inti
|
Eksplorasi
1.
Mengajak siswa untuk mengamati gambar-gambar tentang banjir
2.
Setelah pengamatan dilanjutkan tanya jawab dengan memberikan
pertanyaan sebagai berikut:
a. Mengapa banjir seperti pada
gambar tadi bisa terjadi?
b. Apa yang
akan kamu lakukan untuk mencegah agar bencana banjir tidak terjadi?
c. Pernakah di daerahmu terjadi
banjir?
d. Bila pernah apa penyebabnya?
e. Apa akibatnya bagimu?
3.
Setelah mengamati gambar dan
tanya jawab siswa di bagi menjadi dua kelompok untuk melakukan praktek
kesadaran lingkungan.
4.
Mengajak siswa untuk mempersiapkan alat-alat kebersihan
a.
Kelompok satu : mengumpulkan sampah yang ada di lingkungan sekolah,
memisahkan antara sampah kering dan sampah basah kemudian menguburkan sampah
basah tersebut
b.
Kelompok dua : Menanam pohon di sekolah
Membebaskan
siswa untuk memilih tanaman yang akan ditanam dan memotivasi siswa agar
selalu merawat tanaman tersebut
Elaborasi
1.
memfasilitasi peserta didik
melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan
baru baik secara lisan maupun tertulis
2.
memberi kesempatan untuk
berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut
3.
memfasilitasi peserta didik
membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara
individual maupun kelompok
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
1.
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
2.
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
|
55 menit
|
|
Penutup
|
1.
Bersama siswa, guru membuat
kesimpulan mengenai materi yang telah dipelajari hari ini.
2.
Sebelum menutup pelajaran guru
memberikan nasihat agar dipelajari lagi di rumah materi yang sudah dipelajari
3.
Guru menutup pelajaran dengan
mengajak siswa untuk berdoa
|
5
menit
|
H.
Penilaian
Prosedur Tes : Tes Proses dan Tes
akhir
Jenis Tes : Lisan dan Tertulis
Alat tes : Soal-soal
Bentuk Tes : Pilihan ganda dan
Essay
Cirebon, Mei 2015
Mengetahui
Kepala
Sekolah Guru
Kelas III
...........................
Wahyu
Rosidin
NIP
................... NIM
130641073
Lampiran 1
A.
Penilaian Proses
Format Penilaian Proses
|
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Dinilai
|
Keterangan
|
|||||||
|
Kerjasama
|
Mengemukakan Pendapat
|
|||||||||
|
|
|
4
|
3
|
2
|
1
|
4
|
3
|
2
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
a.
Kerjasama:
1)
Nilai 4 diberikan kepada siswa
yang berinteraksi dengan semua anggota kelompoknya
2)
Nilai 3 diberikan kepada siswa
yang hanya berinteraksi dengan sebagian anggota kelompoknya
3)
Nilai 2 diberikan kepada siswa
yang hanya berinteraksi dengan anggota kelompok yang duduk di sebelahnya
4)
Nilai 1 diberikan kepada siswa
yang tidak memperlihatkan kerjasama dengan teman kelompoknya
b.
Mengemukakan Pendapat:
1)
Nilai 4 diberikan kepada siswa
yang sering mengemukakan pendapat dan sesuai dengan permasalahan
2)
Nilai 3 diberikan kepada siswa
yang mengemukakan pendapat dan tidak sesuai dengan permasalahan
3)
Nilai 2 diberikan kepada siswa
yang jarang mengemukakan pendapat
4)
Nilai 1 diberikan kepada siswa
yang tidak pernah mengemukakan pendapat
Skor ideal
4 x 2 = 8
1-2 =
D
3-4 =
C
5-6 =
B
7-8
= A
B.
Penilaian Akhir
1. Pilihlah jawaban yang paling benar dengan memberikan tanda silang
(x) pada huruf A, B, C dan D!
A. Cara memelihara lingkungan sekitar adalah...
a.
Membuang bangkai tikus di tengah
jalan
b.
Membuang sampah di pinggir jalan
c.
Membuang air besar di WC
d.
Membuang air kecil di sungai
2.
Tebang pilih-tanam untuk
memelihara...
a.
Sungai c. Hutan
b.
Danau d. Sawah
3.
Contoh lingkungan alam adalah ....
a.
Waduk
b.
Sungai
c.
Pelabuhan
d.
Terminal
4.
Danau buatan manusia disebut ....
a.
sungai
b.
rawa
c.
teluk
d.
waduk
5.
Di pantai banyak pohon ....
a.
pinus
b.
kelapa
c.
jati
d.
cemara
2. Ayo, jawab pertanyaan berikut
dengan benar.
1. Sebutkan 3 lingkungan alam sekitar
rumahmu.
2. Sebutkan 3 lingkungan buatan di sekolahmu.
3. Apa manfaat bendungan?
4. Apa manfaat laut?
5. Apa manfaat jalan?
Lampiran 3
kunci jawaban
A.
Pilihan Ganda
1.
C
2.
C
3.
B
4.
D
5.
B
B.
Essay
Skor ideal
a.
Pilihan ganda
Setiap soal pilihan ganda memiliki point 10 dan setiap jawaban yang
benar akan di kalikan 10 menjadi 10 x 10 = 100
b.
Essay
Setiap soal
essay memiliki point 20 apabila jawaban benar, apabila jawaban kurang tepat di
kasih point 15, dan yang salah tapi sudah di isi akan mendapatkan point 10.
setiap jawaban yang benar akan dikalikan 5 menjadi 20 x 5 = 100,




No comments:
Post a Comment